Belajar dan Berbagi

Resep, Tips dan Peluang Usaha Sekitar Kita

Page 2 of 6

Cobalah..! Resep Bakso Murah Enak WAJIB di Coba..!

Cobalah..! Resep Bakso Murah Enak..! – Pada artikel kali ini saya akan membagikan resep bakso murah enak yang bisa anda praktekan sendiri dirumah.
resep bakso murah enak

Resep Bakso Murah Enak

Bahan-Bahan Untuk Membuat Bakso :

  • 500 gram daging sapi cincang (gunakan daging yang baru dicincang atau yang disimpan di dalam kulkas, bukan freezer)
  • 200 gram tepung tapioka
  • 4 siung bawang putih, goreng dan haluskan
  • 2 sendok makan garam
  • Kaldu bubuk 1/2 sendok teh
  • 1/2 sendok makan gula pasir
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 2 butir telur ayam yang baru keluar dari kulkas, kocok lepas
  • 3 -4 butir es batu ukuran kecil

Bahan Untuk kuah :

  • 2 liter air bekas merebus bakso
  • 6 butir bawang putih haluskan
  • 1 sendok teh kaldu sapi bubuk
  • 1 sendok makan garam
  • 2 batang daun bawang, cincang kasar
  • 1 batang seledri, cincang kasar

Bahan Pelengkap (optional)

  • mie kuning atau bihun rebus setengah matang
  • sawi, potong kasar daun bawang dan seledri cincang untuk taburan
  • bawang merah goreng
  • sambal rawit
  • kecap manis dan saus tomat
  • Cemilanting Varian Classy Garlic

Cara Membuat Bakso :

  1. Pertama siapkan mangkuk sedang.
  2. Masukkan daging giling, bawang putih halus, merica, garam, gula dan kaldu bubuk.
  3. Remas-remas hingga tercampur rata dan daging tidak menggumpal.
  4. Tambahkan tepung tapioka sedikit demi sedikit bergantian dengan kocokan telur, sambil adonan diuleni dengan tangan hingga tercampur.
  5. Masukkan es batu ke dalam adonan.
  6. Teruskan menguleni adonan dengan cara dibanting-banting seperti sedang membuat adonan roti atau pizza. Hingga adonan menjadi kalis, tandanya adonan tidak terlalu lengket di tangan, plastis dan elastis.
  7. Setelah diuleni maka adonan yang terbentuk harus menyatu dimana serat daging dan butiran tepung tidak lagi terlihat. Adonan juga menjadi elastis, mudah dibentuk dan tidak lengket.
  8. Siapkan panci berisi air yang cukup banyak, rebus hingga mendidih.
  9. Bentuk adonan dengan dua buah sendok makan hingga menjadi bola yang smooth.
  10. Masukkan bola adonan ke dalam air mendidih dan masak hingga bakso mengapung.
  11. Angkat dan tiriskan.
  12. Lakukan hingga semua adonan habis.

Cara Membuat Kuah Bakso:

  1. Siapkan wajan, panaskan 1 sendok makan minyak.
  2. Tumis bawang putih halus hingga harum dan matang. Sisihkan.
  3. Ambil sekitar 2 liter air bekas merebus bakso atau jika sisa air perebus kira-kira sebanyak 2 liter maka biarkan saja di panci.
  4. Masukkan tumisan bawang putih, kaldu bubuk dan garam ke panci berisi air bakso.
  5. Rebus hingga mendidih dan cicipi rasanya.
  6. Tambahkan daun bawang dan seledri, aduk dan angkat.

Pelengkap:

  1. Mie kuning/bihun Jika anda ingin menambahkan mie kuning atau bihun maka rebus mie setengah matang untuk digunakan melengkapi bakso kuah anda.
  2. Sawi Potong-potong kasar daun dan batangnya, dalam kondisi mentah tata di mangkuk bakso dan siram dengan kuah panas.
  3. Sambal rawit, rebus 10 butir cabai rawit merah hingga air mendidih, angkat dan haluskan cabai. Encerkan cabai halus dengan kuah bakso secukupnya.

Saran Penyajian:

  • Siapkan mangkuk, letakkan bola-bola bakso dan bahan pelengkap di dalamnya dan siram dengan kuah yang panas.
  • Taburi dengan daun bawang dan bawang goreng serta lengkapi dengan sambal rawit, saus tomat.
Nah, Itu tadi resep yang bisa saya bagikan semoga dapat membantu, dan cobalah resep saya di atas apabila setelah jadi bakso anda masih kurang kres ada teknik selanjutnya untuk menjadikan bakso anda kress, tapi untuk beberapa kasus tanpa teknik lanjutan bakso yang dihasilkan sudah kres dan enak. terima kasih

Inilah Aneka Resep Kue Kering Goreng Pertama

Aneka Resep Kue – Kue kering adalah makanan ringan yang bukan makanan utama. Secara harafiah kue seringkali diartikan sebagai makanan ringan yang dibuat dari tepung. Baik tepung beras maupun terigu.

Istilah yang sering digunakan untuk kue yang bertekstur keras tetapi renyah yang memiliki kadar air yang sangat rendah karena dibuat dengan cara di oven.

Aneka Resep Kue

Kue kering tercipta dari kejelian produsen makanan ringan dalam menangkap kejenuhan pasar terhadap kue kering yang beredar di masyarakat saat ini. Mereka menciptakan variasi-variasi baru dalam mengolahnya, dengan variasi cetakan kue kering lalu atasnya diolesi / di glasur dengan olahan gula dan coklat putih yang telah diwarnai.

Kue kering memiliki daya tahan yang cukup lama, Bahan yang umum digunakan utuk pembuatan kue kering diantaranya tepung beras, tepung ketan, terigu ataupun sagu, Kue kering yang dioven biasanya di sebut cookies.

Aneka Resep Kue Kering Goreng

Nah langsung saja,  berikut ini adalah Aneka Resep Kue Kering Gorengnya.

Kue Gabus

Bahan – Bahan :

  • 125 gr tepung sagu
  • Keju cheddar parut 50 gr
  •  25 gr margarin
  • Telur ukuran besar 1 butir
  • Minyak untuk menggoreng  secukupnya

Cara Membuat :

  • Blender keju, margarin dan telur hingga semua menyatu. Sisihkan.
  • Dalam wadah, masukkan tepung sagu. Buat lubang di tengahnya.
  • Tuang hasil campuran blender ke lubang tepung sagu. Aduk rata dengan spatula. Uleni dengan tangan hingga adonan kalis dan dapat dibentuk.
  • Tuangkan banyak minyak di wajan. Jangan nyalakan api terlebih dulu.
  • Ambil sejumput adonan lalu pilin/untir dengan kedua telapak tangan hingga jadi bentuk silinder panjang yang runcing di kedua ujungnya. Langsung celupkan adonan dalam wajan. Ulangi langkahnya hingga adonan habis.
  • Nyalakan api kompor yang sedang. Walau adonan kue saling tumpang tindih di wajan namun tak perlu khawatir. Adonan akan saling melepas ketika minyak mulai panas.
  • Goreng dan balik adonan ketika mulai mengeras. Aduk perlahan agar tidak menggumpal. Masak hingga garing dan berwarna kekuningan. Angkat dan tiriskan.
  • Siap disajikan atau simpan dalam toples ketika sudah dingin.

Tips :

  • Selain tepung sagu, anda juga bisa menggunakan tepung tapioka atau kanji.
  • Bentuklah atau pilin adonan jadi kecil saja karena adonan akan mengembang saat digoreng.
  • Jangan mengaduk kue dalam wajan saat belum mengeras karena kue akan hancur.

Kue Tali

Bahan – Bahan :

  • Tepung terigu 200 gr
  •  70 gr gula halus
  • Telur 1 butir
  • 1 sendok makan santan instan
  • Margarin 30 gr
  • Baking powder 1/4 sendok teh
  • 1/4 sendok teh baking soda
  • Garam 1/2 sendok teh

Cara Membuat :

  • Dalam wadah, campur gula halus, telur dan santan. Aduk rata menggunakan whisk/alat pengocok.
  • Masukkan tepung lalu uleni hingga rata.
  • Masukkan margarin. Uleni lagi hingga kalis. Gumpalkan adonan lalu tutup dengan plastik wrap. Istirahatkan selama 20menit.
  • Ambil adonan lalu gilas tipis sekitar ketebalan ½ cm dengan rollingpin/alat penggilas. Potong-potong dengan lebar ½ cm dan panjang 20 cm.
  • Ambil selembar adonan lalu pegang dua ujungnya dengan kedua tangan. Pelintirkan ke arah berlawanan lalu satukan kedua ujungnya sambil ditekan/direkatkan (agar tidak mudah lepas saat digoreng). Lakukan hingga adonan habis.
  • Panaskan banyak minyak. Goreng kue tambang dengan api sedang-kecil hingga matang dan berwarna kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Dinginkan.
  • Siap disajikan atau disimpan dalam wadah kedap udara.

Tips

  • Gunakan api sedang cenderung kecil agar kue matang merata sehingga kue menjadi renyah dan awet.
  • Harus terus diperhatikan terus kuenya agar tidak gosong.

Demikian dari saya, bila anda belum berhasil, jangan putus asa terus optimis, dan mencoba lagi sampai menjadi maksimal.  semoga bermanfaat, terima kasih dan selamat mencoba.

Cara Membuat Mie Ayam Kampung yang Super Spesial !

Cara Membuat Mie Ayam Kampung. Kuliner menengah yang begitu populer di nusantara ini. karna mie ayam memiliki banyak sekali peminatnya, hal ini menjadi peluang bisanis yang menjanjikan. jadi, jika mempunyai kemampuan membuat mie ayam, merupakan anugrah yang menjanjikan untuk peluang usaha.
Selain itu, jika sebelumnya kita membeli mie ayam agar bisa merasakan kesedapannya, mungkin dilain waktu kita bisa memanjakan lidah dengan mie ayam buatan sendiri. jika tidak tau caranya, silahkan peljari saja resep mie ayam karna bisa anda baca baik di majalah ataupun diinternet.
Aneka Bumbu dan Cara Membuat Mie Ayam Kampung Spesial

Bahan Utama Mie Ayam Kampung

  1. 1/2 kg Mie ayam telur (siap jadi)
  2. 100 ml Minyak ayam
  3. 300 gr Daging ayam, rebus lalu potong kotak2
  4. 3a sdm Kecap manis
  5. 2 sdm Kecap Inggris
  6. 2 batang Daun bawang
  7. Caisim, bumbu Penyedap, bawang goreng
  8. 100 ml Kecap asin

Bumbu

  1. 3 siung bw. putih
  2. 5 siung bw. merah
  3. 1 sdt ketumbar
  4. 3 cm kunyit
  5. 4 butir kemiri
  6. 3 cm jahe

Bahan Kaldu

  1. ½ sendok teh lada bubuk
  2. 2 liter air
  3. ½ kg tulang ayam
  4. ½ sendok teh garam

Minyak Ayam

  1. kulit ayam & lemaknya
  2. 2 siung bawang putih (memarkan)

Cara Membuat Bumbu dan Cara Membuat Mie Ayam Kampung Spesial

Cara Membuat Kaldu Ayam

  1. Panaskan 2 liter air.
  2. Masukan tulang ayam ke dalam air rebusan.
  3. Tambahkan ½ sendok teh garam dan ½ sendok teh lada bubuk ke dalam rebusan. Tunggu hingga mendidih.

Cara Membuat Minyak Ayam

  1. Ambil kulit ayam dan lemaknya yang sebelumnya dipersiapkan,
  2. Letakan di atas penggorengan kemudian panaskan dengan api kecil.
  3. Tambahkan 2 siung bawang putih yang sudah dimemarkan.
  4. Panaskan dan tunggu hingga minyak keluar dari daging dan kulit ayam.
  5. Cara Membuat Tumis Bumbu
  6. Haluskan semua bumbu yang disiapkan dengan menggunakan blender ataupun di ulek dengan cara tradisional.
  7. Siapkan wajan dan panaskan.
  8. Tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga harum.
  9. Masukkan ayam kedalam tumisan lalu tumis hingga bumbu hingga menyerap dan tercium aroma harum.
  10. Tambahkan sedikit penyedap, lalu angkat.

Cara Membuat Mie Ayam

  1. Masukkan bumbu antara lain, 2 sendok makan minyak ayam kedalam mangkok bersama dengan ¼ sendok teh penyedap rasa.
  2. Rebus Mie & sawi hijau hingga matang, kemudian angkat.
  3. Masukkan Mie dan sawi hijau ke dalam Mangkok, kemudian aduk bersama dengan bumbu hingga merata.
  4. Tambahkan tumisan ayam di atas mie ayam anda.
  5. Taburkan bawang goreng sebagai pelengkap.
  6. Sajikan selagi hangat bersama dengan sambal atau pangsit sesuai selera anda.

Demikian aneka bumbu dan cara membuat mie ayam kampung spesial yang bisa anda buat dan aplikasikan di rumah masing-masing. Dengan bumbu dan resep makanan yang sangat mudah ini membuat anda tidak perlu lagi khawatir terhadap kualitas serta keamanan bahan yang digunakan sebagai bahan pembuat mie ayam. Sehingga anda lebih merasa aman dan nyaman ketika menikmati olahan mie ayam kesukaan anda.

Semoga Artikel ini bisa membantu anda untuk membuat mie ayam sendiri di rumah dan bisa merasakan nikmat dan lezatnta mie ayam ini.

Terimakasih.

Tips & Trik Cara Membuat Mie Basah yang Spesial !

Cara Membuat Mie basah – Kita semua sudah mengenal cukup lama yang namanya mie basah, namun kami belum pernah membuatnya sendiri. Kini saya akan coba untuk membuat mie basah dirumah sendiri sehingga saya tidak harus lagi membeli lagi.

Dengan membuat mie basah sendiri tentu anda tau bahan yang dibutuhkannya dulu dan  saya akan membagikan pada artikel kali ini. Mie basah memang sudah banyak dinikmati oleh semua orang karena mie basah biasa digunakan untuk membuat mie ayam.

Cara Membuat Mie

Mie basah ini tentu memiliki ciri khas teksturnya yang begitu kenyal dan sangat cocok dengan lidah kita. Selain itu, untuk membuat mie basah juga tidak begitu sulit.

Bagi anda yang ingin mengetahui proses membuat mie basah anda dapat membacanya di artikel berikut ini. Saya akan membagikan lengkap dari bahan dan cara membuatnya.

Sejarah Mie

Sejarah Mie Doc, Makanan berbentuk adonan tipis panjang yang telah digulung, dikeringkan dan dimasak dalam air mendidih ini merupakan salah satu makanan popular di kawasan Asia. Mie diperkirakan telah ada sejak 4.000 tahun lalu. Namun sejarah asal usul mie masih simpang siur.  Bangsa Italia, Cina dan Arab masing-masing mengklaim sebagai pencipta mie.

Menurut sejarah, mie pertama dibuat di daratan Cina saat zaman Dinasti Han pada tahun 25-200 AD. Mie kemudian berkembang ke negara-negara Asia Tenggara seperti Jepang, Korea dan Taiwan. Tak berhenti sampai di situ, setelah Marco Polo berkunjung ke Cina, ia membawa serta mie pulang ke Eropa sebagai oleh-oleh. Pada perkembangannya, mie yang dibawa Marco Polo ke Eropa berubah menjadi pasta seperti yang kita tahu saat ini.

Bagi bangsa Cina, mie adalah simbol kehidupan yang panjang. Bentuknya yang panjang dan tidak mudah putus adalah gambaran harapan umur panjang. Karenanya mie sering dijadikan sajian wajib pada acara ulang tahun atau tahun baru, sebagai lambang umur panjang. Mie digunakan sebagai pengganti kue ulang tahun di China.

Lain lagi dengan China, Jepang menjadikan mie sebagai teman minum teh. Tradisi minum teh di Jepang telah menjadi seni tersendiri bagi bangsa tersebut. Upacara minum teh dan membuat mie sudah bagian budaya di Jepang. Mie bahkan menjadi hal penting di Jepang setelah Perang Dunia II berakhir. Pasokan makanan yang sedikit membuat mie jadi primadona sebagai pengganjal perut masyarakat Jepang saat itu.

Cara Membuat Mie

Tidak perlu kuwatir dengan bahan yang digunakan, karena selain banyak terdapat dipasaran, bahan-bahannya juga termasuk bahan-bahan yang sehat. Sehingga memang cocok untuk dikonsumsi.

 

Bahan – Bahan :

  • tepung terigu ½ kg
  • air 20 ml
  • 20 ml air soda tawar
  • garam secukupnya
  • telur ayam 3 butir
  • 110 ml air

Cara Membuat Mie :

  • Masukkan telur kedalam wadah untuk membuat adonan
  • Kocok dengan air soda yang disiapkan dengan mixer sampai merata
  • Taburkan tepung terigu diatas tempat yang datar
  • Lalu beri lubang pada bagian tengahnya
  • Kocokan telur tadi dimasukan kedalam lubang tepung sambil diuleni hingga rata
  • Masukkan juga semua bahan yang lainnya dan uleni terus sampai membentuk adonan yang sesungguhnya
  • Masukkan adonan kedalam kain bersih warna putih dan tutup rapat lalu ditekan-tekan selama 25 menit
  • Taburi dengan tepung terigu adonan mie yang sudah ditekan-tekan supaya tidak lengket lalu adonan ditipiskan
  • Siapkan alat untuk menggiling mie kemudian masukkan adonan tipis kedalam gilingan
  • Giling adonan dengan gilingan yang membentuk mie lalu mie siap digunakan untuk membuat makanan enak

Baca juga : cara membuat minyak kelapa

Itulah Cara untuk membuat mie kenyal. Semoga artikel tadi bermanfaat, sekian dari saya terima kasih. SELAMAT MENCOBA…!

 

 

Disini Tempatnya! Cara Bikin Roti Tawar Goreng

Cara Bikin Roti – Roti merupakan sumber karbohidrat yang terbuat dari bahan terigu, pengembang/ yeast, lemak, gula dan garam telah ada sejak ribuan tahun lalu. Cikal bakal roti berasal dari bangsa Mesir Kuno.

Namun pada zaman tersebut roti masih dibuat dengan cara yang sederhana sehingga bentuk dan rasanya tentu berbeda dengan roti saat ini.

Pada abad pertengahan, evolusi roti telah mencapai puncaknya, terutama di Benua Eropa. Pada saat itu cita rasa roti sudah sama seperti yang kita temukan saat ini, begitu juga dengan bentuk dan variasinya.

Cara Bikin Roti

Roti adalah salah satu hidangan kuno, dan mungkin yang paling penting posisinya khususnya pada waktu sarapan. Nutrisi lengkap dan baik jadi pengganti asupan setelah makan malam sebagai input berakhir 8 jam sebelumnya. Roti adalah sumber karbohidrat yang dirubah jadi energi dengan kandungan rendah lemak

Punya persediaan roti tawar cukup banyak, tapi bosen kalo cuma dioles selai doang….mumpung temanya lagi suka bikin snack yang serba digoreng, jadi pengen bikin Resep Roti Tawar Goreng aja….ntu roti digoreng dengan isian sayur plus makaroni, bikinnya guampang…yang jelas gak seribet risoles (lagi-lagi).

Ide bikinnya sih sebenarnya dari tabloid Saji cuma lupa edisi kapan, cuma yang dingget cara mbuatnya tentang isian suka-suka kita aja.

 

Cara Bikin Roti Tawar Goreng

Cara Bikin  Roti tawar goreng ini hampiiiir sama dengan bikin snack goreng yang sebelumnya (risoles, lumpia, dan kroket), beda di teknik ngelipet roti tawarnya aja. Untuk isian aku pake isian di Resep Kroket Kentang, cuma bedanya kentangnya kuganti makaroni (karena anakku seka banget makaroni)

Bahan :

  • 10 lembar roti tawar tanpa kulit
  • 200 ml susu UHT plain
  • 100 gram wortel potong kotak2 kecil
  • 100 gram makaroni rebus
  • bawang perai 1 batang, iris tipis
  • seledri 1 tangkai, iris tipis
  • bawang putih 2 siung, cincang
  • bawang merah 4 butir, cincang
  • garam secukupnya
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1/4 sdt pala bubuk
  • tepung terigu protein sedang 75 gram
  • telur ayam 2 butir, kocok lepas
  • tepung panir 75 gram

 

Cara Membuat Roti Tawar Goreng:

  • Potong roti tawar menjadi 2 bagian secara diagonal (jika mau ukuran kecil)
  • Celupkan roti pada susu (asal basah aja), setelah itu masukkan 1 sendok teh adonan isi, tutup roti sehingga menjadi bulat.
  • Setelah itu, tumis bawang putih dan bawang merah. Tambahkan bahan isi lainnya, masak sambil diaduk hingga matang. Angkat dan sisihkan.
  • Ambil campuran kentang secukupnya, pipihkan. Letakkan 1 sdt adonan isi, bentuk bulat lonjong. Lakukan hingga adonan habis.
  • Gulingkan bulatan kentang di atas terigu hingga rata. Celup dalam telur, angkat dan gulingkan di atas tepung panir hingga rata.
  • Simpan adonan yang sudah jadi dalam lemari es kurang lebih 30 menit (supaya tepung panir menempel dan tidak gampang lepas waktu digoreng)
  • Panaskan minyak, goreng hingga kuning kecokelatan. Angkat dan tiriskan.

 

Jangan lupa bagi beberapa yang memiliki alergi, roti tidak disarankan untuk dikonsumsi. Roti dapat mengandung garam/sodium tinggi, perhatikan jumlah asupan jika sedang dalam program diet untuk kesehatan.

Baca juga : manfaat minyak kelapa

Juga mengandung gluten yang memberi kelembutan dan kekenyalan dari tekstur roti, akan memicu alergi bagi mereka yang sensitif. Selalu perhatikan label informasi produk yang tercantum dalam kemasan untuk mengetahui kadar atau bahan yang digunakan.

Roti yang diproduksi masal terkadang diberi tambahan seperti pemutih, tepung kedelai dan karamel. Pilihan lain untuk hasil optimum dari kebaikan roti adalah jenis organik yang sekarang banyak tersedia dipasar.

 

Resep Bakso Tahu Sederhana Tapi Enak Gurih dan Lezat

Resep Bakso Tahu Sederhana Tapi Enak Gurih dan Lezat– Bakso adalah makanan dari Indonesia yang terbuat dari campuran tepung tapioka dan daging sapi giling, meski ada beberapa orang menggantinya dengan daging ayam, ikan,atau bahkan udang untuk menggugah selera makan.

Bakso sendiri sudah terkenal di seluruh plosok negeri. Satunya yaitu kota yang terkenal akan baksonya tapi bukan rasanya adalah bakso malang, penjual bakso malang keliling ataupun yang mangkal sangatlah banyak di kota-kota di Indonesia.

Bakso yang pada umumnya terbuat dari tepung tapioka dengan campuran daging, sekarang sudah ada variasinya, yaitu dengan campuran tahu kuning.

Biasanya orang membuat bakso tahu untuk mengurangi pengeluaran dan ingin merasakan perbedaan makan bakso dari biasanya. Selain itu, bakso tahu juga bisa memenuhi keinginan makan bakso ketika harga daging sedang mahal.

resep bakso tahu

Resep Bakso Tahu Gurih Lezat

Resep bakso tahu berkuah dibuat dengan cara dikukus. Ada juga bakso tahu yang digoreng, namanya Batagor atau kepanjangan dari bakso tahu goreng.

Terdengar mirip, tapi citarasa dan sensasi ketika menyantapnya jelas beda. Orang lebih suka makan bakso berkuah karena menyegarkan, apalagi didampingi es teh manis.

Berikut ini resep bakso tahu yang bisa Anda coba di rumah.

Bahan-Bahan Yang Harus Anda Siapakan Untuk Membuat Bakso Tahu :

  • 10 buah tahu goreng atau secukupnya saja sesuai kebutuhan
  • 100 gram tepung terigu
  • 250 gram tepung kanji atau tapioka
  • 1 sendok teh baking soda
  • Lada atau merica, garam, dan penyedap rasa secukupnya
  • Bawang putih 5 siung
  • 3 batang daun bawang
  • Air secukupnya
  • Kaldu bakso secukupnya
  • 350 ml kaldu ayam
  • Kaldu ayam bubuk secukupnya

Bumbu Pelengkap:

  • 150 gram mie, telur
  • Daun seledri, bawang goreng, kecap manis, dan saus tomat secukupnya

Cara Membuat Bakso Tahu:

  1. Pertama-tama buat adonan tahu dahulu. Kemudian campurkan semua bahan adonan tahu (kecuali tahu gorengnya), aduk sampai kalis. Lalu masukkan adonan tahu ke dalam tahu goreng, kukus dalam 30 menit.
  2. Sambil menunggu bakso matang, Anda bisa membuat kuah baksonya terlebih dahulu.
  3. Kemudian rebus kaldu ayam bersama sedikit garam. Masukkan pula kaldu ayam bubuk secukupnya, rebus sampai mendidih. Kemudian, kecilkan apinya agar kuah tetap hangat ketika dihidangkan.
  4. Selanjutnya, Anda rebus mie telur sampai lunak.
  5. Sediakan sebuah mangkuk, mie telor rebus taruh di dalamnya bersama daun kol (pelengkap).
  6. Jika bakso tahu sudah matang selanjutnya kita kuskus, kemudian letakkan di atas mie telor ke dalam mangkok.
  7. Kemudian siram dengan kuah bakso yang telah dibuat, beri pelengkap yang sudah diiris-iris.
  8. Selagi masih hangat, sajikan dan nikmati. Sebelumnya, jangan lupa beri kecap manis dan saus tomat sesuai selera.

Bagaimana mudah bukan? Itu tadi resep bakso tahu yang bisa saya bagikan semoga bermanfaat terima kasih…selamat mencoba…

Ketahuilah Cara Menyimpan Dokumen Berharga Di Safe Deposit Box

Cara Menyimpan Dokumen Berharga Di Safe Deposit Box – Dokumen berharga biasanya terbuat dari bahan kertas yang bisa rusak, misalnya sertifikat tanah, ijazah atau surat-surat berharga lainnya.

Ada berbagai macam penyebab yang dapat membuat dokumen-dokumen dari bahan kertas ini rusak, mulai dari suhu, rayap, terkena matahari langsung dan lain sebagainya.

Berikut ini tips dan cara menyimpan dokumen berharga di safe deposit box yang bisa Anda coba sendiri dirumah.

Cara Menyimpan Dokumen Berharga Di Safe Deposit Box

cara menyimpan dokumen berharga di safe deposit box

Safe Deposit Box adalah suatu wadah atau kotak penyimpanan harta atau surat berharga, yang biasanya ditempatkan pada suatu ruang khazanah yang  dirancang secara khusus dari bahan baja yang kokoh, tahan bongkar dan tahan api.

Tujuannya untuk menjaga keamanan barang yang disimpan dan kenyamanan penggunanya. Kotak simpanan atau SDB ini biasanya berada di bank, kantor pos atau institusi lainnya.

Kotak simpanan ini umumnya digunakan untuk menyimpan perhiasan atau logam mulia, mata uang asing, dokumen penting, penyimpanan data komputer yang perlu dilindungi dari pencurian, kebakaran, banjir dan lain lain.

Umumnya penyewa atau nasabah membayar sejumlah biaya kepada bank sebagai biaya sewa kotak tersebut, yang hanya dapat dibuka dengan kombinasi kunci khusus, tanda tangan yang valid dari penyewa, dan mungkin kode-kode tertentu yang ditetapkan oleh bank.

Beberapa bank bahkan menggunakan fasilitas keamanan dual – kontrol biometrik untuk melengkapi prosedur keamanan konvensional yang sudah ada.

Kegunaan Safe Deposit Box

1). Untuk menyimpan surat-surat berharga dan surat-surat penting seperti sertifikat-sertifikat, saham, obligasi, surat perjanjian, akte kelahiran, ijazah, dan lain-lain.

2). Untuk menyimpan benda-benda berharga seperti emas, berlian, mutiara, intan, dan lain-lain.

Keuntungan Safe Deposit Box (Kotak Penyimpanan)

1). Aman.

Ruang penyimpanan yang kokoh dilengkapi dengan sistem keamanan terus menerus selama 24 jam. Untuk membukanya diperlukan kunci dari penyewa dan kunci dari bank. 

2). Fleksibel.

Tersedia dalam berbagai ukuran sesuai dengan kebutuhan penyewa baik bagi penyewa perorangan maupun badan.

3). Mudah.

Persyaratan sewa cukup dengan membuka tabungan atau giro (ada bank yang tidak mensyaratkan hal tersebut, namun mengenakan tarif yang berbeda).

Contoh Dokumen Berharga

1. Akta Kelahiran

Merupakan sebuah bukti kelahiran yang berisikan keterangan kelahiran seseorang. Akta berisikan nama anak, hari dan tanggal dan tempat lahir anak, nama orang tua dan juga kota/kabupaten tempat akta kelahiran ini di buat. Setiap anak harus memiliki akta kelahiran.

2. Ijazah

Merupakan adalah tanda bukti lulus sekolah yang disebut juga Surat Tanda Tamat belajar (STTB). Ketika kalian lulus TK kalian mendapatkan ijazah TK. Nanti saat kalian lulus dari SD/MI makan kalian akan mendapatkan ijazah SD/MI.

Ijazah digunakan untuk melanjutkan sekolah dan juga berguna untuk melamar pekerjaan. Ijazah merupakan dokumen penting yang harus disimpan dengan baik

3. Buku Rapor

Apa kalian punya buku rapor? Buku rapor berisi laporan hasil belajarmu. Kalian dapat melihat nilai setiap mata pelajaran. Buku rapor dibagikan setiap akhir semester. Buku rapor adalah dokumen penting.

Apakah rapor kelas satumu bagus? Sekarang kalian harus rajin belajar. Agar nilai di rapormu lebih bagus. Jika rajin belajar nilai rapor akan bagus. Jika malas nilai rapor akan jelek

4. Kartu Keluarga

cara menyimpan dokumen berharga di safe deposite box

Kartu Keluarga atau KK adalah dokumen yang dimiliki setiap keluarga. Dalam KK terdapat informasi seluruh anggota keluarga. Yang tertulis paling atas biasanya adalah kepala keluarga.

Dalam KK terdapat informasi tanggal lahir, pekerjaan dan agama anggota keluarga. KK dibuat oleh kantor kecamatan. Dalam KK terdapat tanda tangan kepala keluarga dan juga camat.

5. Sertifikat Tanah

Sertifikat atau akta tanah adalah dokumen milik keluarga yang menunjukkan bukti kepemilikan sebidang tanah. Akta tanah ini dikeluarkan oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Itulah beberapa tips dan cara menyimpan dokumen berharga di safe deposit box serta beberapa contoh dokumen berharga. Simpanlah dokumen tersebut dengan baik karena sangat berguna untuk kedepannya, untuk tempat penyimpanan lain Anda menyimpannya di brankas.

Disini Tempatnya! Cara Membuat Kue Mentega Kacang yang Enak

Kue Mentega Kacang – Anda lagi mencari resep tentang kue kering, pas banget dengan artikel yang anda lihat ini. saya akan berbagi tips dan resep tentang pembuatan salah satu jenis kue kering yaitu Kue Mentega Kacang. Bisa anda jadikan resep kami ini sebagai solusi untuk anda bisa mempraktekkannya.

Kue mentega kacang ialah salah satu kue kering yang  memiliki rasa enak dan gurih, kue kacang mentega ini terbuat dari campuran bahan adonan seperti tepung terigu, kacang, baking powder, gula serta bahan campuran yang lainnya.

Cara Membuat Kue Mentega Kacang yang Enak

Sebelum diolah kacang tanah dihaluskan terlebih dahulu, biasnya kita sering menikmati kue ini ketika hari lebaran. Karena memang kue kacang mentega ini salah satu kue khas lebaran, namun anda bisa kok menikmati kue kacang mentega ini disaat hari-hari biasanya untuk dijadikan cemilan ringan dirumah.

 

Apalagi anda sedang membutuhkan resepnya, nah untuk itu anda bergegaslah menyiapkan semua bahan yang digunakan sampai kecara-cara membuatnya. Akan kami ulaskan dibawah ini mulai dari bahan-bahan yang digunakan sesuai takaran, dan langsung untuk kecara-cara membuatnya.

Berikut ini kita simak dengan cara membuat kue mentega kacang enak dan gurih, sebagai panduan untuk anda supaya bisa membuat kue tersebut memiliki rasa yang enak dan gurih.

Bahan – Bahan :

  • Kacang tanah 140 gr, dikupas lalu disangrai kemudian diblender kasar
  • Tepung terigu berprotein rendah 140 gr
  • Pasta kacang 120 gr
  • Susu bubuk 1/2 sendok makan
  • Baking powder 1/4 sendok teh
  • Minyak goreng 100 ml
  • Gula halus 125 gr
  • Tepung maizena 30 gram
  • Garam 1/4 sendok teh
  • Telur kuning 2 butir dicampur dengan mentega 1 sendok makan

Berikut Cara – Cara Membuat Kue Mentega Kacang :

  • Siapkan wadah lalu masukakn tepung maizena, tepung terigu, susu bubuk, vanili, baking powder serta garam lalu diaduk sampai merata.
  • Siapkan wadah lagi lalu maskkan pasta kacang serta gula bubuk dan diaduk sampai lembut.
  • Berikutnya campurkan campuran pasta kacang dengan campuran tepung dan diaduk sampai merata, kemudian masukkan kacang tanah dan diaduk sampai merata.
  • Ambil secukupnya adonan dan bentuk pipihkan adonan dengan ketebalan 0,5 cm, kemudian bentuk menggunakan alat khusus untuk membuat kue kering atau sesuai selera. Lakukanlah sampai adonan habis.
  • Siapkan loyang yang sudah diolesi margarin lalu taruh dan tata adonan yang sudah dibentuk, kemudian olesi bagian atas adonannya dengan mentega.
  • Pangganglah kue kacang kedalam oven selama 30 menit, angkat dan biarkan sampai dingin siap untuk disajikan.

Demikian dari saya, bila ada salah kata mohon maaf, semoga artikel ini membantu. SELAMAT MENCOBA

Cara Menabung Dengan Cepat Untuk Membeli Smartphone Canggih

Cara Menabung Dengan Cepat Untuk Membeli Smartphone – Handphone atau yang lebih dikenal dengan sebutan Smartphone adalah salah satu kebutuhan yang penting bagi seseorang baik di kota besar maupun kota kecil.

Smartphone sudah menjadi kebutuhan primer untuk penduduk di kota-kota besar maupun kota-kota kecil di Indonesia dan dunia.

Seperti yang kita tahu bahwa ada banyak cerita menginspirasi sampai menyedihkan dari berbagai negara tentang bagaimana cara orang orang memperoleh smartphone yang diinginkan.

Tujuan seseorang membeli smartphone berbeda-beda, ada yang karena fungsinya, ada yang karena gaya. Banyak dari masyarakat yang rela berhutang demi mendapatkan smartphone keluaran terbaru.

Bahkan tak jarang dari mereka yang membeli smartphone dengan harga mahal melebihi gaji bulanannya. Jadi sebelum membeli, ada baiknya Anda mempertimbangkan beberapa hal berikut ini sebagai cara menabung dengan cepat untuk membeli smartphone.

Cara Menabung Dengan Cepat Untuk Membeli Smartphone

cara menabung dengan cepat untuk membeli smartphone

1. Harga jual gadget cepat turun

Banyak yang lupa ketika membeli gadget terbaru dengan harga di luar kemampuan, namun ketika dijual lagi harganya turun drastis. Jadi Anda jangan hanya memikirkan sisi bagusnya saja, tapi juga sisi buruknya.

Hal ini bisa dijadikan bahan pertimbangan bagi Anda yang penggila gadget dan cepat bosan sehingga sering gonta ganti smartphone untuk tidak  berutang.

Besar kemungkinannya justru smartphone harga terjangkau bisa sesuai dengan kebutuhan Anda. Tentunya hal ini membantu tabungan Anda lebih cepat terpenuhi untuk membeli smartphone.

2. Manfaat atau gaya?

Pahami dulu pemikiran ini. Membeli smartphone karena manfaat atau gaya? Sebaiknya sebelum membeli, pastikan dulu ada fitur apa saja di dalamnya. Jangan sampai membeli yang terlalu canggih namun tidak semua fitur terpakai dengan maksimal.

Tentunya semakin canggih smartphone, semakin mahal pula harganya. Jadi kalau ternyata Anda tidak memerlukan fitur yang terlalu canggih, maka harganya pun terjangkau dan menabung bisa jadi lebih cepat.

3. Sabar dan sabar

Setelah memahami kalau membeli smartphone sesuai dengan kebutuhan Anda, sekarang saatnya Anda bersabar untuk menabung beberapa bulan ke depan. Setelah uang terkumpul, Anda bisa membelinya dengan tunai.

Sekali lagi Anda perlu tekankan untuk menjadi mind set bahwa membeli smartphone sesuai kebutuhan dengan harga terjangkau.

4. Beli smartphone murah untuk ‘beli’ yang mahal

Maksudnya, membeli smartphone yang biasa-biasa saja misalkan harganya antara 500 ribu – 700 ribu. Tujuannya misalkan untuk berbisnis online shop.

Nantinya akan terkumpul banyak uang untuk tukar tambah smartphone yang lebih bagus atau bahkan jadi bisa punya dua smartphone. Cara menabung ini memang membutuhkan modal namun sisi positifnya bisa memiliki bisnis online shop yang berkelanjutan.

5. Beli barang, bukan ‘beli bunga’

cara menabung dengan cepat untuk membeli smartphone

Tentunya banyak sekali tawaran menggiurkan dengan bunga nol persen. Pastikan benar-benar tanpa bunga ataukah ada biaya administrasi. Jadi Anda harus teliti jika tergiur membeli smartphone dengan cicilan tanpa bunga.

Contoh, cari tahu berapa persen biaya administrasi untuk cicilan dan bandingkan untuk pembelian tunai. Jika misalkan biaya administrasi mencapai 5 persen dari harga tunai produk senilai 3 juta, maka itu termasuk mahal.

Jika beli tunai dengan diskon, sebetulnya itulah harga sebenarnya. Beda lagi kalau beli tunai tanpa biaya administrasi dan tanpa diskon, silakan Anda pertimbangkan karena memudahkan dan menguntungkan.

6. Rela berkorban

Seperti bersedia memotong biaya makan, nonton, hang out sampe dengan 50 persen. Kalau lagi mau sesuatu atau mau liburan, di pending dulu. Toh hanya untuk beberapa bulan, bukan seterusnya. Tentunya akan ada penambahan uang untuk ditabung setiap minggu atau setiap bulan.

7. Jangan sia-siakan sisa

Setelah menghitung seluruh pengeluaran bulanan, jika masih ada sisa uang dari gaji sebaiknya transfer ke rekening bank Anda yang lain. Meski terdengar sisa, namun kalau jumlahnya sekitar 200 – 300 ribu, maka bisa dibilang layak untuk ditabungkan.

Itulah beberapa tips dan cara menabung dengan cepat untuk membeli handpone. Jangan lupa untuk menyimpan uang tabungan Anda ke dalam brankas untuk menghindari dari kehilangan.

Cara Membuat Keripik Terong Ungu

Cara Membuat Keripik Terong Ungu. Keripik atau kripik adalah sejenis makanan ringan berupa irisan tipis dari umbi-umbian, buah-buahan, atau sayuran yang digoreng di dalam minyak nabati. Untuk menghasilkan rasa yang gurih dan renyah biasanya dicampur dengan adonan tepung yang diberi bumbu rempah tertentu.

 

Cara Membuat Keripik Terong Ungu

 Berikut 5 Cara Membuat Keripik Terong Ungu :

# Keripik Terong renyah

keripik terong merupakan cemilan sehat dan murah pula.

Bahan-bahan

  1. 2 buahterong ungu sedang
  2. 1/4 kgtepung beras
  3. 1 butirbawang putih (haluskan)
  4. sepucuk sdtketumbar bubuk
  5. 1 sdtgaram/ secukupnya
  6. 150 mlair/ secukupnya
  7. secukupnyaminyak goreng

Langkah

Potong terong tipis – tipis.

  1. Campurkan tepung, bawang putih, ketumbar, dan garam. Masukkan sedikit demi sedikit air hingga kekentalannya pas. Jangan terlalu encer ya.
  2. Masukan potongan terong dalam adonan tepung.
  3. Goreng dengan minyak panas hingga menguning. Tiriskan dan biarkan uapnya menghilang.
  4. Terong siap dinikmati. Bila ingin tetap renyah, masukkan dlm toples/ wadah tertutup.

 

# Keripik terong crispy

Makanan favorit saya dan teman2

Bahan-bahan

5 porsi

  1. 500 gramterong ungu, di iris bentuk kerupuk
  2. 200 gramtepung terigu
  3. 50 gramtepung jagung
  4. 1/2 sdttepung custard
  5. 1 butirtelur ayam
  6. 1 sdmmargarin
  7. 1500 mlminyak sayur
  8. 150 mlair
  9. garam dan penyedap rasa

Langkah

30 menit

  1. Cuci bersih terong yang sudah di iris,
  2. Campurkan tepung terigu, tepung jagung, tepung custard, margarin, telur ayam, garam, dan penyedap rasa.
  3. Aduk hingga tercampur semua hingga rata, lalu tuangkan air aduk hingga kental.
  4. Masukkan terong yang telah di iris. Aduk rata hingga tercampur semua.
  5. Panaskan minyak sayur, goreng terong hingga berubah warna kuning keemasan. Angkat dan tiriskan.
  6. Dan terakhir sajikan dengan saus kesukaan anda

 

# Keripik terong

Bahan-bahan

  1. 5 bhterong
  2. 5 sdmtepung beras
  3. 3 sdmtepung terigu
  4. 500 mlair untuk merendam

bumbu:

  1. 4 siungbawang putih
  2. 1 sdmgaram
  3. 1 sdtketumbar
  4. 2 lembardaun jeruk

 

Langkah

  1. Uleg semua bumbu
  2. Masukkan dlm wadah tambah air
  3. Potong terong tipis2, sy menggunakan parutan khusus membuat kripik
  4. Rendam terong 10 menit
  5. Angkat tiriskan smpai airny habis
  6. Tabur dgn tepung terigu dan tepung beras sedikit2 saja/tipis2
  7. Goreng hingga kering
  8. Angkat, sajikan

 

# Onion ring kriuk dan terong ungu yummy

Pas lagi ujan pengen yang anget” dan gurih

Bahan-bahan

  1. secukupnyaTepung terigu
  2. 1 butirtelur (kocok)
  3. 1 bungkusroyco ayam
  4. secukupnyaGaram
  5. secukupnyaTepung beras
  6. Terong ungu
  7. Bawang bombay
  8. Minyak goreng

Langkah

  1. Iris terong tipis dan bawang bombay potong melingkar jangan sampai putus
  2. Rendam potongan terong dan bawang bombay ke air yang sudah diberi sedikit royco ayam
  3. Lalu campurkan tepung terigu 1/4 dan tepung beras 5 sendok makan (sisihkan terlebih dahulu)
  4. Kocok telur lalu kemudian celupkan potongan terong dan bawang bombang
  5. Kemudian gulingkan ke tepung terigu yg sudah di campur tepung beras
  6. Setelah itu goreng dalam minyak panas dan biarkan sampai menguning lalu siap disajikan

 

# Terong ungu crispy

Lagi kangen makan terong, kebetulan dirumah ada sepupuh yang nginep, kalau mau di sambal si sepupuh ngak kuat pedas, eh tahunya dia juga ngak suka terong, tetap nekat bikin, di buat jadi crispy pas udah jadi, si sepupu yang ngak suka terong itu mau nyobain katanya penampilannya mengiurkan banget, pas si sepupuh coba agak deg-deg juga takut dia mual, eh tahunya di senyum , enak katanya kayak jamur crispy malah minta nambah hehehehe

Bahan-bahan :

  1. 2 buahterong ungu
  2. 5 sendok makantepung terigu
  3. secukupnyaTepung roti
  4. 1/2 sendok tehgaram
  5. Air

Langkah :

  1. Iris terong ungu sesuai selera
  2. Buat larutan tepung terigu yang terdiri dari 5 sendok makan tepung terigu,1/2 sendok teh garam di campur air, jangan terlalu kental ataupun encer ya
  3. Celupkan irisan terong ke larutan tepung terigu tadi kemudian balurkan di tepung roti
  4. Goreng di minyak panas dengan api kecil

 

Demikian yang bisa saya sampaikan. Selamat mencoba….

 

« Older posts Newer posts »

© 2017 Belajar dan Berbagi

Theme by Anders NorenUp ↑