Ada beberapa makanan khususnya buah dan sayuran yang tidak perlu disimpan di dalam kulkas. Alasannya sangat sederhana, makanan tersebut justru akan kehilangan rasa asli dan tekstur mereka. Hal tersebut terjadi karena kulkas maupun lemari pendingin serupa lainnya justru membuat makanan tersebut berjamur. Berikut ini berbagai makanan tahan lama tanpa kulkas. Jangan lupa, cukup letakkan makanan berikut ini di ruang terbuka seperti contohnya meja dapur.

Baca juga : Mari Coba Resep Dari Contoh Makanan Awetan Dari Bahan Nabati

Tomat

Tomat adalah tumbuhan asli Amerika Tengah dan Selatan, dari Meksiko sampai Peru. Tomat merupakan tanaman yang dapat tumbuh setinggi 1 sampai 3 meter dan memiliki siklus hidup singkat. Tanaman ini memiliki buah berawarna hijau, kuning, dan merah yang biasa dipakai sebagai sayur dalam masakan atau dimakan secara langsung tanpa diproses.

Jika tomat disimpan di dalam lemari pendingin, tomat akan mulai kehilangan rasa dan tekstur. Sebaiknya simpan tomat di dalam mangkuk atau keranjang di meja dapur. Apabila Anda menginginkan tomat tomat lebih cepat masak, masukkan tomat ke dalam wadah kantung kertas terlebih dahulu.

Kentang

Kentang merupakan tanaman dari suku Solanaceae yang memiliki umbi batang yang dapat dimakan. Umbi dari kentang saat ini telah menjadi salah satu makanan pokok penting di Eropa walaupun pada awalnya didatangkan dari Amerika Selatan. Kentang dibawa oleh Penjelajah Spanyol dan Portugis ke Eropa dan mengembangbiakkan tanaman ini.

Tanaman kentang yang asalnya dari Amerika Selatan ini, telah dibudidayakan oleh penduduk di sana sejak ribuan tahun silam. Tanaman ini merupakan tanaman semusim dan menyukai iklim yang sejuk, kentang cocok ditanam di dataran tinggi.

Terdapat perubahan rasa dari pati dan akan terbentuk kentang yang berpasir. Hal ini disebabkan oleh penyimpanan kentang di dalam kulkas. Maka dari itu, lebih baik menyimpan kentang dengan menggunakan kantung kertas di tempat yang gelap, dan juga jangan menggunakan plastik untuk mengurangi kelembaban.

Bawang Bombai

Bawang bombai pada umumnya biasa digunakan dalam memasak makanan di Indonesia, tidak hanya digunakan sebagai hiasan tetapi juga bagian dari masakan karena bentuknya yang besar dan tebal dagingnya. Bawang jenis ini disebut bawang bombai karena dibawa oleh pedagang-pedagang yang berasal dari kota Bombai, yang saat ini disebut kota Mumba di India ke Indonesia.

Cara penyimpanan bawang bombai yang baik adalah dengan menggunakan kantung kertas di tempat yang dingin, gelap, dan berventilisasi baik, serta jangan lupa meletakkan bawang dekat dengan kentang.

Bawang Putih

Bawang putih sudah lama menjadi bahan masakan di daerah sekitar Laut Tengah, serta bumbu umum di Asia, Afrika, dan Eropa. Juga dikenal di dalam catatan Mesir kuno, digunakan baik sebagai campuran masakan maupun pengobatan. Umbi dari tanaman bawang putih ini merupakan bahan utama untuk bumbu dasar masakan Indonesia.

Menyimpan bawang putih di dalam kulkas akan mempercepat petrtumbuhan jamur. Maka dari itu, lebih baik menyimpan bawang putih di tempat yang sejuk, gelap, dan berventilisasi baik dibanding menyimpan di lemari pendingin atau kulkas.

Pisang

Buah pisang merupakan sumber energi dan mineral. Karena pisang mengandung karbohidrat dan berbagai vitamin, seperti vitamin A, vitamin B dan vitamin B6.

Supaya pisang bisa matang sempurna dan tahan lama, simpanlah pisang di tempat yang bertemperatur sedang. Jika menyimpan pisang di dalam kulkas maka pisang akan semakin cepat matang dan berubah menjadi warna cokelat.