Buah kelapa yang sudah menua umurnya biasanya sering di buang dan menjadi limbah sampah. Ayo kita rubah kelapa tua olahan sabut kelapa untuk peluang usaha dan kita bisa mendapatkan penghasilan dari usaha tersebut. Yuk kita simak pembahasanya!

5 Olahan Sabut Kelapa Untuk Memulai Bisnis

1. Kasur Sabuat Kelapa

Kasur sabut kelapa adalah perpaduan sabut kelapa dan lateks karet, yang menghasilkan sebuah produk yang bekualitas tinggi, sebab kasur ini tidak perlu lagi menggunakan pegas/per, kasur sabut kelapa dan karet ini sudah lentur dan empuk secara alami, hasil dari proses pengeritingan serat sabut kelapa dan karet yang secara alami memiliki kepegasan serta kelenturan alami.

Kelebihan dari kasur ini juga anti bakteri, anti air (terkena air atau ompol anak atau susu anak mudah di bersihkan dan cepat kering. So di pastikan sehat untuk bayi dan anak-anak.

2. Tali Tambang Sabut Kelapa

Tali tambang sabut kelapa merupakan bahan dasar untuk membuat aneka kerajinan berbahan dasar sabut kelapa, seperti tali sabut untuk kerajinan, tali sabut untuk tali dadung untuk tali kapal, tali sabut untuk cocomesh dan lain-lain. Dan boleh di katakan tali sabut kelapa merupakan bahan dasar  utama kedua setelah serat sabut kelapa itu sendiri.

Tali sabut ini memiliki beberapa variasi lilitan, atau sering di sebut dengan ply. Umumnya untuk tali banyak yang menggunakan 2 ply. Kemudian 3 ply dan seterusnya sesuai dengan kebutuhan. Pembuatan tali biasanya menggunakan mesin khusus yakni mesin pemintal tali sabut.

3. Cocomesh Jaring Sabut Kelapa

Cocomesh jaring sabut kelapa adalah salah satu aplikasi dari tali sabut kelapa. Pembentukannya dengan cara di anyam. Polanya menyesuaikan kebutuhan, seperti membuat ukuran dengan jarak tali 2×2 cm, 3×3 cm, 4×4 cm dan sesuai kebutuhan. Penggunaan cocomesh banyak di pakai untuk reklamasi tambang,  mengembalikan areal bekas tambang supaya menjadi hijau kembali.

Cocomesh fungsinya sebagai media tanam untuk cover crop yang di sebar di atas cocomesh. Selain itu fungsi cocomesh bisa mencegah larinya top soil dan mencegah erosi tanah. Dan cocok sekali untuk penguatan tanah pada kemiringan lahan. Kelebihan penggunaan cocomesh sabut kelapa ini adalah selain karena bahan yang di gunakan organik juga memiliki kekuatan yang cukup lama sekitar 2 tahun.

Ketika mulai memasang cocomesh di atas tebing bekas tambang, kemudian mulai di taburi dengan covercrop penutup lahan seperti jenis PJ (Pueraria javanica), CP (Centrosema pubescens),  CC (Calopogonium caeruleum) atau jenis MC Mucuna, maka selama penumbuhan, biji tersebut akan tumbuh dengan cepat dalam media cocomesh selama beberapa waktu, areal yang di tutup cocomesh akan segera hijau.

4. Sabut Kelapa Peredam Getar dan Suara

Sabut kelapa ternyata juga bisa di gunakan sebagai aplikasi peredam getaran dan suara. Dan kelebihannya adalah lebih menyehatkan dan tidak gatel, tidak seperti rock wool yang banyak di gunakan selama ini.

Berbahan hampir sama dengan matras sabut kelapa, yang di pasang di dinding atau dekat sumber getaran dan suara, Hasilnya sangat efektif dalam meredam getaran dan suara.

Salah satu penggunaannya adalah untuk studio musik, dan sebagai contoh, kantor Rumah Mesin menggunakan media sabut kelapa untuk mengurangi suara yang berasal dari kendaraan di tepi jalan.

5. Kesed Sabut Kelapa

Bisa jadi,  selama ini orang hanya mengenal produk sabut kelapa hanya sebagai kesed rumah, karena inilah produk yang paling banyak di pakai di masyarakat.

Variasi produk kesed dengan di berikan nama sesuai kebutuhan, seperti ucapan welcome, selamat datang, bonjour, Bula dan lain sebainya, menambah citra positif jika dipasang di depan rumah atau kantor.

Hal lain soal penggunaan kesed sabut kelapa, ternyata juga banyak di pakai untuk penyaringan merkuri di pertambangan emas. Menurut para petambang emas, penyaringan merkuri menggunakan media kesed lebih efektif.

 

5 olahan sabut kelapa untuk peluang usaha yang bisa kalian coba agar kalian bisa memulai usaha sabut kelapa dengan mudah dan murah. Jadi bagaimana? apakah kalian sudah siap untuk memulai usaha sabut kelapa ini? Demikian artikel ini di buat semoga dapat menambah wawasan dan ilmu kalian semua. Sekian Terima Kasih.