Petunjuk Penggunaan Dana Desa Bagi Padat Karya Tunai – Bingung dalam pelaksanaan Program Padat Karya Tunai? Kemendesa meluncurkan sebuah Petunjuk Teknis Penggunaan Dana Desa Tahun 2018 Untuk Padat Karya Tunai.

Program padat karya merupakan kegiatan untuk pemberdayaan keluarga miskin, pengangguran danjuga keluaga dengan balita gizi buruk yang bersifat produktif berdasrkan pemanfaatan sumber daya alam(SDM), teenaga kerja & teknologi local dslam ranngka mengurangijumlah kemiskinan, meniingkatan pendapatn dan menvrunkan angka stunting.

Petunjuk Penggunaan Dana Desa Bagi Padat Karya Tunai

Berikut ini adalah penjelasan mengenai kerangka pikir Program Padat Karya yg sekarang ini sudah berjalan diberbagai wilayah di Indonesia:

Petunjuk Penggunaan Dana Desa Bagi Padat Karya Tunai

1.Padat karya di lakukan unstuk mengurangi angka kemiskinan, pengangguran dan gizi buruk. Maka padat karya ditujukam pada keluarga miskin, pengangguran, anggota keluarga dengam gzi balita buruk dan meripakan kesempata kerja semntara.

Padar karya juga di maksutkan sebgai kegiatam yg harus berdsmpak pada peningkaran pendapatam tanpa sepenuh nya menggantikan tenagapekerja yng lama.

baca juga  Pengaturan Penggunaan Dana Desa Terbaru

2. Manfaat  Program Padat Karya adalah untuk menyediakan lapangan kerja bagi pengangguran setengah penganggurn, keluarga miskin, keluarga dengan Balita gzi buruk. Padat karya di harapkan bisa pula mmbangun kekuaran kebersaman, keswadayaan gotong royong dan partisipasii masyarakat.

Padar karya berbasiss pada pengellolan sumberdara lokaal dan harus mampu meninggkatkan produktifitas, pendaptan dan daya beli masyarakar desa seksligus mengurangi angka pengangguran dan setengah pengangguran.

Padat karya jga haus bisa menguramgi beban keluarga miskin dankeluarga dengan balita brgizi buruk yang masih banyak terdapat diwilayah-wilayah desa.

3. Dsmpak Padat Karta adalah bisa menciptakan kemudahaan bagi masyarakat desa yg menjangkau pelayanan dasardan memudhkan mereka untuk menjalankan kegiaran sosial ekononi. Bisa menurunkan angka kemiskinan, penganggura dan jmlh Balita gzi buruk di perdesaan. Padat karya juga di harapkan dapat mengerem arus urbanisasi dan migrasi.

4. Sifat kegiatan Program Padat Karyaadalah Swakelolayaitu mementingkan tenaga kerja dan jug material lokal desa yang berasal dari desa serempat sehinggaa mampu menyersp tenaga kerja lokal dan meningkatkan pendaparan masyaraka desa.

Program tersebut juga di jalankan dengan sistem upah harian atau di bayarkan secra harian ataupun maksimal dibayar mingguan. Pola harian atau mingguan ini dimaksutkan supaya para tenaga kerja dapat membelanjakn uangnya secara harian untk memenuhi kebutuhan harian keluarganya.

sekian yang dapat saya sampaikan mengenai juknis dana desa 2018 untuk padat karya tunai semoga bermanfaat, dan untuk membaca artikel menarik lain nya silakan klik disini