Kali ini saya akan membahas proses pembuatan karbon aktif dari tempurung kelapa.
Arang aktif atau karbon aktif, digunakan untuk menjernihkan air yang terkontaminasi atau terpolusi. Jika dalam keadaan darurat, karbon aktif bisa digunakan sebagai penetralisir racun dan toksin berbahaya dalam tubuh. Sebelum Mengaktifkan Arang kita perlu tau Pembuatan karbon aktif. Pertama tama Anda harus membuat arang rumahan dari tempurung kelapa.
Setelah itu, Anda dapat menambahkan zat kimia pengaktif, seperti  kalsium klorida atau bisa juga sari lemon, dan menyelesaikan proses aktivasi.

Pembuatan Karbon Aktif Dari Tempurung Kelapa

Karbon aktif tempurung kelapa selama ini lebih sering kita kenal sebagai bahan bakar untuk memanggang ikan atau makanan lain. Di balik kehitaman  karbon tempurung kelapa itu, ternyata menyimpan nilai ekonomis yang lebih tinggi lagi.

Nah tempurung kelapa yang dijadikan arang dapat ditingkatkan nilai ekonomisnya dengan menjadikannya karbon aktif. Pembuatan karbon aktif dari tempurung kelapa ini juga relatif mudah. Karbon aktif ini berfungsi sebagai filter untuk menjernihkan air, pemurnian gas, industri minuman, farmasi, katalisator, dan berbagai macam penggunaan lain.

Tempurung  kelapa ini menjadi salah satu bahan karbon aktif yang kualitasnya cukup baik dijadikan karbon aktif. Bentuk dan kualitas tempurung kelapa harus diperhatikan ketika membuat karbon aktif.

1. Menentukan Bahan Dasar

Tempurung kelapa yang akan dijadikan bahan pembuat karbon aktif, sebaiknya bebentuk setengah atau seperempat ukuran tempurung. Jika ukurannya terlalu hancur,  itu kurang baik dijadikan bahan pembuat karbon aktif. Dilihat dari segi kualitas, tempurung kelapa yang memenuhi syarat dijadikan bahan karbon aktif adalah kelapa yang benar-benar tua hingga warnanya hitam mengkilap dan keras.

Tempurung yang dijadikan bahan pembuat karbon aktif umumnya dari kelapa yang dijadikan kopra. Nah tempurung yang dihasilkan merupakan belahan dua dari satu buah tempurung kelapa utuh. Untuk membuat karbon aktif yang benar benar berkualitas, tempurung harus bersih dan terpisah dari sabutnya.

Kualitas tempurung dan proses pembakaran akan sangat menentukan rendemen karbon aktif yang dihasilkan. Kualitas tempurung kelapa biasa lebih baik dibanding kelapa hibrida.

2. Proses Pembakaran

Agar dapat memperoleh rendemen karbon aktif yang lebih baik, langkah langkah proses pembakaran dengan cara drum diberi empat lubang di bagian bawah drum. Agar selama pembakaran udara bisa masuk, drum harus diganjal tiga potongan batu bata.

Pembakaran arang dilakukan lapis demi lapis tempurung. Memulai pembakaran bisa dengan menggunakan kertas atau daun kelapa kering yang ditaruh di atas satu lapis tempurung di dasar drum. Setelah tempurung lapisan pertama terbakar, sedikit demi sedikit satu lapisan ditaruh diatasnya. Langkah ini terus dilakukan sampai drum penuh.

Ketika tempurung lapisan atas mulai terbakar, batu bata yang menjadi ganjalan drum perlahan-lahan diambil, sehingga dasar drum langsung menyentuh tanah dan menutup lubang. Kemudian drum ditutup rapat-rapat dan jangan sampai ada udara yang masuk.

Jika ada udara yang masuk, maka arang yang ada dalam drum akan menjadi abu. Tetapi kalau drum ditutup rapat sebelum seluruh tempurung terbakar, tempurung tidak akan menjadi arang.

Keesokan harinya, setelah drum dingin, tutupnya dibuka, kemudian drum dibaringkan. Arang tempurung kemudian dibongkar secara perlahan-lahan. Arang tempurung yang tampak hitam, mengkilap, utuh, keras, dan mudah dipatahkan menunjukkan kualitasnya baik. kadar air dalam arang tempurung kelapa antara 50-70 persen.

Nah itulah proses pembuatan karbon aktif

Cara Mengaktifkan Arang

Setelah belajar Pembuatan Karbon Aktif kita belajar Cara Mengaktifkan Arang.

1. Campurkan Kalsium Klorida Dengan Air

Setelah belajar Pembuatan Karbon Aktif kita belajar Cara Mengaktifkan Arang. Pertama campurkan kalsium klorida dengan air dalam rasio 1:3. Berhati-hatilah ketika mencampurkan zat-zat ini sebab larutannya akan sangat panas. Anda hanya membutuhkan larutan cukup untuk merendam arang sepenuhnya.

Untuk arang dengan jumlah normal, campurkan 100 gram kalsium klorida dengan 310 ml air. Untuk pembelian kalsium klorida dapat dibeli di banyak toko perangkat keras dan retail besar.

2. Menggunakan Pemutih Atau Sari Lemon Sebagai Pengganti Larutan Kalsium Klorida

Setelah belajar Pembuatan Karbon Aktif kita belajar Cara Mengaktifkan Arang. Kedua Jika anda tidak memiliki kalsium klorida, Anda dapat menggantinya dengan menggunakan pemutih atau sari lemon. Pilihlah kisaran 310 ml pemutih atau 310 ml sari lemon.

3. Campurkan Larutan Kalsium Klorida Dengan Bubuk Arang

Setelah belajar Pembuatan Karbon Aktif kita belajar Cara Mengaktifkan Arang. Ketiga setelah mencampurkan kalsium klorida dengan air,kita pindahkan bubuk arang kedalam mangkuk yang terbuat dari kaca, Lalu tuang larutan kalsium klorida (atau sari lemon/pemutih) ke dalam mangkuk yang ada bubuk arang.

Tuangkan sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan sendok. Ketika konsistensi  dari campuran arang dengan kalsium klorida sudah kental, berhentilah menangkan larutan kalsium klorida.

4. Tutup Mangkuk Dan Diamkan Selama 24 Jam

Setelah belajar Pembuatan Karbon Aktif kita belajar Cara Mengaktifkan Arang. Keempat jika sudah tutuplah mangkuk lalu diamkan selama 24 jam atau satu hari, setelah itu, buang sebanyak mungkin air yang ada di mangkuk, arang akan berada pada kondisi basah namun tidak kuyup.

5. Masak Arang Agar Aktif

Setelah belajar Pembuatan Karbon Aktif kita belajar Cara Mengaktifkan Arang. Kelima masaklah arang kedalam kuali logam yang sebelumnya sudah kita bersihkan dari pemakaian sebelumnya selama 3 jam, setelah dimasak selama 3 jam arang akan aktif dan siap digunakan.

Itulah proses pembuatan karbon aktif dan cara mengaktifkannya, untuk lebih lengkapnya cek di sini Cara Membuat Arang Aktif. Semoga bermanfaat.

Kegunaan Arang Aktif

 

Setelah bejara Pembuatan Karbon Aktif kita belajar apa aja sih Kegunaan karbon Aktif.

Kita harus tau bagaimana cara kerja karbon aktif, karbon aktif berguna sebagai penghilang bau tidak sedap, bakteri, polutan, dan alergi yang berasal dari udara dan air. Arang juga dapat menyerap bau, racun, bakteri, polutan, alergi dan bahan-bahan kimia kedalam pori pori kecil yang ada di dalam arang.

1. Memurnikan Udara Yang Ada Di Dalam Rumah

Setelah belajar Pembuatan Karbon Aktif kita belajar Kegunaan Karbon Aktif. Kegunaan pertama cobalah bungkus karbon aktif kedalam lembar kain atau linen, kemudian letakan arang di tempat yang inging di murnikan dari bau.

Jika tidak mempunyai linen, maka gunakanlah kain dengan anyaman rapat dan breathable (kain beraliran udara lancar), contohnya katun. Diusahakan kain yang digunakan tidak berbau detergen atau sejenis bau yang lain, karena arang akan menyerap bau ini dan mengurangi keefektivitasannya.

Untuk cara memurnikan udara, kita posisikan kipas sehingga meniup ke arah arang, udara yang melewati arang akan menjadi murni atau tidak berbau.

2. Mebuat Filter Air

Setelah belajar Pembuatan Karbon Aktif kita belajar Kegunaan Karbon Aktif. Kegunaan kedua arang juga bisa digunakan sebagai filer air, karena harga filter air komersial cukup mahal, dan kali saya akan mengajarkan membuat filter denga menggunakan kaos kaki.

Dengan membuat filter sendiri anda akan menghemat uang anda, dan juga bisa mendaur ulang dengan menggunakan kaus kaki bekas untuk filter air.

Siapkan kaus kaki, usahakan kaus kaki yang tidak berlubang dan tidak berbau detergen. Setelah itu masukan arang aktivasi kedalam kaus kaki. Setelah itu tuangkan air ke dalam kaus kaki agar bersih, bisa juga menggukan kaus kaki pas kran air.

3. Menjadikan Masker Wajah

Setelah belajar Pembuatan Karbon Aktif kita belajar Kegunaan Karbon Aktif. Kegunaan ketiga karbon aktif dapat dijadikan masker wajah dengan cara, campurkan 30 ml tanah liat bentonite, Setengah sendok teh (2,5 ml) karbon aktif, satu sendok makan (15 ml) kunyit yang sudah di hancurkan, dua sendok makan (30 ml) cuka, apel sider, dan satu sendok teh (5 ml) madu murni. Setelah itu, campurkan sedikit air sampai campuran tercampur dan terlihat halus.

Masker ini dapat menarik racun dan membuka pori pori pada wajah. Dengan bahan-bahan alami sehingga masker ini aman bagi hampir semua tipe kulit, Dan cara pemakaiannya oleskan masker dengan lapisan tebal ke wajah dan biarkan selama 10 menit agar kotoran diserap oleh masker, setelah 10 menit bilas wajah sampai bersih.

4. Menghilangkan Perut Kembung

Setelah belajar Pembuatan Karbon Aktif kita belajar Kegunaan Karbon Aktif. Kegunaan keempat karbon aktif  juga dapat digunakan untuk menghilangkan perut kembung dengan cara, mencampurkan 500 mg bubuk karbon aktif dengan air 350 ml.

Campurkan di dalam gelas lalu aduk aduk sampai tercampur rata, lalu minumlah sebelum anda memakan makanan atau minuman penghasil gas, atau ketika anda merasa perut anda kembung untuk meringankan gejala.

Jika ingin memvariasikan rasa bisa dicampur dengan jus wortel, agar rasanya enak. Jangan campurkan dengan jus asam seperti jeruk atau apel, karena mengurangi keefektivitassan karbon aktif.

5. Memutihkan Gigi

Setelah belajar Pembuatan Karbon Aktif kita belajar Kegunaan Karbon Aktif. Kegunaan kelima jika gigi anda menguning disebabkan anda adalah peroko aktif dan sering mengkonsumsi kopi, teh, atau minuman yang beralkohol.

Karbon aktif dapat mengembalikan warna alami dari gigi anda menjadi putih dan cerah, sekaligus menjaga kesehatan mulut kita.

Arang atau karbon aktif ini juga berfungsi untuk menyeimbangkan kadar keasaman dalam mulut, dan juga dapat mencegah gigi berlubang, menghilangkan bau mulut, dan dapat meredakan penyakit gusi.

Cara penggunaan, basahi sikat gigi Anda kemudian oleskan sikat gigi pada bubuk karbon aktif. Lakukanlah gerakan menyikat gigi seperti biasa, fokuslah menyikat pada bagian gigi yang menguning atau terdapat karang gigi. Setelah selesai berkumurlah sampai bersih dan minumlah air secukupnya.

6. Penawar Racun

Setelah belajar Pembuatan Karbon Aktif kita belajar Kegunaan Karbon Aktif. Kegunaan keenam anda mungkin sering mendengar kegunaan karbon aktif yang paling terkenal adalah penawar racun. Jadi tak heran jika karbon aktif ini sering disediakan di instalasi gawat darurat (IGD).

Arang Ini berguna untuk penawar racun, cara kerja karbon aktif ini akan mengikat racun atau zat kimia seperti merkuri dan pestisida dalam tubuh.

Harus diingat, penawar ini digunakan bila racun atau zat kimia sudah masuk kedalam tubuh, sebelum melewati usus halus atau diserap oleh tubuh.

Jangan khawatir karbon aktif tertinggal dalam tubuh anda, karbon aktif tidak akan tertinggal di dalam tubuh anda, karena setelah berhasil mengikat racun atau zat kimia dalam tubuh, arang akan terbuang dari tubuh bersama urin atau fases.

Tetapi tidak semua racun atau zat kimia dapat diikat oleh karbon aktif, ada beberapa yang tidak bisa diikat oleh karbon aktif. Contohnya keracunan alkohol, sianida, dan litium, itulah beberapa racun yang tidak bisa diikat oleh karbon aktif, jika contoh diatas terjadi Anda harus segera menghubungi pelayanan darurat.

7. Menghilangkan Bau Badan

Setelah belajar Pembuatan Karbon Aktif kita belajar Kegunaan Karbon Aktif. Kegunaan ketujuh anda sering mengeluh tentang bau badan, Atau bau mulut?

Penyebab dari bau badan dan bau mulut adalah karena pembuangan dari racun dan toksin dalam tubuh. Jika anda ingin menghilangkan bau badan tak sedap, anda bisa mencoba karbon aktif.

Karbon aktif yang sudah dikemas dalam pil, anda bisa mengonsumsi pil ini secara teratur setiap satu hari sekali, biasakan setelah mengonsumsi pil ini anda minumlah air sebanyak mungkin.

Dengan begitu anda dapat memaksimalkan pembuangan racun, dan tubuh anda pun akan bersih dari bakteri dan sisa sisa zat yang menyebabkan bau badan.

8. Mengobati Jerawat

Setelah belajar Pembuatan Karbon Aktif kita belajar Kegunaan Karbon Aktif. Kegunaan kedelapan jika anda jerawat di wajah, karbon aktif mampu meredakan jerawat pada wajah.

Anda hanya harus mencampurkan bubuk karbon aktif dengan dua sendok gel lidah buaya, dan setelah tercampur oleskan pada wajah yang memiliki jerawat.

Tunggulah beberapa saat agar karbon aktif bekerja secara optimal, setelah itu bilaslah wajah anda menggunakan air bersih. Zat arang ini mampu mengikat dan mengangkat kotoran dan bakteri yang menimbulkan jerawat.

9. Mengatasi Gigitan Serangga

Setelah belajar Pembuatan Karbon Aktif kita belajar Kegunaan Karbon Aktif. Kegunaan kesembilan anda terkena gigitan serangga, racun yang dihasilkan dari gigitan serangga tersebut akan masuk ke dalam tubuh anda melewati kulit.

Hal ini menyebabkan masalah seperti pembengkakan, rasa gatal atau perih, dan kemerahan. Anda bisa mengatasinya dengan karbon aktif, sebelum racun ini merusak jaringan kulit anda, campurkan bubuk arang dengan minyak kelapa hingga tercampur.

Setelah tercampur oleskan pada bekas gigitan serangga dan sekitar area bekas gigitan. Diamkan beberapa saat dan ulangi setiap setengah jam sekali sampai gejala yang ditimbulkan mereda.

10. Membersihkan Saluran Pencernaan

Setelah belajar Pembuatan Karbon Aktif kita belajar Kegunaan Karbon Aktif. Kegunaan kesepuluh taukah anda, saluran pencernaan biasanya sering dipenuhi dengan sisa sisa zat atau racun yang dapat beresiko menyebabkan reaksi alergi tertentu jika tidak dibersihkan.

Anda dapat membersihkannya dengan mengonsumsi pil karbon aktif, sehingga saluran pencernaan anda bersih dan terhindar dari gejala yang ditimbulkan dari sisa zat dan racun.

Tak hanya membersihkan saluran pencernaan tapi juga membantu meredakan nyeri sendi, menambah energi, dan juga dapat meningkatkan kesehatan mental.

11. Mencegah Penuaan Dini

Setelah belajar Pembuatan Karbon Aktif kita belajar Kegunaan Karbon Aktif. Kegunaan kesebelas anda memiliki teman atau kerabat keluarga yang masih muda namun terlihat sudah tua. Penuaan memang merupakan proses yang terjadi secara alami dan memang wajar terjadi pada siapa pun.

Tapi, anda faktor luar yang membuat proses ini menjadi lebih cepat, seperti bahan kimia dari makanan dan minuman yang anda konsumsi, Atau terpapar polusi dan gaya hidup yang kurang sehat.

Agar dapat menjaga fungsi normal ginjal dan hati dari proses penuaan dini. Anda dapat membersihkan racun dan zat kimia berbahaya dengan mengonsumsi pil karbon aktif.

Jika anda selesai mengonsumsi junk food, sayur atau buah yang tidak organik, atau anda menghirup asap roko, segeralah anda mengonsumsi pil karbon aktif.

12. Membersihkan Jamur

Setelah belajar Pembuatan Karbon Aktif kita belajar Kegunaan Karbon Aktif. Kegunaan ke dua belas banyak orang tidak menyadari bahwa jamur bisa hidup pada tubuh manusia.

Jamur yang beracun dapat menyebabkan depresi, gagal ginjal dan hati, penurunan fungsi otak, penyakit jantung, iritasi mata, sakit kepala, muntah, gangguan fungsi sistem kekebalan tubuh dan gangguan pernafasan yang parah.

Rumah yang terkena banjir dan memiliki retakan kecil di lantai atau di dinding dapat menjadi sarang jamur berkerbang. Ventilasi yang berada di kamar mandi atau dapur juga sangat rentang menjadi tempat berkembangbiakannya jamur.

Jamur yang tumbuh di dalam rumah harus sering dibersihkan. jangan lupa menggunakan sarung tangan dan masker agar subtansi beracun tidak terhirup.  Anda dapat membersihkannya menggunakan soda kue, cuka sari apel, tea tree oil, dan boraks untuk membersihkan permukaan rumah seperti lantai dan dinding.

Itulah beberapa manfaat arang aktif atau karbon aktif, dan mungkin sampai dinisi pembahasan mengenai pembuatan karbon aktif dari tempurung kelapa. Kelapa ini memiliki banyak sekali manfaat, contohnya dibuat menjadi minyak kelapa yang memiliki banyak manfaat. Manfaat dari virgin coconut oil ini untuk diet, Semoga bermanfaat.