Salah satu yang menarik perhatian bagi para pencinta kopi internasional adalah varian dari campuran kopi dan bawang putih ini. Seperti yang kita ketahui bawang putih merupakan bumbu dapur yang digunakan untuk campuran dalam membuat makanan.

Kopi dan bawang putih dicampur jadi kopi bawang putih? Minuman bercita rasa pahit ini merupakan salah satu jenis kopi yang sudah selalu menjadi bagian dari gaya hidup para pencita kopi di dunia. Baca juga Resep Kue Kopi Kukus jika ingin membuat kue dari kopi.

Penemu Campuran Kopi Dan Bawang Putih

Dalam usia yang sudah di bilang tidak muda lagi, Yokitomo Shimotai justru masih aktif dalam menemukan ide-ide baru di bidang makanan.

Pria 74 tahun ini menggunakan bawang putih sebagai bahan dasar kopi. Oleh karena itu kopi ini tentu tidak familiar bagi para pecinta kopi.

Pasalnya, bawang putih dikenal semua orang dengan rasanya yang getir dan sedikit pedas, juga aromanya yang kuat dan berbau yang kurang nikmat. Namun kopi yang dibuat oleh Yokitomo Shimotai  hanya mempunyai sedikit bau bawang putih panggang dan memiliki rasa yang sama persis dengan kopi pada umumnya.

Prosedur Campuran Kopi Dan Bawang Putih

Tahap Awal Kopi Bawang Putih

Menurutnya, kopi bawang putih merupakan salah satu dari hasil kesalahan terbesarnya. Pada waktu 30 tahun yang lalu, saat Yokitomo Shimotai sedang membakar bawang putih dan daging steak secara bersamaan, bawang putih tersebut malah hangus.

Karena penasaran, melihat potongan bawang putih yang hangus terbakar maka timbul sebuah ide baru, yaitu dengan menumbuk bawang yang sudah hangus tersebut dan ditambahkan dengan air panas. Hasilnya ternyata terasa mirip dengan kopi sungguhan, baik dari segi rasa dan warnanya.

Proses Campuran Kopi Dan Bawang Putih Jadi Kopi Bawang Putih

Guna untuk mendapatkan kopi giling yang mudah larut, Yokitomo Shimotai membakar bawang putih dengan cara dimasukkan ke dalam oven elektrik hingga bawang putih tersebut berubah menjadi kering dan menghitam. Kemudian ditumbuk hingga halus agar dapat dilarutkan dan memasukkan dengan dripbag coffee atau kantong pembungkus kopi.

Menurut Yokitomo Shimotai rasa pahit dari bakaran bawang putih itulah yang terasa seperti kopi sungguhan.

Kini, kopi bawang putih telah diproduksi masal dan dijual belikan di kedai kopi Aomori Prefecture, Jepang.

Yokitomo Shimotai mengakui bahwa kopinya masih beraroma bawang putih bakar. Tetapi tenang saja, kamu tidak akan mengalami bau mulut ketika meminum kopi tersebut, karena bawang yang digunakan benar-benar sudah matang.

Rasa dari kopi pahit yang didapat dari campuran bawang putih panggang ini sangat mirip dengan kopi asli. Jadi kopi ini akan tetap nikmat untuk dikonsumsi sehari-hari. Berani coba kopi bawang putih yang sehat ini?

Kopi bawang putih dibuat di parbik Tekuno Baisen Kobo, Ninohe, Perfektur Iwate, miliknya.

Tiap satu kemasan kopi bawang putih dibanderol dengan harga 324 yen (sekira Rp 38.000 atau sekitar Rp 40.000 per kantong dripbag-nya) tentunya masih standar kan?.

Manfaat Kopi Dan Bawang Putih Jadi Kopi Bawang Putih

  1. Tidak mengandung kafein

Manfaat kopi dan bawang putih sudah terbukti tidak mengandung kafein. Tidak berbahaya bagi lambung artinya kopi ini pastinya aman untuk dikonsumsi. Pada dasarnya hanya bawang putih panggang dapat untuk membantu mencegah penyakit kardiovaskular.

Bawang putih juga memiliki manfaat antiinflamasi dan mengurangi penggumpalan darah sehingga tidak berbahaya bagi kondisi jantung.

  1. Dapat di konsumsi bagi para wanita hamil

Kopi dan bawang putih aman untuk para wanita hamil. Bagi siapapun yang ingin mencoba dan menikmati kopi ini tetapi takut karena sedang masa hamil, tenang saja karena kopi ini tidak mengandung kafein sehingga cukup aman dan tidak berbahaya.

  1. Dapat juga dikonsumsi oleh

Bagi para pencipta kopi yang ingin minum dan menikmati kopi dan bawang putih ini di waktu malam hari, sehingga dapat dilakukan tanpa merasa takut akan membuat kita mengalami insomnia atau gangguan tidur.