Kita akan bahas tentang berikut macam macam tanaman liar dan untuk obat. Tanaman liar ialah tumbuhan yang mempunyai daun berwarna hijau dan berbentuk kecil meruncing yang tumbuh dari dasar batang. Rumput seringkali dipakai untuk tanaman hias, tanaman obat, dan pakan ternak.

Berikut Macam Macam Tanaman Liar Untuk Obat

Berikut Macam Macam Tanaman Liar Untuk Obat

 

Jenis-jenis rumput di negara ini sangatlah banyak, akan tetapi mempunyai manfaat yang berbeda beda. Rumput ini dibedakan menjadi dua jenis. Yaitu rumput hias dan makanan hewan.

Namun pada artikel kali ini kita akan membahas tentang jenis jenis rumput liar yang sering di dapatkan oleh manusia karena keberadaannya ada di sekitar pekarangan rumah. Cek juga tentang teknik budidaya tanaman padi sawah.

Daripada penasaran, apa saja sih jenis jenis rumput liar?

Hemm langsung aja yuk.

Let’s Go.

Pada dasarnya semua rumput yang hidup di permukaan bumi adalah rumput liar.

Maka ada banyak orang yang juga memanfaatkan rumput ini sehingga namanya bisa terkenal hingga saat ini. Ada banyak sekali rumput liar di Indonesia. Ada yang bentuknya pendek-pendek tidak memiliki batang pohon yang tegak, ada yang seperti rumput jepang, bahkan ada juga rumput yang memiliki batang pohon yang tinggi.

Selain itu juga ada jenis-jenis rumput yang mempunyai batang dan daun namun bentuknya lebih kecil. Rumput jenis ini biasanya sebagai hama pengganggu pada tanaman.

Di bawah ini ada beberapa jenis jenis rumput liar yang perlu kalian ketahui.

1. Putri Malu

 

Rumput putri malu sering ditemukan di pinggir jalan dan di pingggir rumah yang banyak rumputnya. Jenis rumput ini cepat berkembang biak dan memiliki batang berbentuk bulat berbulu dan berduri. Jika daun pada rumput ini disentuh maka akan menutup.

Manfaaat Rumput Putri Malu

Berikut tentang penjelasan manfaat rumput putri malu.

1. Menyembuhkan Luka Bagi Penderita Diabetes

Tumbuhan yang sangat sensitif terhadap rangsangan ini ternyata punya khasiat ajaib untuk menyembuhkan luka bagi penderita diabetes lho. Hal ini sudah dipraktekkan oleh penelitian salah satu universitas yang besar ternama di Indonesia.

Ekstrak kloroform yang terdapat dalam akar tumbuhan inilah yang sudah diduga ampuh banget untuk menyembuhkan luka yang dialami para penderita diabetes.

2. Menyembuhkan Batuk

Buat kalian yang baru batuk dan sudah juga minum berbagai obat tapi juga belum sembuh, cobain deh konsumsi air rebusan dari daun putri malu ini. Soalnya mengandung banyak zat yang ada di tumbuhan ajaib ini dipercaya ampuh untuk mengobati batuk dan dahak.

Air rebusan daun putri malu juga bisa buat obat alami dalam menyembuhkan penyakit pernapasan seperti batuk dan semacamnya . Cukup dengan memasak 10-15 gram daun putri malu, kalian dapat meminum ramuan ini.

3. Mengobati Hepatitis

Tanaman yang mendapatkan berbagai zat yang sangat bermanfaat seperti mimosin, tanin, asam pipekolinat ini, ternyata bisa menjadi obat herbal alami untuk menyembuhkan penyakit hepatitis lho.

Gak cuma itu, dengan meminum air rebusan daun putri malu ini juga bisa meminimalisir gejala peradangan pada organ hati, akibat dari virus penyakit hepatitis. Nah, ajaib banget kan tumbuhan ini, guys.

4. Menghentikan Pendarahan Dan Infeksi

Ekstrak bubuk tumbuhan ajaib ini juga bisa menghentikan pendarahan dan infeksi lho. Kandungan rumput ini mempunyai tanin dan antioksidan yang ada pada putri malu inilah yang mampu menghentikan pendarahan dan menurunkan risiko infeksi, serta membantu dalam proses pembentukan kulit yang lebih sehat.

2. Alang-Alang

Rumput ilalang memiliki nama lain alang-alang. Rumput jenis ini banyak sekali kalian di jumpai di pinggir jalan, hutan, ataupun di pesawahan yang tanahnya mengering. Dilihat dari perkembangannya, rumput ilalang scepat sekali untuk menambah keturunan bibitnya. Hal itu karena beberapa faktor lain.

itulah penjelasan tentang berikut macam macam tanaman liar dan untuk obat. Semoga bermanfaat.