Sudah bosan dengan camilan yang itu – itu saja? Yuk coba buat camilan dengan kreasi yang unik, seperti membuat kerupuk udang sambal balado yang akan saya tulis disini.

Camilan yang terbuat dari kerupuk udang ini pastilah rasanya gurih, renyah, dan pedas. Sangat cocok bagi anda yang menyukai makanan pedas.

Tapi jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas secara berlebihan yaa, karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas tidak baik bagi tubuh. Yuk langsung saja kita coba kerupuk udang sambal balado ini. Resep dan cara membuat kerupuk udang sambal balado :

Bahan – bahan kerupuk udang sambal balado :

1 bungkus kerupuk udang

20 ml minyak goreng

30 gr bawang merah

50 gr cabe merah

20 gr tomat

1/4 sdt garam

50 gr gula pasir

50 gr daging sapi, iris tipis,

Cara membuat kerupuk udang sambal balado :

  1. Sambal balado: Haluskan bawang merah, cabe merah, tomat, dan garam. Kemudian tumis sampai harum.
  2. Setelah harum, tambahkan gula ke dalamnya, dan masak sambal balado sampai matang dan sedikit kering.
  3. Iris tipis daging sapi, kemudian goreng sampai garing. Angkat.
  4. Cara penyajian: Ambil satu buah kerupuk, kemudian ambil sedikit daging yang sudah digoreng kering. Tambahkan sedikit sambal balado di atasnya. Sajikan.

Baca Juga : Cara Membuat Kerupuk Udang Renyah Dan Manfaatnya Bagi Tubuh!

Bahaya Mengkonsumsi Makanan Pedas

Terlalu banyak mengkonsumsi pedas tidak baik bagi tubuh, banyak bahaya yang mengintai dari makanan pedas ini, antara lain :

1.      Menyebabkan Diare Dan Mulas

Efek panas dan pedas yang muncul karena pengaruh senyawa pembawa rasa pedas ini memengaruhi pencernaan. Pada jangka pendek memicu produksi sejumlah enzim pencernaan, salah satunya adalah enzim asam hidroklorik.

Asam hidrokrolik inilah yang menyebabkan kadar asam pada lambung dan pencernaan meningkat. Namun di sisi lain kemampuannya cukup efektif untuk mendorong kinerja bakteri dalam pencernaan.

Sekaligus menarik banyak air yang kemudian akan bekerja membersihkan dan mendorong makanan dalam usus. Pencernaan akan lebih lancar dan memudahkan feses keluar dari usus besar.

2. Menyebabkan Kontraksi

Konsumsi makanan pedas dapat menyebabkan pelepasan hormon prostaglandin. Sejumlah besar prostaglandin melepaskan dan meningkatkan otot polos sehingga menghasilkan kontraksi.

3. Beresiko Terkena Masalah lambung Seperti Maag, Tukak Lambung, Gerd, dll

Seorang yang sering makan makanan yang pedas, dalam jangka waktu lama kemungkinan besar dapat menderita penyakit maag. Maag juga dapat mengarah ke maag dalam tingkatan yang akut.

Tidak hanya itu, Makanan pedas mengakibatkan kerusakan dinding lambung. Ini dikarenakan, jenis makanan yang pedas merupakan kombinasi asam dan terlalu banyak asam masuk keperut, maka menyebabkan kerusakan dinding lambung anda. Dan masalah lambung lainnya akibat makanan pedas adalah penyakit Ulkus Gaster atau tukak lambung.

4. Bila Terkena Kulit Akan Menjadi Kemerahan

Memegang cabe atau makanan pedas lainnya sebelum dikonsumsi dapat mengakibatkan tangan anda mengalami sindrom tangan Hunan. Sindrom tangan Hunan ini berupa sakit, kemerahan serta bengkak di area kulit yang terkenan makanan pedas tadi.

5. Menyebabkan Sakit pada Dinding Lambung

Pedas menjadi salah satu faktor yang dapat membuat asam lambung meningkat. Memakan makanan pedas dalam jumlah yang banyak akan membuat asam lambung meningkat dalam jumlah yang banyak pula. Jika asam lambung ini dalam jumlah banyak, maka akan mengiritasi dinding lambung.

6. Menyebabkan Lidah Menjadi Mati Rasa

Jika kamu memakan makan pedas pada level yang sangat tinggi, akibat yang mungkin terjadi adalah mati rasa yang akan dialami lidah. Kondisi lidah mati rasa ini dapat mencapai hingga tiga hari bila kamu tidak terbiasa terhadap tingkatan pedas tersebut.

7. Mengakibatkan Susah Tidur

Makanan pedas juga dapat menyebabkan sulit tidur. Sebaiknya kamu mengkonsumsi makanan pedas pada saat siang hari dan jangan pada malam hari.

8. Bila Terkena Mata, Menyebabkan Mata Menjadi Perih

Jika setelah memegang makanan pedas kamu lupa mencuci tangan, dan tidak sengaja menyentuh mata, maka mata pun pasti akan terasa perih. Bermula dari perih, efek dari terkena makanan pedas di mata dapat juga membuat area sekitar mata menjadi membengkak.

Gunakan handuk yang sudah dibahasi lalu usapkan beberapa pada mata dan area sekitar mata. Jika perih semakin parah kondisinya, segera hubungi dokter.

9. Mengakibatkan Insomnia

Ternyata rasa pedas bisa berpengaruh juga pada kualitas tidur. Makan makanan pedas terlalu banyak mengakibatkan Anda terkena insomnia atau susah tidur pada malam hari. Sebaiknya hindari mengonsumsi makanan pedas saat makan malam.

10. Sakit Kepala

Sakit kepala sering dikaitkan dengan stres atau tubuh yang kurang istirahat. Padahal sakit kepala juga dapat dipicu oleh asupan makanan atau minuman yang dikonsumsi. Makan makanan pedas ketika perut kosong akan mengakibatkan Anda terkena serangan sakit kepala.

11. Sariawan

Terlalu sering makan makanan pedas memang lebih rentan mengalami sariawan. Dan parahnya, hal ini akan menganggu kenikmatan dalam menyantap makanan.

12. Kulit Berminyak

Terlalu banyak mengonsumsi cabai apa lagi yang digoreng akan membuat kulit menjadi berminyak. Selain itu, cabai dapat menimbun lemak di wajah sehingga mudah menimbulkan jerawat.

13. Berat Badan Menurun

Makanan pedas mengakibatkan berat badan anda semakin menurun. Jadi kurangi atau hilangkan dari kebiasan memakan makanan yang pedas jika anda ingin agak gemuk atau anda yang tergolong kurus.

 

Baca artikel lainnya :  Cara Membuat Kerupuk Ikan Patin Lezat dan Gurih!