Manfaat Daun Salam – Daun salam dikenal juga dengan nama ilmiah Syzygium polyanthum (Wight) Walp. Para ahli telah banyak meneliti manfaat daun salam untuk kesehatan. Dan juga daun salam sering dimanfaatkan sebagai bumbu dapur  atau lebih tepatnya penyedap masakan.

Pada masa sekarang banyak orang yang mulai menyadari pentingnya menjaga kesehatan. Tak sedikit orang yang berusaha mengubah pola hidup instan mereka dengan pola hidup sehat.

Meskipun sering digunakan dalam bubu dapur dalma berbagai masam masakan, ternyata daun salam sebenarnya belum banyak orang yang mengetahuinya. Faktanya daun salam dapat bermanfaat untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit.

1. Menurunkan Risiko Diabetes

Daun salam dapat menurunkan glukosa darah karena mampu menghambat penyerapan glukosa dalam usus dan meningkatkan proses penyimpanan glukosa dalam otot.

 

2. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Sebuah penelitian mampu membuktikan khasiat penurunan tekanan darah karena konsumsi daun salam. Khasiat tersebut dapat muncul disebabkan oleh adanya hambatan pada aktivitas enzim dan mampu menimbulkan efek penurunan detak jantung (bradikardia).

Kecepatan detak jantung erat kaitannya dengan tekanan darah. Oleh karena itu, daun salam dapat digunakan dalam pengobatan hipertensi.

3. Menurunkan Risiko Kanker

Penelitian menunjukkan bahwa senyawa fenolat dan flavonoid di dalam minyak daun salam mampu menghambat pertumbuhan sel kanker bahkan menghentikan pertumbuhan sel lebih lanjut.

Baca Juga

4. Menangkal Racun dan Radikal Bebas

Daun salam ternyata mengandung berbagai senyawa antioksidan. Penelitian membuktikannya dengan pengujian langsung terhadap senyawa-senyawa radikal bebas.

 

baca Juga 5 Manfaat Jus Apel Bagi Kesehatan Tubuh

5. Mengurangi Perkembangan Infeksi Bakteri dan Jamur

Kandungan senyawa flavonoid, terpenoid, vitamin C, vitamin E dan asam fenolat dalam daun salam diduga dapat menurunkan infeksi bakteri dan jamur.

 

6. Membantu menangani diare

Daun salam banyak digunakan di Indonesia untuk menangani diare. Meskipun belum terdapat penelitian yang memadai terkait efek ini, sifat antibakteri dan kandungan senyawa tanin dianggap sebagai alasannya.

 

7. Mengurangi pembentukan plak pada gigi

Manfaat lain tanaman ini yang masih perlu digali lebih dalam adalah mengurangi pembentukan plak pada gigi. Efek tersebut diduga berasal dari senyawa tanin, flavonoid, dan berbagai jenis minyak yang terkandung pada daun salam.

 

Demikian artikel ini semoga dapat bermanfaat. Untuk artikel selengkapnya baca juga manfaat sirsak.