Service AC Jogja – Mending beli AC baru atau bekas? Mungkin itu yang akan terpikir ketika akan membeli AC. Nah jika anda bingung mau membeli AC baru/bekas, mungkin artikel ini dapat membantu menentukan pilihan anda.

Tinggal di Indonesia yang termasuk dalam kategori negara tropis. Termasuk negara tropis membuat cuaca di Indonesia menjadi cenderung panas sehingga pendingin ruangan dibutuhkan.

Apakah AC itu?,  AC adalah perangkat yang berfungsi untuk mengatur kondisi suhu pada ruangan menjadi lebih rendah dari suhu yang ada terdapat dalam lingkungan sekitar.

Air Conditioner ( AC ) akan bekerja secara maksimal apabila kondisi ruangan dalam keadaan rapat, maksudnya tidak ada lubang ventilasi atau jendela yang terbuka.

Apabila sebuah ruangan terpasang AC namun jendela atau ventilasinya terbuka, maka komponen atau sistem kerja AC untuk mendinginkan udara tidak akan berfungsi secara maksimal.

Mending  Beli Baru atau Bekas

saat memutuskan akan membeli suatu barang akan ada opsi untuk beli baru atau bekas yang bisa membentuk sebuah dilema. Mengapa demikian? hal ini dikarenakan ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan untuk menentukan opsi mana yang harus dipilih.

Sebenarnya tidak ada yang lebih baik antara membeli barang baru atau bekas, masing-masing opsi memiliki keuntungan dan kerugian sendiri.

AC Baru

Apa saja kelebihan membeli AC baru?, nah berikut kelebihan membeli barang-barang baru:

Barang Dalam Keadaan Terbaik

Faktor utama yang membuat orang membeli AC baru adalah ingin merasakan dan menggunakan AC tersebut dalam kondisi terbaiknya.

Bebas masalah

Jika memilih membeli AC baru juga terbebas dari resiko mendapatkan barang rusak atau cacat. Karena sebelum dijual barang tersebut sudah melewati quality control dari pabrik pembuatnya.

Bergaransi

Saat membeli barang baru terutama elektronik biasannya akan disertai dengan garansi. Jika barang yang kita beli bermasalah maka dapat mengklaim garansi selama masa berlaku masih aktif.

AC Second

Kelebihan AC second? jika anda belum tahu, berikut kelebihan mebeli barang-barang second:

Harga lebih murah

Saat membeli barang bekas dapat dipastikan harganya bisa jauh lebih murah dibandingkan beli baru, bahkan dapat menghemat sampai 70% jika membeli barang dalam keadaan bekas.

Misalnya jika membeli AC bekas, merk dan tipe sama jika kita membeli second harganya bisa jauh berbeda. Karena  perbedaan harga yang cukup signifikan inilah yang menjadi faktor utama orang lebih membeli barang bekas.

Kualitas Barang

Jika memang mempunyai budget yang tidak banyak, namun jika anda paham soal barang yang akan dibeli maka anda dapat memilih barang second.

Mengapa?, karena anda dapat membeli barang dengan kualitas yang hampir sama dengan barang barunya.

Penyusutan nilai barang sedikit

Membeli barang dalam keadaan bekas, biasanya nilai penyusutan harganya tidak akan terlalu besar. Tidak seperti saat membeli baru kemudian dijual lagi. Jadi tidak akan terlalu kecewa saat kita ingin menjual kembali barang tersebut.

Kesimpulan

Kerugian jika anda membeli barang baru sebenarnya hampir tidak ada, kecuali harga yang lebih mahal. Selain itu jika kita ingin menjual lagi barang tersebut, penyusutan nilai barang tersebut cukup besar tergantung dari kondisi barangnya.

Nah jika anda membeli barang bekas Kerugian adalah misalnya anda kurang paham atau kurang berhati-hati dalam membeli, maka bisa saja mendapatkan barang dalam kondisi kurang baik atau rusak.

Jika sampai hal ini terjadi maka mau tidak mau harus mengeluarkan biaya lagi untuk perbaikan atau penggantian.

Jika kamu anda memiliki budget yang terbatas dan cepat bosan dengan suatu barang, maka barang bekas bisa menjadi opsi yang baik. Tetapi jika memang budget yang anda miliki cukup dan berniat menggunakan barang tersebut untuk waktu yang lama, maka sebaiknya membeli barang baru.

Namun entah itu barang baru atau bekas jika tidak dirawat akan cepat rusak, jika AC anda rusak anda dapat memperbaiki sendiri atau memakai jasa service AC Jogja.

Bagaimana mending beli AC baru atau bekas?, nah mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan. Sekian dari saya, terima kasih dan sampai jumpa.