Cara membuat keripik sayuran wortel renyah

Mungkin sebagian orang hanya mengetahui bahwa sayuran wortel ini biasanya dibuat sebagai makanan sop, masakan tumis, capcay maupun minuman jusdan olahan lainnya. Tetapi kali ini sayuran wortel ternyata bisa diolah menjadi makanan cemilan sehat seperti wortel.

Bahan baku wortel yang dipergunakan memiliki banyak kandungan nutrisi yang diperlukan di dalam tubuh, apalagi kandungan nutrisis dalam wortel tersebut baik untuk kesehatan mata.

Keripik Wortel

Wortel merupakan salah satu sayuran yang memiliki sangat kaya akan vitamin A serta magnesium Vit.B1 zat besi, dan lain sebagainya. Keripik sayuran wortel adalah makanan yang menyehatkan dan pas dihidangan disaat berkumpul dengan keluarga maupun teman.

Makanan yang satu ini termaksud kedalam cemilan yang sangat menyehatkan, maka tidak akan ragu jika dijadikan sebagai cemilan sehari-hari. Keripik wortel memiliki rasa yang gurih, renyah serta khas dari wortel.

Pada saat ini banyak penjual keripik wortel, namun memiliki citarasa yang tidak enak dikarenakn biasanya hanya menggunakan bahan perasa wortel bukan darii wortel aslinya.

Solusinya jika ingin keripik sayuran wortel yang sesuai selera dengan cara membuat sendiri keripik tersebut. Apalagi dalam pembuatannya keripik wortel ini sangatllah mudah, serta bahan dan bumbu yang akan digunakan sangat mudah unutk didapatkan.

Bahan-bahan membuat keripik sayuran wortel :

Dalam membuat keripik sayuran wortel berbahan sebagai berikut :

  1. 150 gram yang masih segar lalu diparut hingga halus
  2. Garam sebanyak 1 ons
  3. Bawang merah 1 ons
  4. 1 ons bawah putih
  5. Penyedap rasa sebesar 20 gram atau sesuai selera
  6. Gula pasir sebanyak 50 gram
  7. Tepung terigu sebanyak 300 gram
  8. Ketumbar secukupnya
  9. 30 gram tepung maizena
  10. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Bahan tambahan lainnya seperti :

  1. 50 gram gula tepung
  2. 2 sendok teh kayu manis bubuk
  3. ½ sendok tek baking powder
  4. 1 butir telur ayam

Cara membuat keripik sayuran wortel :

Cara membuat keripik sayuran wortel adalah :

  1. Terlebih dahulu siapkan satu wadah yang akan digunakan unutk membuat adonan keripik wortel.
  2. Dalam wadah tersebut masukkan wortel yang sudah diparut, tepung terigu, baking powder, tepung maizena, gula halus, garam dan telur. Lalu aduk hingga menggumpal baru kemudian campurkan bahan tersebut diaduk hingga tercampur secara merata.
  3. Kemudian adonan tersebut dibungkus dengan menggunakan daun pisang dan di gulung secara memanjang dan di kukus selama 2 hingga 3 jam sampai adonan tersebut benar-benar matang. Pada proses ini dapat menggunakan gulungan mie.
  4. Lalu angkat kukusan tersebut dan dinginkan hingga bisa untuk di iris. Irislah secara tipis-tipis dan dijemur hingga benar-benar kering dan mengeras selama 2 hingga 3 hari tergantung pada cahaya sinar matahari.
  5. Selanjutnya pipihkan adonan yang telah dibuat diatas tempat yang datar, lalu adonan dicetak dengan menggunkana ring yang berbentuk bulat dnegan ukuran yang paling kecil.
  6. Kemudian setelah adonan selesai di cetak, terlebih dahulu panaskan minyak goreng diatas api yang sedang dan gorenglah adonan tersebut hingga kerin dan merekah serta tunggu hongga matang. Jangan lupa untuk membolak-balikkan agar tidak gosong dan matang secara merata. Selanjutnya angkat dan dtiriskan.
  7. Campurkan semua bahan taburan seperti bubuk kayu manis dan gula halus.
  8. Setelah itu taburi dan aduk hingga merata dengan bahan taburan yang telah disipkan sebelumya.
  9. Keripik wortel diap untuk dihidangkan.

Segeralah masukkan keripik tersebut kedalam toples agar bisa bertahan lama dan tidak merusak citarasa dari keripik tersebut.

Baca Juga : resep tempe sagu yang gurih dan kriuk nikmat