Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan tentang resep akar kelapa Betawi. Penasaran bagaimana resepnya. Simak berikut ini.

1. Definisi

Kue akar kelapa adalah  kue kering yang asalnya adalah dari Betawi  dan sekitarnya. Kue ini biasanya disajikan bersama rengginang dan kacang goreng ketika ada acara-acara tertentu, seperti saat lebaran atau bisa juga saat hajatan.

Untuk lebih jelasnya lagi, kue ini merupakan makanan ringan atau cemilan yang bukan termasuk dalam makanan utama. Kue kebanyakan diartikan sebagai makanan ringan yang dibuat dari adonan tepung, baik dari tepung beras, tepung sagu, tepung tapioka, ataupun tepung terigu.

2. Asal Usul

Diambil dari bentuknya yang hampir mirip dengan akar kelapa yang sesungguhnya. Rasa yang gurih dan manis menjadikan daya tarik tambahan dari kue ini. Bagi daerah Betawi dan sekitarnya adalah suatu kewajiban bahwa ketika lebaran, kue akar kelapa ini harus selalu ada bersama dengan kacang goreng.

Bentuknya yang menyerupai akar kelapa pada aslinya menjadikan kue tersebut disebut dengan kue akar kelapa. Biasanya kue ini memang hanya ada di hari raya tersebut, namun tidak menutup kemungkinan untuk dinikmati pada hari selain hari raya tersebut.

Kue ini terbuat dari tepung beras putih, kelapa, tepung sagu dan bahan lainnya.Bagi daerah Betawi dan sekitarnya, kue ini merupakan suatu kewajiban pada saat lebaran.Kue tersebut harus ada bersama kacang goreng. Selain di sajikan saat hari raya,

kue ini juga disajikan pada acara-acara hajat lainnya. Kue ini biasanya dihidangkan bersama rengginang dan  kacang goreng ketika acara spesial, seperti ketika lebaran atau hajatan.

3. Makna

Arti dari kue akar kelapa ini seperti pohon kelapa yaitu tanaman tanpa musim, bisa berbuah kapan saja dan dapat tumbuh dimana saja serta mempunyai manfaat yang banyak. Tidak ada yang sia-sia pada pohon kelapa, semua bagian pohon kelapa berguna bagi umat manusia.

Terkandung  falsafah sebaik-baik manusia ialah yang berguna bagi sesama. Selain itu akar pohon kelapa cukup kuat mencengram lapisan tanah, sehingga tidak mudah goyah ditiup angin, menandakan jika kita hidup harus memiliki pegangan yan kokoh agar tidak mudah disesatkan orang lain.

Dilain sisi, bentuk akar kelapa yang tidak bagus atau jelek tersebut ternyata mempunyai makna tersirat seperti kue akar kelapa yang bentuknya tidak memikat namun mempunyai rasa gurih dan nikmat, ini mengibaratkan bahwa kita jangan menilai sesuatu dari bentuk yang terlihat buruk tetapi mempunyai kebaikan dibaliknya.

4. Perkembangan

Kini Akar Kelapa berkembang menjadi oleh-oleh khas Betawi sebagai buah tangan, yang memudahkan wisatawan mencari oleh-oleh khas Betawi, serta dapat mengangkat kreativitas dan pembangkit perekonomian warga lokal untuk menyajikan kuliner Betawi.

Resep Akar Kelapa Betawi

resep akar kelapa betawi

1. Resep Akar Kelapa Betawi

Bahan-bahan :

  • 500gr tepung ketan
  • 125gr gula pasir
  • 150ml santan
  • 2 butir telur
  • 100gr margarin
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt vanilli

Resep Akar Kelapa Betawi :

  1. Pertama, bisa kocok lepas telur lalu tambahkan gula pasir dan vanili ke dalam telur yang sudah dikocok.
  2. Siapkan wadah untuk memasukkan tepung kentang. Buat lubang di tengah adonan tepung ketan tujuannya agar adonan lebih merata. Ditengahnya masukkan kocokan telur, gula, dan vanilli. Setelah itu diaduk rata.
  3. Langkah selanjutnya yaitu tambahkan mentega dan santan sedikit demi sedikit sampai merata.
  4. Setelah adonan sudah menjadi satu, masukkan adonan ke dalam cetakan kue akar kelapa. Apabila  tidak memiliki cetakan kue akar kelapa bisa juga menggunakan piping bag yang sudah dipotong ujungnya dan diberi cetakan bintang.
  5. Lalu seprotkan adonan di atas minyak goreng yang telah dipanaskan sebelumnya, goreng dengan menggunakan api kecil saja sampai kue akar kelapa matang kecoklatan.
  6. Lakukan sampai semua adonan habis, angkat dan tiriskan.
  7. Kue akar kelapa sudah siap untuk disajikan

Demikian resep akar kelapa betawi ini semoga bermanfaat. Resep akar kelapa ini merupakan makanan khas dari Betawi yang kini telah dikenal di Nusantara