Simak yuk manfaat bawang hitam. Apa saja ya? Sebenarnya bawang hitam kaya akan manfaat loh. Penasarankan? Baca yuk manfaat dari bawang hitam. Baca juga Manfaat Bawang Putih Tunggal.

Berikut berbagai macam manfaat yang dimiliki oleh bawang hitam

  1. Mengurangi Gula Darah

Manfaat dari bawang hitam dapat menurunkan kadar gula darah darah di dalam tubuh kamu. Hal ini dikarenakan bawang hitam dapat membantu untuk meningkatkan produksi insulin yang sangat berguna dalam mengurangi kadar gula darah.

  1. Kaya akan Nutrisi

Bawang hitam dapat memenuhi kebutuhan harian seperti kamu untuk melengkapi nutrisi seperti vitamin C (71 persen), kalsium (25 persen), zat besi (13 persen), karbohidrat (15 persen), hingga kebutuhan serat (11 persen).

  1. Mencegah Kanker

Kandungan diallyl sulfida yang terdapat pada bawang hitam sebenarnya dipercaya mampu mencegah pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. Bawang hitam dapat menurunkan molekul JNK dan p38MAPK yang memicu pertumbuhan sel kanker. Peran bawang hitam di sini sebagai ‘racun’ yang merusak, menghambat pertumbuhan, dan mematikan sel kanker.

  1. Sumber Antioksidan

Manfaat bawang hitam berikutnya bisa berperan layaknya buah-buahan. Bawang hitam merupakan sumber antioksidan yang baik.  Antioksidan berperan mencegah berbagai macam penyakit seperti jamur, virus, dan bakteri.

  1. Menurunkan Kolesterol

Bawang hitam dapat menurunkan kolesterol yang ada dalam tubuh. Faktanya mengonsumsi bawang hitam secara rutin dan tidak berlebihan dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah di dalam tubuh hingga mencapai 15 persen.

  1. Menstabilkan Tekanan Darah

Bawang hitam juga digunakan untuk menurunkan tekanan darah. Dengan mengonsumsi bawang hitam secara rutin dan tidak berlebihan setiap hari tekanan darah yang tinggi dapat berkurang hingga 8 persen.

  1. Rahasia Awet Muda

Manfaat bawang hitam sangat mengagumkan yakni dapat membuat kita awet muda. Hal ini dikarenakan bawang hitam mampu mengganti sel-sel didalam tubuh yang rusak. Sehingga sel tubuh dapat selalu diperbarui dan meningkatkan kemungkinan umur panjang.

  1. Menghindari Kepikunan

Bawang hitam dapat mencegah kita dari penyakit karena faktor usia, contohnya penyakit  demensia atau alzheimer. Mengonsumsi bawang hitam dapat menjaga kesehatan otak kita dan dapat menghindari kerusakan saraf.

  1. Menjaga Berat Badan Ideal

Bawang hitam rupanya akan sangat membantu dalam masalah barat badan salah satunya untuk menurunkan berat badan. Manfaat dari bawang hitam mampu untuk menurunkan resiko obesitas. Kandungan zat anti inflamasi yang terkandung di dalam bawang hitam dapat mengatur lemak tubuh supaya  tidak mengalami berat badan yang berlebihan dan dapat membentuk berat badan ideal.

  1. Mengobati Sakit Gigi

Bagi kamu yang suka menderita sakit gigi, bawang hitam dapat untuk mengobatinya. karena pada dasarnya bawang hitam memiliki sifat anti bakteri dan antivirus. Dengan mengonsumsi bawang hitam secara benar, dapat membuat bakteri penyebab gigi berlubang di dalam mulut akan mati secara bertahap.

  1. Membersihkan Komedo

Jika kamu punya masalah terhadap komedo di hidung yang mengganggu, maka manfaatkanlah bawang hitam ini. Caranya hanya dengan haluskan bawang hitam dan oleskan di sekitaran wajah yang berkomedo, maka hasilnya akan terasa mulus dan bersih.

  1. Mengatasi Jerawat

Manfaat bawang hitam untuk mengatasi jerawat. Caranya ambil satu bawang hitam, kemudian haluskan dan oleskan pada jerawat. Ini membuat jerawat mengempis dan perlahan menghilang.

  1. Menghilangkan Bekas Luka

Manfaat bawang putih untuk kecantikan kulit, yaitu mampu menghaluskan dan menghilangkan noda dari bekas luka.

  1. Menurunkan Dampak Alergi

Jika kamu memiliki alergi, bawang hitam bisa membantu mengatasinya. Pasalnya bahwa bawang hitam mampu menurunkan reaksi alergi yang ada pada tubuh.

  1. Mencegah Kerusakan Hati

Manfaat bawang hitam untuk kesehatan yaitu bawang hitam ini bisa mengurangi kerusakan  pada hati.