Wow! Ini dia berbagai resep arum manis yang mudah dan lezat untuk Anda terapkan dengan ala rumahan bisa Anda terapkan dengan sangat praktis.  Makanan manis yang berbahan dasar gula ini sangat banyak diminati oleh banyak orang.

Termasuk anak-anak, karena kebanyakan anak menyukai makanan yang manis-manis seperti arum manis ini. Resep arum manis juga banyak, karena arum manis tersebut dibagi menjadi 4 macam, yaitu arum manis gua jawa yang bisanya tercampur dengan potongan kacang tanah. Arum manis gula jawa ini sudah ada sejak dulu.

Jenis  yang kedua adalah arum manis gula pasir, resep arum manis ini biasanya memiliki bentuk yang sangat unik. Bisa dibentuk seperti binatang, bunga, dan lain sebagainya

Arum manis rambut nenek, resep arum manis rambut nenek ini biasanya dicampurkan dengan tepung dan cara pengolahannya di tarik sedemikian rupa sampai terbentuk seperti benang sari atau mie.

Jenis arum manis  yang terakhir yaitu arum manis yang memiliki bentuk seperti kapas. Resep arum manis ini juga terbuat dari gula pasir, tetapi cara pengolahannya yang berbeda.

Arum manis permen kapas ini sangat popular pada zaman dahulu, sampai sekarang pun masih ada arum manis tersebut.

Jika Anda ingin membuat arum manis, disini kami akan memberikan resep arum manis yang mudah dan lezat dengan ala rumahan untuk Anda.

Baca juga : Cara Membuat Arum Manis Tanpa Mesin Dan Masih Jarang Diindonesia

Asal Mula Arum Manis

Panganan manis ini pertama kali mulai dikenal oleh masyarakat luar negeri sekitar tahun 1904 tepatnya di Kota St. Louis, Amerika Serikat. Karena arum manis ini memiliki warna yang sangat menarik (warna warni) dan juga rasanya yang manis karena resep arum manis bahan  utamanya adalah gula.

Oleh karena itu arum manis sudah tak asing lagi di kalangan masyarakat. Dengan rasanya yang manis dan bentuknya yang lembut seperti kapas membuatnya cukup banyak digemari oleh anak-anak sampai kalangan orang dewasa.

Uniknya, ketika Anda makan arum manis tersebut, maka akan meleleh dan terasa sensasi lengket dimulut karena memang resep arum manis dengan  bahan utamanya yang  berasal dari gula murni.

Resep arum manis yang bersifat higroskopis akan menjadi keras dan kasar ketika terkena udara secara langsung.

Resep Arum Manis Yang Mudah Dan Lezat

Alat Dan Bahan  Arum Manis Cotton Candy :

  • Mesin untuk resep arum manis.
  • Stick yang terbuat dari bambu atau kayu (untuk menggulung arum manis).
  • Gula pasir putih sebagai bahan utamanya sekitar 1 kilogram.
  • Asam citrum 1 sendok makan.
  • ¾ atau 100 ml air matang.
  • Pewarna makanan (sesuai dengan selera Anda).

Cara Membuat Arum Manis :

  1. Cara membuat arum manis yang pertama yaitu campurkan gula dengan pewarna makanan yang sudah Anda sediakan dan sudah sesuai dengan keinginan Anda, kemudian diaduk-aduk hingga merata.
  2. Selanjutnya panaskan mesin pembuat arum manis.
  3. Resep arum manis yang ketika yaitu, jika gula dan pewarna sudah tercampur dengan rata, lalu masukkan adonan ke dalam mesin yang sudah dipanaskan dan tunggu beberapa menit agar serabut gula keluar dari mesin arum manis tersebut.
  4. Gulung serabut arum manis dengan gerakan memutar dan mengikuti arah serabut gula dengan stick bambu atau potongan kayu, sesuaikan dengan ukuran yang Anda inginkan.
  5. Jika sudah terbentuk, bungkuslah dalam plastik agar tidak terpapar udara secara langsung yang membuatnya akan mengeras.
  6. Resep arum manis cotton candy sudah selesai dan siap untuk disajikan.

Resep Arum Manis Gula jawa

Bahan-Bahan Untuk Arum Manis Gula Jawa :

  • Gula jawa yang sudah dihaluskan 500 gram.
  • Air secukupnya sekitar 125 ml.
  • Kacang tanah yang sudah dipotong atau ditumbuk kasar (sesuai selera).
  • Potongan kayu kecil.

Cara Membuat Arum Manis Gula Jawa :

  1. Cara yang pertama yaitu masukkan gula merah dan air ke dalam sebuah wajan yang kemudian diaduk hingga gula dan air tercampur dengan rata.
  2. Nyalakan kompor dengan api sedang kemudian letakkan wajan diatas api.
  3. Resep arum manis selanjutnya yaitu aduk adonan hingga mendidih, selanjutnya masukkan kacang tanah yang sudah dipotong atau di tumbuk kasar tadi. Kemudian aduk hingga merata.
  4. Jika air dalam adonan resep arum manis tersebut sudah sedikit berkurang, angkatlah wajan, dan diamkan adonan sampai mulai mengental.
  5. Jika adonan tersebut sudah mengental, celupkan potongan kayu kecil kedalam adonan, ambil arum manisnya dipuatr-putar agar berbentuk agak bulan seperti lollipop.
  6. Arum manis siap dinikmati. Jika Anda hendak menyimpan dalam waktu yang cukup lama.
  7. Anda dapat membungkus arum manis yang sudah ditusuk dan dibentuk tersebut dengan plastik dan kemudian simpan dalam toples.
  8. Arum manis sudah selesai

Baca juga : Peluang Bisnis Arum Manis, Mendapatkan Keuntungan Seperti Rasanya!

Sekian resep arum manis yang kami sampaikan semoga bermanfaat.

Selamat mecoba!