Pada artikel ini akan dijelaskan tentang resep bakso ayam 1 kg. Cara membuat bakso ini sangat mudah karena hanya menggunakan bahan dan bumbu yang tidak terlalu banyak.

Dalam memilih daging sapi sebaiknya pilihlah bagian daging sapi yang tidak banyak mengandung lemak seperti paha belakang, paha depan, has luar atau pinggang.

Pilihlah daging yang masih berwarna merah fresh dan bersih. Jangan memilih daging sapi yang sudah berwarna kecokelatan, berlendir, atau tampak kotor dan tidak berbau amis. Sebaiknya konsumsi daging sapi asli, bukan daging olahan atau sudah dalam bentuk instan seperti daging asap, atau sosis.

Simpan daging sapi tersebut di dalam  kulkas bersuhu 1 derajat Celcius atau di freezer bersuhu -18 derajat Celcius. Jika disimpan di kulkas, daging sapi mentah sebaiknya hanya disimpan selama satu atau dua hari. Berikut ini adalah cara membuat bakso daging.

Sejarah Bakso

Resep Bakso Ayam 1 Kg

Disebuah desa kecil  bernama Fuzhou hiduplah seorang pria bernama Meng Bo. Dia adalah orang yang amat berbakti pada kedua orang tuanya. Meng Bo tinggal berdua hanya dengan Sang Ibu. Kondisi ibunya yang sudah mulai tua menyebabkan tidak dapat makan makanan yang keras lagi, termasuk daging. Karena giginya sudah mulai rapuh dang tanggal.

Meng Bo yang mengetahui jika ibunya gemar makan daging menjadi sedih melihat kondisi seperti ini. Dia pun bingung memikirkan berbagai cara bagaimana dapat mengolah daging agar bisa dimakan oleh ibunya. Suatu ketika Meng Bo melihat tetangganya menumbuk beras ketan untuk dijadikan kue mochi.

Dari sinilah muncul sebuah ide. Meng Bo mengambil daging yang ada di dapur dan menumbuk daging tersebut dengan cara sama seperti yang dilakukan tetangganya dalam membuat mochi. Setelah daging empuk, Meng Bo membentuknya menjadi bulatan-bulatan kecil sehingga ibunya dapat memakannya dengan mudah.

Setelah bulatan bulatan kecil terbentuk, kemudian ia merebus adonan itu hingga tercium aroma daging yang lezat.

Meng Bo menyajikan bakso itu kepada ibunya. Sang ibu merasa gembira karena tidak hanya mudah dimakan, tapi rasanya juga begitu lezat.

Meng Bo sangat gembira melihat ibunya dapat makan daging lagi. Kisah Meng Bo yang begitu berbakti pada ibunya serta resep baksonya cepat menyebar ke seluruh kota Fuzhou.Konon dari sinilah akhirnya penduduk berdatangan untuk belajar membuat bakso lezat pada Meng Bo.

Resep Bakso Ayam 1 Kg

Bahan Bahan

  • Bawang putih 4 siung, haluskan
  • Daging ayam 1 kg, tanpa tulang, giling
  • Tepung kanji 50 g
  • Telur 1 butir
  • Lada bubuk sdt
  • Garam 1 sdt
  • Bawang merah goreng 2 sdm
  • Es batu 40 g, hancurkan
  • Air 2 L

Cara Membuat Bakso Ayam Kenyal:

  1. Siapkan wadah dan masukkan daging yang telah digiling ke dalam wadah, campurkan tepung kanji, telur, lada bubuk, garam, bawang putih yang telah dihaluskan dan bawang merah goreng. Campurlah sampai semua tercampur sempurna.
  2. Jika adonan sulit dibentuk, maka bisa ditambahkan es batu sampai dirasa adonan bisa dibentuk.
  3. Masaklah air dalam panci sampai mendidih
  4. Ambil adonan daging dengan tangan lalu bentuk bulat baik dengan kedua tangan atau dengan satu tangan ditekan hingga adonan keluar melalui jari telunjuk dan jempol.
  5. Selanjutnya, masukkan adonan yang sudah dibentuk ke dalam air panas.
  6. Lanjutkan sampai semua adonan habis.
  7. Jika telah terlihat mengapung maka bakso telah matang.

Itulah ulasan tentang resep bakso ayam 1 kg. Anda dapat mencobanya dirumah dan dijadikan menu sarapan untuk keluarga anda.