Bisnis di bidang kuliner dapat dibilang bisnis yang tidak ada matinya karena setiap orang pasti butuh makan dan disitulah terdapat peluang untuk membuka bisnis usaha rumahan. Bisnis tidak hanya mencangkup skala usaha rumahan.

Berikut adalah Rekomendasi usaha rumahan yang harus kalian ketahui !

  1. Catering Rumahan

  1. Bisnis catering memiliki potensi yang menjanjikan, dimana usaha 2019 ini bisa di rintis mulai dari skala rumahan, dengan menerima pesanan di lingkungan sekitar, seperti ibu-ibu PKK atau tempat kantor salah satu anggota keluarga bekerja dan lain sebagainya, hal ini sebagai bentuk promosi secara langsung kepada masyarakat sekitar.Alasan usaha catering tidak pernah sepi karena kebutuhan akan makanan selalu ada, terlebih bagi para ibu atau wanita karir yang memiliki kesibukan bekerja di luar rumah, mereka akan memesan catering sehingga tidak perlu repot memasak.Tersedianya aneka macam makanan dan cita rasa menjadi nilai utama membuat catering mampu berkembang dan maju dengan keuntungan yang besar.
    1. Air Minum Isi Ulang

    Pada saat ini banyak orang lebih tertarik konsumsi minuman dalam kemasan atau air minum isi ulang, karena lebih praktis dan tidak perlu repot memasak air, bahkan di beberapa tempat kebutuhan akan air bersih semakin berkurang, maka bisnis menjual air minum isi ulang bisa menjadi peluang usaha yang menguntungkan karena banyak peminatnya.

    Dengan memanfaatkan ruangan salah satu rumah bisa digunakan untuk membuka bisnis air minum isi ulang, kemudian merekrut anggota keluarga sebagai kurir untuk mengantarkan dan mengambil galon dari rumah-rumah pelanggan.

    Hal terpenting membuka usaha ini adalah pelayanan yang bagus, kualitas air yang terjaga kebersihannya, proses antar jemput yang cepat sehingga bisa mendapatkan banyak pelanggan.

    Baca juga Tips Membuka Usaha Depot Air Minum Isi Ulang

  2.  
    1. Laundry Kiloan

    Jasa laundry kiloan kini tidak hanya ada di kota saja, bahkan sudah masuk ke perkampungan. Mereka yang sibuk bekerja tidak memiliki kesempatan untuk mencuci pakaian, maka akan menggunakan jasa laundry.

    Apalagi lokasi rumah untuk usaha laundry kiloan berada di lingkungan kampus atau perumahan, terlebih jika musim penghujan datang maka peluang usaha ini dapat memberikan keuntungan yang menjanjikan.

    Membuka jasa laundry kiloan bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga, dengan modal utama berupa mesin cuci, alat pengering, setrika dan pewangi pakaian.

    Agar usaha ini memiliki banyak pelanggan dan berkembang diperlukan pelayanan yang terbaik, seperti hasil cucian tepat waktu, bersih dan rapih serta wangi.

    1. Jualan Pulsa dan Paket Kuota

    Hampir semua orang kini telah menggunakan telepon seluler atau ponsel, menjadi kebutuhan hidup di jaman modern seperti saat ini. Selain sebagai alat komunikasi, juga digunakan untuk mencari informasi terkini melalu sambungan internet. Maka peluang usaha jualan pulsa dan paket kuota ini sangat besar dan menggiurkan.

    Dengan modal kecil membuka bisnis jualan pulsa dan paket data sudah bisa berkembang, tanpa harus memiliki kios pun usaha ini bisa dilakukan, dengan promosi menawarkan kepada teman dekat ataupun media sosial sudah bisa menghasilkan keuntungan.

    Agar dalam proses pengisian pulsa cepat masuknya, bisa langsung bekerja sama dengan operator seluler seperti telkomsel, xl, three, indosat dll sehingga mampu memberikan kepuasan pada pelanggan.

    1. Jasa Potong Rambut

    Peluang usaha potong rambut memberikan keuntungan yang menjanjikan, pasalnya selama rambut manusia masih selalu tumbuh di kepala, maka usaha ini tidak akan pernah mati. Terutama bagi yang memiliki keahlian dalam menata rambut, usaha ini mempunyai prospek masa depan yang cukup bagus.

    Bisnis potong rambut tidak perlu modal besar, cukup memiliki keahlian memotong rambut dan gunting sudah bisa berjalan meski tanpa tempat, sebagai tahap awal bisa berkeliling mencari pelanggan, setelah banyak pelanggan bisa mendirikan tempat potong rambut di rumah dengan peralatan seperti peralatan cukur rambut modern agar hasil lebih maksimal dan cepat.

    Beberapa Faktor Keberhasilan Usaha Rumahan :

  1. Mengelola Keuangan secara Profesional

Faktor penentu keberhasilan usaha rumahan salah satunya terletak dari tata kelola keuangan, seringkali usaha rumahan tidak berkembang karena pengaturan keuangan yang tidak bagus.

Mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan, serta mampu membedakan uang pribadi dan dana usaha membuat siklus usaha menjadi lebih terkontrol.

2. Membentuk Tim Usaha yang Solid

Dalam membangun usaha rumahan dibutuhkan tim yang solid, dengan kemampuan yang berbeda-beda menjadi nilai penting dalam pengembangan usaha, tetapi karakter setiap anggota tim tentunya harus seirama untuk menghindari perpecahan.

3. Membuat Skala Prioritas

Memiliki rencana usaha berdasarkan urutan skala prioritas menjadi faktor keberhasilan usaha rumahan, masalah akan muncul saat usaha yang digeluti kewalahan menerima pesanan yang semakin banyak, maka hal tersebut perlu di antisipasi agar tetap berjalan lancar, dimana tidak mengganggu pelayanan terhadap pelanggan.