Steak atau Bistik adalah masakan yang terdiri dari sepotong besar daging yang biasanya daging sapi, khususnya dari daging sapi has dalam, dengan tambahan sayuran pelengkap seperti kentang, wortel dan buncis. Tidak hanya daging sapi, berbagai macam daging merah, dada ayam dan ikan seringkali dipotong untuk dimasak menjadi steak. Tiap bagian dari daging sapi punya kandungan lemak hewani yang berbeda. Tingkat persebaran lemak di sela jaringan otot daging sapi menentukan tingkat keempukan dari daging sapi tersebut. Sebelum disajikan, steak kebanyakan dipotong tegak lurus dengan serat otot, menambah kelegitan daging. Steak biasanya dimasak dengan cara dipanggang, meskipun steak juga dapat dimasak dengan cara digoreng. Tidak sulit bukan membuat steak dari daging has dalam.

Untuk steak daging sapi, bagian daging yang digunakan tidak terbatas hanya pada has dalam (tenderloin) atau has luar (sirloin) saja. Namun, bagian daging sapi yang lain pun bisa dibuat untuk steak dan rasanya tetntu tidak kalah dengan daging has luar atau has dalam.

Baca juga : Cara Membuat Soto Daging Sapi Yang Lezat

Berikut ini resep membuat steak dari daging has dalam, enak dan lezat tentunya. Tak lupa, belilah daging sapi yang berkualitas tinggi karena akan mempengaruhi cita rasa dan tekstur dari steak itu sendiri.

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  • 100 gram daging sapi bagian has dalam atau tenderloin
  • 4 sendok makan bumbu barbekyu
  • 1 Siung bawang putih
  • ¼ siung bawang bombai
  • 3 sendok makan saus tiram
  • 2 sendok makan saus tomat
  • 1 sendok makan kecap manis
  • Garam secukupnya
  • 100 ml air kaldu sapi
  • 1 buah kentang
  • 1 buah wortel
  • Margarin secukupnya
  • 2 sendok makan tepung maizena
  • air secukupnya untuk melarutkan tepung maizena

Cara membuat :

Pipihkan daging sapi has dalam dengan cara pukul-pukul daging menggunakan pemukul daging berulang kali sampai bentuk daging agak tipis.

Lumuri daging sapi tadi dengan bumbu barbekyu, kemudian diamkan daging selama 30-45 menit.

Cincang halus bawang bombai dan bawang putih.

Siapkan wajan, panaskan margarin, kemudian masukan bawang bombai dan bawang putih yang sudah di cincang halus tadi kemudian tumis bawang hingga harum.

Tambahkan saus tiram, saus tomat dan kecap ke dalam tumisan bawang tadi kemudian aduk hingga rata.

Kemudian tuang air kaldu, beri sedikit garam, aduk dan diamkan hingga mendidih.

Masukkan larutan tepung maizena, tunggu hingga kental lalu angkat.

Rebus wortel dan kentang lalu sisihkan. Tambahan : kentang juga dapat digoreng jika tidak suka direbus.

Panaskan wajan kemudian masukkan daging yang sudah dilumuri bumbu tadi.

Jangan lupa untuk membolak-balik tiap bagian steak hingga matang merata menggunakan api kecil.

Jika steak sudah matang, sajikan steak di atas piring atau hotplate dengan kentang dan wortel tadi lalu siram daging steak dengan bumbu saus tadi. Steak has dalam siap disantap.

Khasiat dan Manfaat Steak Untuk Kesehatan

Berbicara tentang steak dengan penampilan yang menggoda dan rasa yang begitu nikmat ini telah menjadi salah satu hidangan yang banyak diminati dan dicari. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan yang ada di dalam makanan ini memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini manfaatnya :

Pemeliharaan sel tubuh

Steak memiliki kandungan protein yang sangat penting untuk memelihara sel tubuh yang sehat, kandungan tersebut bisa menjadi asupan yang sangat baik untuk memproduksi dan menggantikan sel-sel tubuh yang sudah mati.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan yang terdapat pada steak ini juga penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Sistem imunitas tubuh mendapatkan dukungan dari berbagai jenis organ tubuh yang sehat.

Mencegah dan menyembuhkan anemia

Anemia atau kurang darah adalah salah satu peyakit yang membutuhkan kandungan zat besi, agar dapat kembali dengan cepat membentuk darah merah secara drastis. Disarankan untuk mengonsumsi steak daging karena pada steak memiliki zat besi cukup tinggi sehingga dapat membantu dalam mencegah dan menyembuhkan anemia.