resep es kelapa muda susu – Buah kelapa tumbuh subur di Indonesia karena didukung oleh iklimnya yang tropis, dari wilayah penyebarannya tanaman kelapa menyebar di seluruh pelosok tanah air.

Luas areal perkebunan kelapa di Indonesia sebagian besar diusahakan sebagai perkebunan rakyat yang tersebar di seluruh pelosok Nusantara dengan rincian pulau Sumatera 32,90%, Jawa 24,30%, Sulawesi 19,30%, Kepulauan
Bali, NTB dan NTT 8.20%, Maluku dan Papua 7,80%, dan Kalimantan 7,50%.

Dari data diatas tentunya manfaat pohon kelapa mendatangkan devisa yang besar bagi negara. Apalagi air kelapa khususnya kelapa muda yang bernilai ekonomi tinggi, sebab dapat dipadukan dengan bahan campuran lain menghasilkan kreasi minuman yang berbeda.

resep es kelapa muda susu

kelapa muda yang dapat dipadukan menjadi minuman yang beraneka jenis

Pada artikel kali ini saya akan membagikan kreasi es kelapa muda susu. Adapaun bahan dan cara pembuatannya.

Bahan-bahan yang diperlukan :

  1. 1 butir kelapa muda, keruk dagingnya
  2. Susu cair +-750 ml
  3. 50 g  gula pasir (takaran disesuikan kebutuhan)
  4. Air 100 ml
  5. Es balok/serut

Apabila anda ingin berkreasi dapat pula mencampurkan bahab-bahan diantaranya : madu, cincau, perasan jeruk nipis atau pewarna makanan laiinnya.

Langkah-langkah pembuatan :

  1. Masukkan gula pasir di panci yang sudah disiapkan kemudian tambahkan air.
  2. Diaduk-aduk sampai mendidih, angkat dan biarkan dingin.
  3. Kemudian tambahkan kelapa muda, susu dan bahan-bahan lain sesuai selera.
  4. Tambahkan es batu/serut.

Caranya cukup mudah kan ?

Anda dapat mengkombinasikannya dengan bahan lain tergantung selera anda. Selain kandungan zat gizi/nutrisi alami dari air kelapa jika dipadukan dengan susu yang kaya mineral dan zat besi kandungan didalamnya akan lebih lengkap. Karena kelapa merupakan salah satu bahan nabati alami dan susu merupakan produk hewani yang nutrisi yang berasal diantaranya dari sapi dll.

Jadi tidak ada salahnya es  kelapa muda susu ini anda coba untuk hidangan minuman anda, dan juga pelepas dahaga tentunya, rasanya akan sangat nikmat karena bila dipadukan dengan madu. Minuman ini sangat menyehatkan dan bermanfaat bagi pemenuhan nutrisi manusia, apalagi bila kita tambahkan es untuk menambah kesegran rasanya.

Yang perlu diperhatikan adalah komposisi gula didalamnya, Jika takut gemuk bisa mengganti gula dengan madu atau gula rendah kalori buat diet.