Opor Ayam

merupakan masakan yang sangat dikenal di Indonesia. Opor ayam diklaim berasal dari daerah berbudaya Jawa, khususnya Jawa Tengah dan Jawa Timur sebelah barat. .Opor ayam sebenarnya adalah ayam rebus yang diberi bumbu kental dari santan yang ditambah berbagai bumbu seperti seraikencur, dan sebagainya. Dalam tradisi Jawa, perayaan Lebaran biasanya dibuat meriah dengan membuat ketupat yang disajikan dengan opor ayam .

Manfaat Opor Ayam Bagi Kesehatan

Manfaat Opor Ayam Bagi Kesehatan

Kandungan Gizi Pada Opor Ayam

Dengan proses pembutannya yang memakan waktu lama namun makanan ini mempunyai kandungan gizi yang baik untuk kesehatan. Kandungan gizi di dalamnya seperti zat besi, fosfor, kalsium, selenium, vitamin C, yang semuanya berperan penting untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Opor Ayam Untuk Kesehatan

Untuk anda yang ingin mengetahui apa saja manfaat dan khasiat opor ayam ini, berikut inilah manfaatnya.

1. Membantu Fungsi Otak

Khasiat opor ayam yang pertama dapat membantu fungsi otak. Kandungan zat besi yang ada di dalamnya akan bermanfaat untuk pertumbuhan otak dan menjalankan fungsi otak. Oleh karena itu, anda bisa mengkonsumsi makanan ini untuk membantu fungsi otak agar bekerja dengan efektif.

2. Mengatur Suhu Tubuh

Opor ayam juga sangat berkhasiat untuk mengatur suhu tubuh. Jika anda sering bermasalah dengan suhu tubuh maka anda bisa mengkonsumsi makanan ini. Kandungan yang ada di dalmnya berperan penting untuk mengatur suhu tubuh agar tetap terkendali.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Dengan adanya sistem kekebalan tubuh maka, tubuh akan melawan kuman atau bakteri yang masuk ke dalam tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit. Kandungan zat besi yang ada di dalam opor ayam berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga makanan ini sangat baik untuk dikonsumsi

4. Mencegah Anemia

Anemia merupakan suatu kondisi yang kekurangan sel darah merah. Jika anda dalah satu penderita anemia maka anda bisa mencegahnya dengan rutin mengkonsumsi opor ayam. Kandungan yang ada di dalamnya akan berguna untuk memproduksi sel darah merah dengan cepat sehingga akan mencegah anda terkena resiko anemia.

5. Membantu Metabolisme Tubuh

Metabolisme merupakan proses yang terjadi dalam tubuh untuk mendapatkan energi. Untuk mendukung proses metabolisme tubuh maka anda bisa mengkonsumsi opor ayam. Kandungan yang ada di dalamnya berperan penting untuk membantu metabolisme tubuh.

6. Baik Bagi Ibu Hamil

Untuk menjaga janin agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik maka sebaiknya anda mulai mengkonsumsi opor ayam ini. Kandungan zat besi yang ada di dalamnya akan sangat baik bagi ibu hamil sebagai asupan gizi yang cukup.

7. Memperkuat Tulang

Agar struktur tulang anda bisa tetap kuat dan tidak mudah rapuh maka anda bisa mengkonsumsi makanan ini. Kandungan kalsium yang ada dalam opor ayam ini berguna untuk memperkuat tulang sehingga tidak mudah rapuh dan keropos.

8. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat lainnya dari opor ayam juga berguna untuk menurunkan tekanan darah. Jika anda bermasalah dengan tekanan darah tinggi sebaiknya anda mulai mengkonsumsi makanan ini. Kandungan kalium yang ada di dalamnya bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah sehingga aman untuk dikonsumsi.

9. Mencegah Peradangan Sendi

Gangguan sendi yang bisa terjadi salah satunya peradangan sendi. Hal ini akan meyebabkan tubuh tidak dapat di gerakkan secara normal. Untuk mencegahnya anda bisa mengkonsumsi opor ayam. Kandungan yang ada di dalamnya membantu mengurangi gejala radang sendi.

10. Menjaga Ketahan Tubuh

Dengan rajin mengkonsumsi opor ayam juga bermanfaat untuk menjaga ketahanan tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C yang ada di dalamnya mampu menjaga sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit sehingga makanan ini sangat baik untuk dikonsumsi.

Demikian  manfaat  opor ayam untuk kesehatan tubuh yang perlu anda ketahui. Semoga informasi  ini bermanfaat untuk menambah wawasan serta pengetahuan anda dalam menjaga kesehatan tubuh.