Olahan dari Bawang Dayak-Bawang dayak adalah tanaman yang dapat tumbuh pada daerah yang memiliki ketinggian 600 sampai 1500 mdpl. Tanaman ini biasanya tumbuh liar di hutan yang gelap dan lembab. Memiliki daun yang berbentuk pita dengan panjang kurang lebih 20 cm yang hampir mirip dengan tanaman palem. Bunganya mempunyai lima kelopak yang berwarna putih dan tumbuh pada saat gelap saja.

Olahan Dari Bawang Dayak

olahan dari bawang dayak

Cara Mengolah Bawang Dayak


Banyak berbagai cara untuk mengolah yang dapat dilakukan untuk mengkonsumsi bawang dayak. Berbagai macam cara pengolahan ini akan memberi khasiat yang tidak berbeda jauh, hanya menyesuaikan dengan selera dan kebutuhan saja.

  • Seduh dengan air

Pertama-tama, irislah 1 siung bawang dayak. Lalu masukanlah ke dalam gelas yang berisi air panas, aduklah sampai merata, lalu minumlah. Agar lebih efektif lagi maka konsumsilah secara teratur.

Atau dengan merebus irisan bawang dayak dengan air 1 gelas. Akan tetapi pastikan pada saat merebus  dengan menggunakan api kecil dan jangan sampai mendidih. Jika mendidih, maka berbagai senyawa yang berada dalam bawang dayak akan rusak.

  • Serbuk

Cara lain adalah dengan membuat bawang dayak menjadi serbuk agar awet dan nutrisi yang dikandung tidak berkurang. Caranya, cuci hingga bersih beberapa siung bawang dayak lalu iris tipis-tipis. Setelah itu keringkan dengan cara  diangin-anginkan tanpa terkena sinar matahari. Apabila dianginkan, maka irisan tersebut akan mengering dalam waktu 2 sampai 3 hari.

Setelah kering, giling irisan bawang dayak hingga menjadi serbuk. Serbuk dapat dikonsumsi dengan membuatnya  kapsul atau diseduh langsung dengan air panas.

 

  • Manisan

Manisan juga dijadikan sebagai cara lain yang dapat dicoba untuk mengolah bawang dayak. Pertama irislah lalu cucilah hingga bersih setelah itu potonglah dengan ketebalan kurang lebih 1 sampai 2 mm. Kemudian rebuslah irisan selama 5 menit.

Tahap selanjutnya buatlah larutan air dan gula dengan perbandingan 1:1. Masukanlah irisan yang sudah direbus ke dalam larutan gula lalu dimasak hingga mengental dan membentuk kristal. Apabila sudah siap, manisan tersebut dapat dikonsumsi.

 

 

Para pembaca setia wzcmumbai.com demikianlah informasi tentang Olahan Dari Bawang Dayak. Untuk pembaca setia yang ingin pembahsan yang banyak maka Bagaimanakah Cara Mengolah Bawang Dayak Yang Baik Dan Benar ?.