Kopi Paling Enak Di Indonesia –  Indonesia dikenal dengan tanahnya yang sangat subur, selain dikenal kaya akan rempah, bumi pertiwi kita juga dikenal kaya akan aneka ragam kopinya. Kopi menjadi minuman wajib setiap saat, terlebih lagi ketika pagi hari. Keharuammanya serta rasanya mampu membangkitkan semangat untuk mengawali hari.

Sebagai penggemar berat kopi rasanya sangat sayang bila kita sering mencoba espresso, americano, coffee late atau kopi luar lainnya tapi tidak merasakan kopi dari tanah sendiri. Kita sebagai warga yang cinta negara sendiri, pastinya wajib coba Kopi Paling Enak Di Indonesia berikut ini.

BACA JUGA : Harus Cobain!! 10 Jenis Kopi Paling Enak Di Indonesia

Kopi Paling Enak Di Indonesia

1. Kopi Toraja

 

Daerah di Sulawesi Tenggara lebih tepatnya di Toraja, memang dikenal sebagai daerah penghasil kopi. Bahkan kopi Arabika dari Toraja mampu menembus pasar import dan menjadi kopi berkualitas terbaik. Kopi multidimensi ini mempunyai teksture yang kental, sehingga ketika kopi bubuk diseduh akan cepat mengendap pada cangkir. Rasanya sangat nikmat karena pada kopi Toraja terdapat keseimbangan rasa coklat hitam dan buah. Akan lebih nikmat bila diseduh tanpa gula, sensasi gurih dan segar seketika akan langsung terasa. Masyarakat Jepang dan Amerika sangat menyukai kopi Toraja ini.

2. Kopi Sidikalang

 

Kopi ini menjadi kopi Arabica asli dari Indonesia yang juga telah mendunia, aroma kuat dan rasa nikmat membuat banyak orang jatuh cinta pada kopi tersebut. Kopi yang menjadi ikon daerah Sumatera Utara tersebut ditanam di pegunungan yang kaya akan mineral, sehingga menghasilkan kopi berkualitas tinggi. Inilah yang membuat kopi tersebut banyak dinikmati dan menjadi salah satu Kopi Paling Enak Di Indonesia.

3. Kopi Jawa

 

Kopi Jawa atau yang sering dikenal dengan Java Arabica, menjadi salah satu kopi terbaik dan dikenal hingga seluruh penjuru dunia. Java Arabica ini tumbuh subur dikawasan Kawah Ijen, Jawa Timur. Cita rasa pedas ketika diminum, tapi meninggalkan rasa manis nan lembut setelah ditelan. Tak heran bila banyak wisatsawan rela jauh-jauh ke Indonesia untuk mencoba Java Arabica tersebut. Lebihnya lagi kopi tersebut mempunyai kadar asam yang lebih rendah, membuat perut kita terasa lebih aman untuk menikmati kopi asli Indonesia yang telah mendunia tersebut.

Begini Cara Menghaluskan Kopi Hijau Yang Benar !

4. Kopi Lintong

 

Sumatera memang menjadi daerah penghasil kopi yang cukup populer, satu diantaranya adalah kopi Lintong. Kopi ini tumbuh dengan subur didaerah Lintong, Nihuta, Danau Toba, Sumatera. Aroma kopi ini sangat unik, beraroma rempah-rempah dengan rasa sedikit pedas, unik dan nikmat. Rasa asamnya yang ringan menambah kesegaran dan kenikmatan kopi Lintong.

5. Kopi Gayo

 

Masih berada di kawasan Sumatera, lebih tepatnya di daerah Gayo Aceh. Varietas kopi Arabica tumbuh subur dikawasan Gayo, Aceh Tenggara. Kenikmatannya telah mendunia, dibuktikan dengan penghargaan sebagai kopi terbaik didunia. Buktinya bahwa kopi dari Aceh Gayo ini telah mendapatkan Fair Trade Certified dari Organisasi International Fair Trade tahun 2010. Dan rasanya penghargaan ini sangat pas disematkan pada kopi tersebut, aromanya sangat kuat dan begitu khas. Sekali meneguk macam macam jenis kopi di Indonesia ini rasa gurih, pahit dan sedikit manis mampu membuai lidah serta langsung membuat mata anda terbuka. Negara tujuan ekspor kopi ini seperti Eropa dan Amerika Serikat.

6. Kopi Wamena

 

Siapa yang tidak mengenal kopi Wamena, kopi yang sangat tersohor di dalam dan luar negeri. Varietas kopi Arabica asal Wamena Papua tersebut juga telah mendunia. Kopi ini berbeda dengan kopi Indonesia lainnya, karena benar-benar organik tanpa sentuhan bahan kimia seperti pestisida. Kemurniaannya ini ternyata mampu menghasilkan rasa yang berbeda. Rasa kopi ini begitu kuat, jadi cukup sedikit bubuk kopi telah terasa. Kadar asam pada kopi juga sedikit, membuat aman bagi penderita magh sekalipun, sehingga menjadi kopi Indonesia paling enak dan recommended. Aroma kopinya pun sangat harum dan membuat banyak orang jatuh cinta dengan kopi Wamena tersebut. Teksture lembut bercita rasa pahit dan manis yang berbeda dari kopi biasanya membuat kopi Wamena sering disamakan dengan kopi Jamaica Blue Mountain. Dan sejak tahun 2000, produksi kopinya diekspor ke Amerika, Singapura, Jepang serta Australia.