Banyak macam – macam buah kelapa yang tumbuh di negara Indonesia. Hal ini juga dapat membuka peluang usaha bagi masyarakat untuk tahap hidup. Ini dia 7 olahan sabut untuk peluang usaha . Yuk kita simak bersama!

Peluang Usaha Sabut Kelapa

Geotekstil banyak digunakan untuk perbaikan tanah pada bendungan, saluran udara, dan lainnya, sedangkan matras dan serat karet banyak digunakan pada industri pelapis, matras, dan pelapis panas. Serat sabut kelapa memiliki keunggulan dibandingkan produk penggantinya, khususnya serat sintetis yaitu

  1. Keunggulan Produk Olahan Sabut Kelapamemiliki daya serap air yang sangat tinggi
  2. memiliki sifat material yang ramah lingkungan
  3. memiliki daya serap panas yang sangat tinggi
  4. proses pengolahan tidak mencemari lingkungan
  5. menggunakan mesin pengolah yang relatif sederhana
  6. memiliki potensi pasar yang sangat besar, baik di pasar domestik maupun pasar ekspor.

Serbuk sabut kelapa (coco-dust) banyak digunakan untuk media pertumbuhan tanaman sebagai sumber daya tanaman karena mampu menyerap udara dalam jumlah besar, serta memiliki struktur yang memperlancar sirkulasi udara sehingga respirasi akar tanaman lebih baik.

Produk serbuk sabut komersial yang banyak di kembangkan adalah cocopeat (untuk media tumbuh tanaman) dan cocomix (untuk media tumbuh sekaligus pupuk). Selain itu, sabut kelapa bisa diolah dengan bulunya menjadi hardboard.

Tips Memulai Bisnis Produk Olahan Sabut Kelapa

Menganalisa Jenis Usaha Yang Terkait

Anda harus memastikan bahwa usaha produk olahan sabut kelapa yang Anda dirikan adalah jenis usaha yang ingin Anda kembangkan. Cari tahu produk kelapa unggulan mana yang dapat mendukung bisnis sabut kelapa Anda lebih baik lagi. Lakukan analisis Break Event Point untuk melihat potensi yang ada pada jenis bisnis Anda.

Setelah itu, jelaskan rencana bisnis Anda secara detail (Ramalan penjualan, analisis arus kas, dll.). Setelah itu buatlah rencana pemasaran yang akan Anda lakukan untuk memasarkan produk sabut kelapa Anda.

Perluas Jaringan Anda

Jejaring bisa menjadi fondasi bagi kelangsungan hidup produk kelapa Anda. Anda dapat bergabung dengan komunitas yang terkait dengan jenis bisnis Anda. Hal ini bisa Anda lakukan sebelum memulai bisnis sendiri, sehingga ketika Anda mulai memasarkan produk / jasa yang Anda tawarkan, Anda sudah memiliki jaringan yang luas.

Siapkan Modal

Modal merupakan faktor penting dalam memulai bisnis Anda sendiri. Banyak orang ingin memulai usaha, tetapi tidak memiliki modal sehingga tidak bekerja. Tidak harus membeli alat atau mesin yang mahal ssat akan memulai usaha. Bisa di mulai dengan yang sederhana saja.

Modal yang dapat dihasilkan dari: modal sendiri dari tabungan, mencari modal dari investor, atau meminjam uang dari bank, dan sistem kemitraan. Selain modal awal, Anda juga harus memiliki minimal tiga bulan dari anggaran keluarga di bank.

Itulah beberapa tips peluang usaha produk olahan sabut kelapa, keunggulan sabut kelapa yang memiliki daya serap udara yang sangat tinggi, proses pengolahan tidak mencemari lingkungan, memiliki potensi pasar yang sangat besar, baik di pasar dalam negeri maupun di ekspor.

Macam Olahan Sabut Kelapa

1. Serat Sabut (Cocofiber)

Serat sabut kelapa, atau dalam perdagangan dunia biasa di kenal sebagai Serat Sabut, serat sabut, benang sabut, alas sabut, dan permadani, merupakan produk hasil pengolahan sabut kelapa. Seperti yang sudah kita ketahui secara umum, serat sabut kelapa hanya di manfaatkan untuk bahan pembuat sapu, keset, tali dan alat-alat rumah tangga lain.

Perkembangan teknologi, sifat fisika-kimia, dan kesadaran konsumen untuk kembali ke bahan alami, membuat serat sabut kelapa digunakan menjadi bahan baku industri karpet, jok dan dashboard kendaraan, kasur, bantal, dan hardboard. Serat sabut kelapa juga di manfaatkan untuk pengendalian. Serat sabut kelapa pusat untuk dijadikan Coir Fiber Sheet yang digunakan untuk lapisan kursi mobil, Spring Bed dan lain-lain.

 2. Serbuk Sabut Kelapa (Cocopeat)

Selimut kelapa atau kulit kelapa memiliki bahan penting yang berdaya guna tinggi, yaitu serabut kelapa (cocofiber) dan serbuk serabut (cocopeat) setelah bagian serabutnya diambil. Cocopeat merupakan sabut kelapa yang di olah menjadi butiran-butiran gabus, di kenal juga dengan nama Cocopith atau Coir pith. Cocopeat adalah media tanam yang di buat dari serabut kelapa.

Oleh karena itu, paling mudah di temukan di negara-negara tropis dan kepulauan, salah satunya Indonesia. Coco peat dapat menahan kandungan air dan unsur kimia pupuk serta dapat menetralkan keasaman tanah. Karena sifatnya itu, coco peat dapat digunakan sebagai media yang baik untuk pertumbuhan tanaman hortikultura dan media tanaman rumah kaca.

3. Serbuk Sabut Padat (Bata Cocopeat)

Cocopeat brick adalah empulur (empulur) yang padatkan dengan ukuran yang mudah digunakan untuk rumah kaca, tanaman pot lapangan golf, lansekap dan untuk mengendalikan erosi. Bata samping samping ramah lingkungan juga telah diuji secara luas sebagai media pertumbuhan tanaman.

4. Cocomesh

Cocomesh adalah jaring yang dibuat dari sabut kelapa. Biasanya dibuat seperti seukuran jaring bola volly atau dapat disesuaikan dengan kebutuhan lahan. Penggunaan Cocomesh ini terbukti efektif dalam mencegah longsor ataupun banjir.

Cocomesh juga berfungsi sebagai media tumbuh-tumbuhan dan sangat cocok untuk reklamasi bekas tambang atau pantai. Dengan mematok ujung-ujungnya, cocomesh dihamparkan dalam lahan bekas tambang. pemasangannnya di sesuaikan dengan struktur tanah. Bisa miring, atau datar.

5. Cocopot (Pot Sabut Kelapa)

Ini adalah sebagai media tumbuh-tumbuhan yang khusus di pakai oleh pertambangan untuk reklamasi bekas tambang tambang. Wadah (pot dari sabut kelapa) ini berfungsi sebagai media tumbuh-tumbuhan yang sangat cocok untuk tanaman di dalam pot, minus unsur hara, bahkan rekomendasi untuk reklamasi bekas tambang.

Sabut kelapa yang bentuknya menjadi bangunan yang hidup dan ramah lingkungan karena berfungsi sebagai tempat ketika habis masa pakainya. Pot yang dibuat dari sabut kelapa menyerap udara sehingga udara lebih merata di sekitar tanaman dan memberikan keleluasaan tumbuh kembang kesegala arah oleh karena itu tanaman dapat menjadi lebih sehat.

6. Cocosheet (Lembaran Serat Sabut)

Aplikasi Serat sabut kelapa yang di buat dalam bentuk lembaran atau lebih di kenal dengan Cocosheet, menurut beberapa penelitian, terbukti mampu mereduksi suara dan menyerap bising terutama pada frekuensi tinggi (2000 hz).

Penggunaan cocosheet ini mampu menyaingi penggunaan glasswool. Keunggulan lain dari cocosheet adalah dia lebih murah. Cocosheet yang di rekomendasikan adalah dengan ketebalan 70 mm. Cocosheet merupakan bahan yang di gunakan untuk pembuatan cocopot.

7. Papan Semen Sabut Kelapa (CFB)

Sabut kelapa dapat menjadi olah menjadi papan serat (papan serat) dari jenis MDF (Medium Density Board). Keunggulan Coco Fiber Board antara mutu dan kekuatannya tidak kalah dari MDF komersial, tidak memerlukan bahan perekat kimiawi sehingga benar-benar ramah lingkungan, daya serap airnya lebih rendah di banding MDF komersial dan lebih ekonomis karena di kembangkan dengan teknologi sederhana.

 

Demikian sedikit pembahasan tentang 7 olahan sabut untuk peluang usaha yang mungkin kalian bisa coba dan memulainya. Semoga pembahasan ini dapt menambah wawasan dan ilmu kalian semua.S ekian Terima Kasih