Masih tentang plastik, kali ini kita akan membahas mengapa sampah plastik bisa merusak lingkungan. Tahukah kalian mengapa kampanye mengenai sampah plastik banyak dilakukan?, alasan yang paling jelas dikarenakan sampah sendiri sangat berbahaya bagi lingkungan.

Sampah plastik selain berbahaya bagi lingkungan juga berbahaya bagi manusia sendiri. Nah oleh karena itu saya akan memberikan beberapa alasan mengapa sampah plastik bisa merusak lingkungan:

Bahaya Sampah Plastik Merusak Lingkungan

  1. Dapat mencemari tanah, air tanah, bahkan makhluk hidup.
  2. Racun dari partikel plastik yang masuk ke dalam tanah berpotensi untuk membunuh hewan-hewan pengurai di dalam tanah, misalnya cacing.
  3. Polychlorinated biphenyl ( PCB ) tidak akan terurai meskipun sudah termakan oleh hewan, hal ini akan menjadi suatu racun berantai sesuai urutan ekosistem. Yang tidak menutup kemungkinan bahwa manusia, termasuk kita sendiri, berada di dalam rantai makanan tersebut.
  4. Sampah plastik dapat menyumbat dan mengganggu jalur terserapnya air ke dalam tanah.
  5. Dapat menurukan kesuburan tanah. Bagaimana bisa?, Hal ini terjadi karena plastik menghalangi sirkulasi udara di dalam tanah tersebut, dan juga menggagu ruang gerak makhluk hidup bawah tanah yang berperan dalam proses penyuburan tanah.
  6. Sampah plastik susah untuk terurai, mempunyai umur panjang, dan ringan. Dan misalnya terurai akan mudah untuk diterbangkan oleh angin, sehingga tidak menutup kemungkinan untuk mencemari lautan dan wilayah-wilayah lainnya secara bergantian.
  7. Hewan-hewan dapat terjebak di dalam tumpukan sampah plastik hingga mati.
  8. Tak hanya hewan yang hidup di darat Hewan — hewan laut pun merasakan dampaknya, seperti lumba-lumba, penyu, dan anjing laut menganggap sampah atau kantong plastik sebagai makanannya sehingga mereka akhirnya bisa mati hanya karena tidak mampu mencernanya.
  9. Ketika hewan — hewan yang memakan sampah atau kantong plastik mati, maka sampah plastik yang berada di dalam tubuhnya tersebut tidak akan terurai dan tetap utuh. Sehingga akhirnya akan menjadi bangkai yang apabila termakan oleh hewan lainnya akan dapat meracuni hewan tersebut.
  10. Tak hanya hewan, manusia yang berada di sekitarnya pun akan terganggu oleh bau bangkai yang biasanya busuk dan menyengat.
  11. Sampah-sampah plastik yang dibuang sembarangan ke sungai-sungai dapar mengakibatkan pendangkalan sungai, kemudian menyebabkan tersumbatnya aliran sungai. Sehingga bukan tidak mungkin akan menyebabkan bencana banjir ketika hujan turun.

Fakta Lain Mengenai Sampah Plastik Merusak Lingkungan

Fakta-fakta lainnya yang berkaitan dengan sampah plastik, antara lain:

  1. Sisa — sisa dari sampah plastik telah banyak ditemukan di dalam kerongkongan anak elang laut di pulau Midway.
  2. Kurang lebih 80% dari sampah di lautan merupakan sampah yang berasal dari daratan, di mana hampir 90%-nya adalah sampah plastik.
  3. Pada bulan Juni tahun 2006 lalu, program lingkungan PBB. Memperkirakan bahwa dalam terdapat sekitar 46.000 sampah plastik yang mengambang setiap mil perseg di lautan bebas.
  4. Tahukah kamu bahwa plastik setidaknya telah membunuh kurang lebih 1 juta burung laut, 100.000 mamalia laut, dan juga ikan-ikan yang sudah tidak terhitung jumlahnya lagi dalam setiap tahunnya.
  5. Hewan penyu yang berada di kepulauan Seribu mati, penyu mati hanya karena memakan plastik yang dikiranya sebuah ubur-ubur, salah satu makanan kesukaan penyu tersebut.

Dampak Sampah Plastik Bagi Manusia

Tak hanya berbahaya bagi lingkungan, plastik juga berbahaya bagi kehidupan makluk hidup pun akan terusik, beberapa contoh masalah dari sampah plastik:

  1. Jika sampah plastik dibakar akan menghasilkan asap, asap tersebut akan mencemari lingkungan. Yang mana, dalam asap tersebut terkandung zat dioksin yang apabila dihirup oleh manusia dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan.
  2. Berbagai gangguan kesehatan akibat dioksin diantarannya seperti gangguan sistem pernapasan pada manusia, pembengkakan hati, kanker, dan gangguan sistem syaraf.
  3. Selain mengakibatkan banjir, penyumbatan saluran air akibat sampah plastik juga dapat menjadi tempat perkembangbiakan daur hidup nyamuk dan serangga berbahaya lainnya, misalnya seperti nyamuk BDB dan malaria, sehingga dapat menimbulkan berbagai penyakit.
  4. Memburuknya Kualitas air di lingkungan dikarenakan semakin banyaknya sampah plastik yang mengandung bahan-bahan kimia, seperti bisphenol A, styrene trimer, dan lain sebagainya. Pada akhirnya akan meracuni air yang biasanya kita jadikan air minum atau mandi.

Mungkin itu akhir dari artikel tentang mengapa sampah plastik bisa berbahaya bagi lingkungan. Sekian dari saya, terima kasih dan sampai jumpa.