Halo bertemu lagi dengan saya, kali ini ini saya akan menulis artikel yang membahas tentang macam macam rumput hias. Sebenarnya ada banyak macam macam rumput yang tumbuh di Indonesia tetapi pada artikel ini kita akan lebih membahas tentang macam macam rumput hias yang biasa kita jumpai di taman umum maupun rumah.

Nah, untuk kalian yang belum tahu tentang macam macam rumput lhias, maka kalian bisa membaca artikel ini. Supaya kalian mengetahui tentang rumput hias yang ada di sekitar kita. Tapi sebelum itu apa kalian sudah tahu, apa itu rumput hias? Jika belum, berikut penjelasannya.

Apa itu Rumput Hias ?

macam macam rumput hias

Rumput hias yaitu rumput yang sudah biasa kita jumpai di tempat tempat umum seperti sekolah, lapangan, rumah, taman kota, dan masih banyak tempat lainnya. Tanaman ini berfungsi sebagai pelengkap dalam hiasan taman yang berfungsi menambah indah pemandangan menjadi hijau, asri, dan sejuk.

Macam Macam Rumput Hias

1. Rumput Golf

Sesuai dengan namanya dari rumput ini di pakai untuk menutupi tanah yang ada di lapangan golf, akan tetapi dengan seiring dengan berkembangnya zaman sekarang mulai di gunakan untuk hiasan taman di rumah.

Perawatan dan penanaman yang harus di lakukan untuk rumput golf tidaklah mudah, ini di karenakan membutuhkan resapan yang baik berupa tumpukan pasir, ijuk, batu, serta pipa untuk pengairan dari bawah permukaan tanah.

Selain itu, rumput golf ini juga membutuhkan sinar matahari penuh yaitu 100%. Di sarankan rumput golf juga tidak terlalu sering diinjak, karena dapat menyebabkan kerusakan pada rumput. Dan pemangkasan di lakukan setiap dua minggu sekali.

2. Rumput Jepang

Tumbuhan adalah salah satu macam rumput yang sudah dikenal sebagai  rumput hias yang indah. Tanaman ini sangat populer di kalangan masyarakat dan mungkin juga anda menggunakannya untuk mempercantik taman yang ada di rumah anda.

Biasanya rumput ini di tanam dengan tujuan untuk menutupi tanah yang kosong yang tidak atau belum di tumbuhi tumbuhan dan juga untuk menambah keindahan taman agar tampak hijau dan asri.

Walaupun mempunyai nama rumput jepang, tumbuhan ini tidaklah berasal dari Jepang. Nama ini di dapatkan di karenakan kebiasan orang indonesia untuk membedakan jenis tanaman berdasarkan ukurannya agar mudah diingat.

Jika di bandingkan dengan jenis rumput hias lainnya rumput jepang bisa membuat taman menjadi terlihat lebih rapi, selain itu rumput ini sangat baik untuk menyerap genangan air, sehingga pada saat hujan lebat sekalipun anda tidak akan menemui genangan air pada taman anda.

macam macam rumput hias

3. Macam Macam Rumput Hias : Rumput Gajah

Tumbuhan ini adalah salah satu tumbuhan yang dimanfaatkan sebagai hiasan di taman. Nama latinnya adalah Pennisettum Purperium Schamach. Tanaman ini adalah versi mini dari rumput gajah. Sesuai namanya ukurannya lebih kecil dari tanaman asli biasanya, karena digunakan untuk taman.

Rumput gajah mini memiliki keunggulan yaitu harganya yang murah, selain itu jenis rumput hias ini tahan lama dan kuat di imjak, Jadi tumbuhan ini sangatlah cocok untuk di gunakan untuk menghiasi taman yang sering di lewati oleh banyak orang.

Ciri khas dari rumput gajah mini adalah pola alur pertumbuhannya. Daunnya bukannya tumbuh ke atas malah tumbuh menyamping. Tetapi rumput ini juga mempunyai kekurangan, yaitu tekstur daunnya kasar dan ukuran daunnya yang cukup besar. Juga pertumbuhannya yang sangat cepat.

Perawatan juga harus sering sering di lakukan yaitu dengan memotongnya karena pertumbuhannya yang sangat cepat. Penyiaraman tidak harus sering hanya seminggu sekali kecali musim kemarau.

4. Rumput Peking

Rumput peking adalah tanaman yang tahan terhadap cuaca dingin, nah jika rumah yang anda tempati merupakan daerah yang dingin seperti di Wonosobo. tanaman ini adalah pilihan yang cocok untuk di tanam di taman anda karena rumput ini tahan terhadap cuaca dingin.

Untuk ciri ciri dari rumput peking hampir sama dengan rumput jepang yang membedakan hanyalah tumbuhnya yang jarang. Biasanya daun pada rumput peking akan berubah menguning bagian bawahnya jika sudah sangat lebat, hal ini di sebabkan karena tidak terkena cahaya matahari.

Jadi jika ingin taman anda selalu terlihat indah, anda harus sering sering memangkasnya jika rumput ini sudah mulai tumbuh lebat karena jika tidak warnanya akan berubah menjadi kuning.

5. Macam Macam Rumput Hias : Rumput Swiss

Merupakan jenis rumput yang paling halus dan mahal jika dibandingkan dengan jenis-jenis lainnya. Namun, tanaman jenis ini memerlukan cahaya matahari yang penuh, minimal 80% agar tumbuh dengan baik.

Oleh karena itu rumput swiss jangan sampai lembab, karena jika sampai lembab pertumbuhannya tidak akan maksimal. Agar tetap terlihat indah dan bagus, harus dilakukan pemangkasan minimal sebanyak sebulan sekali.

Tanaman ini sebaiknya tidak diberi pupuk kandang melainkan pupuk urea, karena jika diberi pupuk kandang akan menumbuhkan rumput liar yang menyebabkan rumput swiss mati. Untuk pemberian pupuk bisa dilakukan sebulan sekali secara rutin.

 


Itulah macam macam rumput hias yang biasa kita temui baik di rumah maupun di tempat tempat umum lainnya. Semoga  dengan artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda. Sampai jumpa di artikel lainnya.