Mending Beli AC baru atau bekas – Mending beli ac baru atau bekas? Banyak terjadi dimana konsumen membeli AC yang tidak tepat sehingga konsumen sendiri dirugikan dari segi listrik dan ketidaknyamanan dari penggunaan AC tersebut.

Seringkali kita bingung mau beli AC baru atau second. Daripada anda bingung menurut saya lebih baik anda membeli yang baru, karena selain kualitas yang terjamin, AC baru memiliki kartu garansi yang lebih lama dari pada AC bekas.

Namun apabila anda terkendala dalam keuangan, anda juga bisa membeli AC bekas atau AC second yang masih layak pakai dan tentunya lebih murah. Kekurangan AC bekas yaitu kurang terjamin kualitasnya dan masa pakai kartu garansi yang sudah habis ataupun tidak ada.

Untuk membantu memperbaiki AC anda, anda dapat menggunakan jasa servis AC jogja.

Tips Membeli AC Baru

Banyak terjadi dimana konsumen membeli AC yang tidak tepat sehingga konsumen sendiri dirugikan dari segi listrik dan ketidaknyamanan dari penggunaan AC tersebut. Agar anda tidak salah dalam membeli AC silahkan perhatikan tips membeli AC berikut ini.

  1. Pilih AC yang Tepat Sesuai Kebutuhan

Penggunaan PK yang kurang besar, mengakibatkan ruangan anda yang lembab dingin atau kurang dingin. Sebaliknya pada penggunaan PK yang terlalu besar akan mengakibatkan ruangan anda terlalu dingin dan boros listrik.

Penentuan PK yang anda perlukan adalah hal pertama yang harus anda lakukan. Setelah menentukan PK yang tepat barulah anda membandingkan jenis tipe AC, penggunaan listrik dan fitur yang anda perlukan lainnya.

  1. Penggunaan Listrik

Pilihlah AC yang efisien karena penggunaan AC yang salah akan amat memboroskan biaya listrik anda. AC kamar tidur akan menyala lebih dari 9 jam sehari tentu penting bagi anda untuk memilih AC yang hemat listrik.

  1. Tipe Standard, Low Watt, atau Inverter

Jenis Low Watt adalah tipe standard yang penggunaan daya pada kompressornya dikurangi supaya irit listrik. Tipe low Watt cocok digunakan untuk rumah yang memiliki daya listrik kecil. Secara konsep cara kerja tipe low watt dan tipe standard itu sama.

Untuk membantu memperbaiki AC anda, anda dapat menggunakan jasa servis jogja.

Tips Memilih Ac Bekas

AC bekas merupakan AC yang sudah berpindah dari tangan orang pertama ke tangan orang kedua. Jika anda ingin membeli AC second/ bekas, perhatian tips – tips berikut ini.

  1. Cek Bagian Luar AC

  • Pastikan Tidak Ada Bekas Goresan di Permukaannya.
  • Tidak Ada Bodi atau Casing yang Berkarat
  • Apakah Kondensor Bocor atau tidak.

Kebocoran pada AC biasanya disebabkan karena AC tidak divacuum pada saat instalasi. Vacuum pada AC berguna untuk membuang udara dalam kompresor.

  1. Cek Kinerja dari AC

Klik tombol “On/Off” pada power untuk mengetahui apakah AC masih berfungsi dengan baik atau tidak.

  1. Cek Suaranya

Jika suara AC masih terdengar halus, maka bisa dipastikan kalau AC tersebut dalam kondisi yang baik. Hindari membeli AC bekas jika suaranya cukup berisik dan keras, karena itu berarti kondisinya sudah kurang bagus.

  1. Cek Sambungan Instalasinya

Bagian pada sambunngan – sambungan instalasi kabel sangat penting karena akan mempengaruhi kinerja dari AC. Periksa apakah kabel rusak atau terkelpas atau menempel satu sama lain. Masalah kabel ini dapat menyebabkan korsleting dan juga kerusakan pada AC.

  1. Cek Pada Remote

Periksa kinerja remote pada AC untuk mengoperasikan AC apakah masih berfungsi atau bahkan mati.

  1. Periksa Bagian Daya

Cek transfer daya listrik yang mengalir ke unit outdoor AC apakah ada atau tidak.

  1. Periksa Kelengkapannya

Meskipun yang kita beli adalah AC bekas, atau second, periksalah kartu garansinya masih ada atau tidak. Dengan adanya kartu garansi, kita akan menjamin kualitas dari barang yang kita beli. Selain itu, jika masih terdapat kartu garansi, kita dapat menservis AC secara gratis di tempat yang legal.

  1. Ajak Orang yang Berkompeten di Bidang AC

Untuk menghindari kekecewaan dikemudian hari karena telah salah memilih AC, sebaiknya anda mengajak orang yang lebih tahu dalam dunia per AC an untuk mengecek keadaan AC tersebut.

Anda yang tinggal di wilayah jogja dan sekitarnya, dapat menggunakan jasa servis AC jogja yang akan membantu anda menangani kerusakan maupun servis AC anda.