Resep Bakso Ikan Tuna 1 Kg – Bakso ikan merupakan kreasi masakan bakso yang sudah populer kalangan masayarakat Indonesia. Cita rasa bakso ikan yang gurih dan enak serta memiliki tekstur yang kenyal tidak kalah bersaing dengan bakso lainnya. Dalam segi kesehatan bakso ikan lebih baik, kandungan nutrisi (omega -3) mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh sehingga bakso ikan sangatlah baik bila dikomsumsi setiap hari.

Dalam membuat bakso ikan perlu memilih ikan yang mudah diolah menjadi bakso. Salah satu jenis ikan yang mudah dan praktis diolah menjadi bakso yakni ikan Tuna. Daging  yang tebal serta duri yang mudah dipisahkan membuat ikan Tuna cocok diolah menjadi bakso ikan.

Bahan daging ikan Tuna yang dibutuhkan pun tidak terlalau banyak, cukup  dengan 1 kg daging ikan tuna bersih sudah bisa dibuat bakso ikan. Resep bakso ikan Tuna 1 kg  pun bisa dibilang mudah dan praktis, tidak beda jauh dengan bakso kebanyakan. Orang yang baru belajar pun dijamin tidak akan kesulitan membuatnya. Nah berikut simaklah resep bakso ikan Tuna 1 kg yang akan kami bagikan.

Baca : Rahasia Resep Bakso Ikan Tuna, Kenyal dan Pasti Sehat

Resep Bakso Ikan Tuna 1 Kg

Memenuhi kebutuhan nutrisi sangatlah penting, kita ingin keluargan kita menjadi keluarga yang sehat serta tidak mudah terserang berbagai penyakit. Bakso ikan Tuna ini menjadi alternatif bagi anda untuk memenuhi kebutuhan gizi serta nutrisi keluarga anda, terutama untuk tumbuh kembang sang buah hati.

resep bakso ikan tuna 1 kg

Bahan bahan :
  • 1 kg ikan Tuna yang masih segar
  • 250 tepung tapioka
  • 2 sdm tepung terigu
  • 10 siung bawang putih, haluskan
  • 1 sdt merica bubuk
  • Garam secukupnya
  • 2 butir telur
Cara Membuat :
  1. Bersihkan ikan Tuna, buang isi perutnya dan kepalanya
  2. Pisahkan duri dari daginngnya, bisa dengan cara difillet
  3. Setelah daging ikan bersih dari durinya, hilangkan bagian kulitnya
  4. Kemudian giling daging ikan sampai halus menggunakan mesin penggiling, Tapi kalau tidak ada mesin penggiling bisa dicincang dengan pisau hingga halus.
  5. Taruhlah daging ikan yang sudah halus ke dalam sebuah wadah
  6. Tambahkan bahan-bahan tepung terigu, tepung tapioka, bawang putih halus, garam, merica bubuk,, dan telur. Campur atau uleni adonan tersebut sampai semua bahan-bahan tercampur rata dan halus.
  7. Buatlah bulat bakso dengan cara ambil adonan secukupnya kemudian digenggam menggunakan tangan, lalu tekan sampai keluar bulatan adonan
  8. Masukkan bulatan bakso tadi kedalam air mendidih. Lakukan terus sampai adonan habis
  9. Tunggu sampai bulatan bakso mengapung, tanda bahwa bakso matang. Angkat bakso dan tiriskan
  10. Proses Membuat kuah bakso ikan : Rebuslah air sedikit saja dalam panci, masukkan bumbu seperti bawang putig halus, merica bubuk, dan garam secukupnya. Tambahkan kaldu ayam atau kaldu sapi, sesuai selera anda
  11. Siapkan bahan-baha pedukung seperti mie kuning, irisan daun bawang, sayuran, seledri, dan bawang goreng. Siapkan bakso dalam mangkok beserta bahan pelengkap tadi. Tuang kuah bakso dalam mangkok dan tambahkan beberapa krupuk pangsit.
  12. Bakso Kuah ikan Tuna siap dinikmati.

 

Tips Menyimpan Bakso Agar Tahan Lama

Sebenanya dalam menikmati bakso ikan tuna tidak harus dengan kuah bakso. Tanpa kuah pun biasa yakni dengan disiram saus sambal, bakso ikan juga nikmat jika digoreng dan dipadukan dengan saus sambal yang pedas. Anda juga biasa menyimpan pentol bakso ikan tuna yang sudah jadi dalam kulkas/freezer, dan bisa digunakan sewaktu-waktu anda ingin memasaknya.

Agar Bakso bisa bertahan lama ada tips dalam menyimpan bakso. Sebelum memasukkan ke dalam freezer Anda harus memperhatikan beberapa hal penting. Yaitu adalah terkait suhu bakso. Bakso yang dimasukkan dalam keadaan panas bisa merusak tekstur dan kualitasnya.

Itulah resep bakso ikan Tuna 1 kg, mudah dan praktis kan? Semoga resep dan tips menyimpan pentol bakso agar awet tahan lama ini, banyak bermanfaat bagi anda. Selamat mencoba.