Halo, kali ini saya akan membuat artikel yang membahas tentang manfaat rumput teki untuk ayam. Bagi kalian yang hobi sabung ayam, memiliki ayam petarung dengan stamina yang kuat sudah pasti menjadi idaman kalian bukan ?. Hal ini karena jika ayam petarung / bangkok staminanya kuat maka kemenangan juga akan segera diraih.

Sayangnya, jika ayam aduan mempunyai tekhnik dan kualitas bagus tapi bermasalah dengan kesehatan maka akan menimbulkan kekcewaan bagi pemiliknya.  Guna mendapatkan stamina dan kesehatan yang baik pada ayam petarung, perwatan dan pola makan ayam harus benar benar diperhatikan.\

Dalam hal menjaga kesehatan ayam, anda juga tidak harus mengeluarkan biaya yang banyak bahkan tidak sama sekali. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan akar yang ada pada rumput teki. Karena rumput teki sudah sejak jaman dulu digunakan sebagai obat tradisional.

Tapi sebelum artikel ini berlanjut, saya akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai apa itu rumput teki. Berikut penjelasannya.

Apa Itu Rumput Teki ?

manfaat rumput teki untuk ayam

Rumput Teki (Cyperus Rotundus) dalam bahasa jawa disebut suket teki adalah tanaman rumput yang berasal dari Afrika, Asia Selatan, Eropa Tengah, dan Selatan. Kata cyperus berasal dari bahasa Yunani yaitu “kyperos” dan rotundus dari bahasa latin yang berarti putaran.

Di negara luar rumput teki di sebut musta, mothan, nagamothan, xiang fu, nut grass, java grass, dan masih banyak lagi. Tanaman ini biasa tumbuh liar di pekarangan rumah, kebun, lapangan, ladang, dan pinggir jalan. Bahkan di permukaan air laut dapat tumbuh mencapai 1000 meter.

Tanaman ini dapat tumbuh mencapai 140 cm, daunnya tumbuh dengan tiga jajaran dengan panjang 5-20 cm, batangnya memiliki penampang segitiga yang tumbuh tajam ke atas, bunganya berbulir dengan warna kuning kecoklatan dengan jumlah 2-25 bunga, rimpangnya berwarna putih, rumput teki lebih menyukai tempat kering tapi juga menyukai tempat yang lembab.

Rumput teki dapat kalian temukan di pekarangan rumah, pinggir sawah, kebun, lapangan, ladang, hutan, gunung, dan tempat tempat lainnya. Selain itu umbi teki jika dirasakan maka akan terasa pahit pahit sepat dan wanginya harum.

 Kandungan Rumput Teki

Dari hasil penelitian bahwa umbi teki mengandung alkaloid, glikosida jantung, flavonoid dan minyak menguap sebanyak 0,3-1% yang isinya bervariasi, tergantung daerah asal tumbuhnya. Akar yang berasal dari Jepang berisi cyperol, cyperene I & II, alfacyperone, cyperotundone dan cyperolone, sedangkan yang  dari China berisi patchoulenone dan cyperene.

Minyak essensial yang diperoleh dari umbi rumput teki mengandung sedikitnya 27 senyawa yang terdiri dari seskuiterpen, hidrokarbon, epokside, keton-keton, monoterpen dan alifatik alkohol serta beberapa senyawa lain  yang belum dapat diidentifikasi.

Manfaat Rumput Teki Untuk Ayam

manfaat rumput teki untuk ayam

Rumput teki ini memiliki banyak sekali manfaat yang berguna untuk kesehatan tubuh manusisa, bahkan juga bermanfaat untuk kesehatan ayam. Hal ini karena kandungan minyak esensial yang ada pada rumput teki. Berikut ini adalah manfaat yang ada pada rumput teki untuk ayam petarung :

  • Pada bagian umbi atau akar teki  memiliki manfaat yang baik untuk memulihkan kesehatan dan stamina pada ayam anda dengan cepat. akan lebih baik lagi jika ayam anda sudah terbiasa memakan rumput teki dengan sendirinya, karena anda tidak perlu bersusah payah mecekokinya dengan paksa.
  • Membantu ayam mengeluarkan makanan yang mengganjal di tenggorokannya. Karena ayam yang memakan rumput ini akan bereaksi bersin atupun muntah dan mengeluarkan makanan yang mengganjal tadi.
  • Memberikan manfaat kebugaran yang tinggi pada ayam.

Cara Pemberian Rumput Teki Pada Ayam

Untuk cara pemberian umbi teki sebagai obat ayam ada dua macam, yakni dengan dipaksa langsung dan dengan dibuat minuman. Berikut penjelasannya :

  • Cara pertama yang dapat anda lakukan adalah dengan melolohkan umbi teki ke ayam, yakni dengan menumbuk umbu terlebih dahulu dan melolohkannya ke ayam langsung. Pemberiannya cukup satu hari sekali dengan takaran sebesar kelereng
  • Untuk cara kedua, adalah dengan membuat minuman. Caranya tumbuk umbi teki sampai kecil kecil, lalu rebus dengan air dan minumkan air rebusan tadi ke ayam.

 

Itulah, pembahasan mengenai manfaat rumput teki untuk ayam. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah ilmu dan wawasan anda mengenai manfaat rumput teki. Sampai jumpa di artikel lain.