Makan masakan rumah memang pilihan paling ideal. Selain lebih murah, kebersihan dan kesehatannya lebih terjamin daripada beli di luar. Tetapi untuk orang kantoran pasti tidak ada waktu untuk sarapan dirumah, dan oleh karena itu pasti mereka akan sarapan dikantor, di kantor pas ada kantin untuk jualan makanan. Disitulah kita dapat mengambil peluang dengan memulai usaha makanan ringan cepat saji.

Apakah anda tertarik untuk membuka usaha makanan ringan ? Memang cukup menjanjikkan,  usaha makanan ringan kini banyak berkembang dari tempat usaha sampai ke menunya.

Semakin ramai, semakin banyak juga pesanannya. Maka dari itu, dibutuhkannya waktu yang cepat untuk membuat makanannya.

Baca juga cara menjadi pengusaha pengupas bawang 

Keuntungan membuka usaha Makanan cepat saji :

Selain cepat layanannya, tenyata ada banyak keuntungan buka usaha makanan cepat saji lainnya yang bisa kita dapatkan.

  1.  Menghemat Waktu

Tidak perlu menunggu lama. Selain pelayanan yang cepat, tentunya, waktu untuk menyajikannya pun juga cepat. Pelanggan pun akan mudah bergantian sehingga usaha makanan Anda pun juga terlihat semakin ramai.

2.  Menghemat Pengeluaran

Makanan cepat saji biasanya memakai bahan makanan yang lebih sedikit. Bukan kualitas bahan yang juga rendah. Gunakkanlah bahan yang berkualitas tinggi dengan pemakaian bahan yang sedikit.

3.  Harga yang Bersaing

Apa yang dimaksud bersaing? Makanan cepat saji termasuk makanan yang lebih murah ketimbang makanan lainnya. Selain cepat, harganya juga bisa miring. Walaupun membutuhkan proses dalam membuka makanan cepat saji ini, Anda harus tetap bersabar dalam mencari pelanggan

Jenis-Jenis Makanan Cepat Saji :

  1.  Makanan Camilan

Anda suka camilan? Ternyata camilan juga bisa termasuk dalam kategori makanan cepat saji.  Selain bahannya mudah didapatkan, usaha makanan cepat saji ternyata juga mempunyai nutrisi yang cukup untuk kita. Sebagai contoh kue-kue kecil seperti kue cubit. Selain cepat, kue ini bisa Anda modifikasikan dengan bahan yang lebih sehat seperti buah-buahan.

2.  Makanan Daerah ( Tradisional)

Ada banyak makanan daerah yang bisa menjadi rekomendasi ketika Anda ingin buka usaha makanan. Salah satunya adalah pecel lele. Bukannya itu tidak sehat? Sebenarnya itu tergantung bagaimana Anda menyajikannya. Gantilah secara rutin minyak Anda agar nutrisi dagingnya tidak hilang dan juga lebih bermanfaat untuk dikonsumsi.

3. Makanan Luar Negri

Sudah pernah mencoba pasta yang asalnya dari Italia? Atau sushi dari Jepang?  Ternyata makanan tersebut bisa menjadi usaha makanan cepat saji juga. Carilah makanan cepat saji yang mudah dan tentunya sehat juga.

Sebagai contoh yaitu adalah takoyaki. Biasanya isi dari takoyaki ini adalah gurita atau daging ikan. Anda juga bisa mengkombinasikannya dengan bahan lainnya yang lebih murah. Cukup sehat bukan? Saya akan memberitahu bagaimana cara membuat takoyaki yang lezat, Yuk intip resepnya dan cara pembuatannya !

  • Takoyaki

Takoyaki adalah nama makanan asal daerah Kansai di Jepang, berbentuk bola-bola kecil dengan diameter 3-5 cm yang dibuat dari adonan tepung terigu diisi potongan gurita (Tako) di dalamnya. Meskipun berasal dari Jepang namun makanan ini cukup populer di Indonesia, Takoyaki ini menjadi hidangan utama di restoran-restoran besar. Pasti ingin mencoba membuatnya dirumah bukan?  Nah inilah cara membuat nya :

Bahan dan alat :

100 gr tepung terigu
340 ml air/susu cair
1 sdt kaldu bubuk
1 sdt kecap ikan
1 sdt bawang putih halus
1 butir telur
1 daun bawang
keju iris kotak kecil-kecil untuk isian

Langkah:

1. Blender semua bahan kecuali keju;
2. Panaskan cetakan kue cubit dengan api sedang, tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar. Kemudian tuangkan adonan ke cetakan kue cubit, beri irisan. Setelah setengah matang, balik adonan tadi agar berbentuk bulat;
3. Biarkan hingga berubah warna menjadi kecokelatan;
4. Tokayaki siap disajikan selagi hangat.

Cara membuat takoyaki sederhana ini cukup mudah bukan?

Masih banyak yang bertanya bagaimana cara membuat tepung adonan Takoyaki. Sebenarnya susah-susah gampang karena dibutuhkan takaran yang benar-benar pas untuk memunculkan cita rasa yang luar biasa enak. Nah, berikut ini adalah cara membuat tepung adonan Takoyaki:
1. Bahan utamanya adalah tepung terigu yang memiliki kandungan protein rendah, kurang lebih sebanyak 150 gram saja;
2. Talur ayam ukuran sedang atau besar. Kurang lebih sebanyak 2 butir. Kocok lepas di luar;
3. Baking powder kurang lebih 1 sendok teh jangan sampai lupa;
4. Susu cair kurang lebih 120 ml;
5. Katsuobushi sedikit saja atau kurang lebih 5 gram untuk campuran adonan Takoyaki. Untuk yang belum tahu, katsuobushi adalah makanan awetan (semacam abon) berbahan baku ikan cakalang;
6. Kaldu bubuk rasa ayam atau daging sesuai selera atau kurang lebih 1 sendok teh;
7. Air bersih secukupnya sekitar 350 ml.

Nah, itu adalah bahan yang dipakai untuk membuat tepung adonan Takoyaki.

 

Anda sudah mulai tertarik tuk buka usaha makanan ringan? Semoga contoh-contoh tersebut dapa berguna tuk menjadi rekomendasi Anda.