Manfaat Daging Kelapa Tua – Kelapa – Kelapa merupakan salah satu tumbuhan yang terkenal karena kaya akan manfaat serta  tersebar di banyak tempat, tak terkecuali di indonesia. Hampir seluruh bagian tumbuhan  ini dapat dimanfaatkan.

Bagian akarnya biasa digunakkan sebagai obat. Bagian batangnya sering dipakai sebagai bahan bangunan dan juga perabot rumah tangga. Sedangkan daunnya dapat dibuat lidi dan juga tusuk sate. Diantara seluruh bagian tumbuhan ini, yang paling sering dimanfaatkan adalah bagian buahnya.

Buah kelapa yang paling sering dimanfaatkan adalah jenis buah kelapa muda, karena banyak  yang menganggap kelapa muda lebih segar dan lebih banyak manfaat dibanding kelapa tua. Anggapan tersebut tidak benar, sebab fakta membuktikan buah kelapa tua memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi dibanding kelapa muda. Semakin tua umur kelapa, maka kandungan nutrisi air dan daging buahnya juga semakin baik dan besar.

Baca Juga! Manfaat air kelapa tua

Kandungan nutrisi tersebut antara lain karbohidrat, lemak, protein, vitamin c, serta mineral. Karbohidrat berfungsi sebagai sumber energi utama tubuh. Protein dapat membantu mengatur metabolisme dalam tubuh. Lemak berfungsi sebagai cadangan energi. Vitamin c bermanfaat menjaga sistem tubuh dan sebagai antioksidan. Sementara mineral bermanfaat bagi proses metabolisme tubuh. Selain manfaat tersebut, masih banyak lagi manfaat daging kelapa tua. Berikut manfaat daging kelapa tua.

 

Manfaat Daging Kelapa Tua

Manfaat Daging Kelapa Tua

 

Menambah Energi dan Tenaga

Manfaat yang pertama dari daging kelapa tua yaitu menambah tenaga. Daging buah kelapa tua memiliki kandungan energi sebesar 359 kkal ( tiga ratus lima puluh sembilan kalori) per 100 gr dagingnya. Selain itu, juga terdapat zat lain seperti karbohidrat dan juga lemak yang berfungsi sebagai sumber energi dan juga cadangan energi.

Membantu memperbaiki metabolisme tubuh

Manfaat daging kelapa tua selanjutnya yaitu membantu memperbaiki metabolisme tubuh. Daging kelapa tua dapat membantu meningkatkan sistem metabolisme di dalam tubuh Anda. Ketika sistem metabolisme dalam tubuh Anda berjalan dengan baik, maka seluruh kesehatan organ tubuh Anda akan terjaga dan berfungsi dengan baik.

Menyehatkan tubuh karena kaya akan serat

Manfaat daging kelapa tua berikutnya yaitu menyehatkan tubuh. Daging buah kelapa tua sangat kaya akan serat yang baik untuk program diet ( penurunan berat badan ) Anda. Kandungan serat yang sangat tinggi yang ada di dalamnya dapat membantu dalam pemecahan lemak dan juga menyehatkan sistem pencernaan.

Mampu menurunkan kadar kolesterol

Manfaat daging kelapa tua selanjutnya yaitu mampu menurunkan kadar kolesterol. Ternyata daging buah kelapa tua tidak hanya bermanfaat untuk penurunan berat badan. Sebab, daging buah kelapa tua juga mampu menurunkan kadar / jumlah kolesterol yang ada di dalam tubuh Anda. Selain itu daging buah kelapa tua juga mampu menjaga kesehatan jantung Anda.

Mengandung zat anti oksidan

Terkadang racun – racun yang ada di dalam tubuh kita dapat menyebabkan kenaikan berat badan, perut kembung, hingga penurunan kesehatan. Oleh karena itu untuk membersihkannya, ada baiknya Anda mengonsumsi daging buah kelapa tua.

Menyehatkan tulang

Manfaat daging kelapa tua selanjutnya yaitu menyehatkan tulang. Daging buah kelapa tua mengandung mineral berupa kalsium sebesar 8 mg ( delapan mili gram ), fosfor sebanyak 55 mg ( lima puluh lima mili gram ), serta zat besi sebesar 1 mg per 100 gram dagingnya. Dengan jumlah kalsium, fosfor, serta zat besi sebanyak itu, daging kelapa tua dapat membantu menjaga kesehatan tulang anda sehingga terhindar dari masalah tulang seperti osteophorosis.

Menyehatkan kulit

Manfaat daging kelapa tua yang terakhir yaitu membantu menyehatkan kulit. Kandungan gizi yang ada pada daging kelapa tua seperti vitamin C dapat membantu menyehatkan kulit anda, serta menjaga kulit anda dari masalah kulit seperti menghilangkan keriput, mempercepat penyembuhan luka, meremajakan kulit, memperlambat proses penuaan, serta mencerahkan kulit.

 

 

Demikian manfaat daging kelapa tua yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi tentang manfaat air kelapa tua ini dapat bermanfaat bagi kita semua.  Apabila terdapat kesalahan dan kekurangan pada artikel ini, mohon untuk dimaafkan. Jangan lupa untuk menjaga kesehatan anda karena kesehatan itu sangat penting dan mahal harganya.

 

Baca Juga : Resep Sate Ayam Kelapa