Resep Bakso Jamur Kuping Yang Kenyal , Super Enak, Dan Menyehatkan – Aneka olahan jamur kini digemari oleh semua masyarakat karena enak dan menyehatkan.
Mulai dari jamurnya yang crispy, keripik jamur, sate jamur, sup jamur dan juga masih banyak lagi lainnya yang dapat kita olah dari jamur.
inilah salah satu dari peluang usaha menjanjikan bagi para pecinta usaha pedagang makanan untuk meraih keuntung yang menjanjikan dengan berbagai jenis makanan berbahan dasar jamur ini.
Selain rasanya yang  enak jamur ini sudah banyak diakui mengandung manfaat bagi kesehatan tubuh dan jamur kuping adalah salah satunya.

Karena itulah banyak yang memanfaatkan jamur kuping ini sebagai bahan campuran untuk masakan atau pun bahan utamanya. Dan salah satu dari inovasi kuliner yang menggunakan jamur kuping adalah bakso.

Pembuatan dari bakso ini cukuplah mudah, dan juga bagi anda yang berminat dan ingin mencobanya sendiri dirumah berikut berikan resep bakso jamur kuping.

Resep Bakso Jamur Kuping Yang Kenyal , Super Enak, Dan Menyehatkan

Resep Bakso Jamur Kuping Yang Kenyal Dan Super Enak

Bahan :

500 gr jamur kuping
1 butir putih telur
1 ons tepung sagu
Garam, secukupnya
Lada, secukupnya
Minyak barbeque, secukupnya

Bahan kuah :

4 buah bawang merah
3 siung bawang putih
2 batang daun bawang
Garam, secukupnya
Lada, secukupnya

Bahan tambahan :

Bawang goreng
Mi kuning
Daun sledri
Saus sambal
Kecap manis

Cara membuatnya :

Bakso

  • Haluskan/blender jamur kuping dan peras airnya (buang).
  • Tambahkan putih telur, aduk rata
  • Masukan tepung sagunya, garam, lada dan juga minyak barbeque, aduk merata.
  • Setelah semua adonannya menyatu, buat bentuk bulat-bulat kecil seperti membuat bakso umumnya. Kemudian sisihkan.

Kuah

  • Masak air dalam panci.
  • Haluskan bawang merah, bawang putih, dan daun bawang. Masukan dalam air rebusan. Tambahkan garam dan lada secukupnya. Biarkan mendidih.
  • Masukan bakso jamur yang sudah dibentuk. Didihkan.
  • Sajikan selagi panas bersama bahan tambahan.

Kandungan nutrisi dan manfaat jamur kuping

Kandungan nutrisi dan manfaat jamur kuping

1. Mencegah penyakit Alzheimer

DIkutip dari jurnal International Journal of Medicinal Mushrooms, bahwa jika mengonsumsi jamur kuping, jamur shitake,  jamur kancing, dan juga jamur enoki telah disangkutkan dengan kebebasan terhadap demensia, termasuk juga penyakit Alzheimer.

Nutrisi dari jamur ini dapat menghambat enzim beta site yang bertugas untuk melepaskan beta-amyloid peptida, senyawa yang bisa berdampak buruk bagi otak kita.

Penyakit Alzheimer adalah suatu kondisi penurunan dari fungsi otak yang biasanya terjadi pada orang yang lanjut usia (lansia).

Orang dengan kondisi ini akan menjadi sangat lemah dalam mengingat, berpikir, berbahasa, dan mengambil keputusan.

2. Berpotensi merawat sel-sel tubuh

Jamur kuping ini memiliki sedikit kalori dan juga lemak, tapi tinggi akan proteinnya. Satu gelas dari jamur kuping menyediakan sekitar 80 kalori dan lemak kurang dari 1 gram dan juga 2,6 gram protein. Kandungan protein ini bisa membantu tubuh kita untuk membangun sel-sel dalam tubuh yang telah rusak.

Selain itu, jenis jamur ini juga dapat mengandung natrium yaitu sebesar kurang lebih 10 mg per gelasnya. Natrium itu sendiri adalah sebuah mineral yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan dari cairan dalam tubuh kita.

3. Menjaga berat badan

Jamur termasuk dalam deretan makanan yang tinggi serat. Satu cangkir dari jamur kuping ini mengandung 19,6 gram serat makanan.

Setiap harinya seorang pria dewasa memperlukan 38 gram serat, sementara wanita yang dewasa membutuhkan sekitar 30 sampai 32 gram serat. Jadi, satu cangkir dari jamur ini bisa memenuhi setengah dari kebutuhan serat harian kita.

Serat yang terkandung pada makanan sangatlah baik untuk kesehatan pencernaan kita, yaitu dengan membantu gerakan usus sehingga dapat mencegah sembelit.

Selain dari itu, makanan yang tinggi seratnya bisa membuat anda kenyang lebih lama lagi sehingga sangat cocok bagi anda yang sedang diet.

4. Mencegah anemia

Satu mangkuk jamur memiliki 1,7 mg zat besi. Mineral ini sangatlah penting untuk menghasilkan sel darah merahnya di dalam tubuh.

Selain itu, zat besi ini juga menghasilkan protein seperti hemoglobin dan juga mioglobin yang bertugas untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke semua jaringan tubuh.

Kekurangan zat besi ini yang terjadi pada tubuh bisa menyebabkan penyakit anemia. Gejalanya adalah tubuh cepat lelah, lemah, dan juga pusing.

Wanita yang mengidak penyakit anemia kemungkinan besar akan mengalami kesulitan pada saat hamil karena sel darah dalam tubuhnya dibutuhkan lebih banyak lagi untuk pembentukan janin.

Itulah sebabnya kenapa zat besi termasuk kedalam nutrisi yang harus dipenuhi untuk persiapan pada saat hamil. Zat besi juga dapat diketahui bisa mengurangi risiko dari terjadinya PMS pada wanita saat mengalami datang bulan.

5. Meningkatkan daya tahan tubuh

Satu lagi manfaat dari jamur kuping yang sayang jika anda lewatkan, yaitu mendukung sistem kekebalan tubuh dan juga meningkatkan kemampuan dari tubuh anda untuk melawan stres.

Jamur kuping memiliki kandungan vitamin B2 yang disebut juga riboflavin. Vitamin ini mengubah dari karbohidrat menjadi glukosa sebagai suatu sumber energi nantinya. Selain itu juga, vitamin ini juga dapat menutrisikan rambut, kulit, mata, dan juga hati.

Resep bakso jamur ini juga bisa kamu jadikan sebagai salah satu peluang usaha dengan keuntungan yang lumayan besar. Kamu juga bisa menggunakan sebuah brankas untuk menyimpan hasil dari usaha yang kamu jalani.

Sekian informasi tentang : Resep Bakso Jamur Kuping Yang Kenyal Dan Super Enak. Jika anda menginginkan informasi lainya anda bisa mengunjunggi artikel tentang : 3 Macam Resep Bakso Vegetarian Yang Menyehatkan