Keripik Pare – Begitu juga dengan tanaman pare. Buah pare, hasil budidaya petani kami, terkadang diproduksi berlebihan dan menyebabkan suplai berlebih di pasaran. Jika hal ini terjadi sementara permintaan pare cenderung stabil, otomatis harga pare akan turun. Selain itu, konsumen pare untuk kebutuhan sayur tidak terlalu memperhatikan rasa pahit pare.

Artinya, para pecinta keripik pare pun dibatasi untuk konsumsi sayurnya. Untuk mengatasi hal tersebut telah dilakukan upaya pembuatan buah pare menjadi keripik pare yang renyah. Buah pare ini atau dalam nama latinnya Momordica Charantia L, sedangkan pahitnya ternyata mengandung berbagai manfaat yang begitu baik untuk kesehatan.

Buah hijau ini mengandung berbagai macam vitamin, seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, kalsium, kalium, zat besi, seng dan fosfor.

 

Langkah-Langkah Membuat Keripik Pare Crispy

Cara pembuatan keripik pare ini menawarkan sejumlah keunggulan dan diolah menjadi keripik buletin. Semakin banyak orang yang menyukai dan merasakan manfaat dari pare ini.

keripik pare

keripik pare

 

Bahan Masakan:

  • 1 kg pare mentah
  • 1 butir telur
  • 300 gram tepung beras
  • 100 gram tapioka
  • 0,5 liter minyak goreng

Bumbu Masakan:

  • 1 sendok teh kaldu bubuk
  • 1 sendok teh bawang putih bubuk / bisa dibalik
  • 1/2 sendok teh garam / sesuai selera
  • Air mendidih secukupnya (sekitar setengah panci berukuran sedang)

 

Langkah-Langkah Pembuatan Keripik Pare Crispy

  1. Siapkan pare untuk dicuci, potong dan buang isinya.
  2. Potong buah pare menjadi irisan tipis, lalu tambahkan 1,5 sendok makan garam dan oleskan semuanya pada bagian yang sudah dipotong pare.
  3. Anda tidak perlu meremasnya dan diamkan selama sekitar 10 hingga 20 menit.
  4. Setelah kurang lebih 20 menit, cuci dan bilas pare hingga benar-benar bersih, lalu peras dengan kuat hingga benar-benar habis.
  5. Ulangi langkah ini 3-4 kali. Langkah ini untuk mengurangi rasa pahit pada buah pare.
  6. Setelah dicuci, kita siapkan wajannya, isi dengan air dan masak sampai mendidih.
  7. Matikan api oven dan masukkan pare yang sudah dicuci ke dalamnya sampai benar-benar terendam dalam air panas.
  8. tiriskan segera selama 3 menit dan letakkan di baskom berisi air dingin. Kemudian peras kembali pare hingga benar-benar habis.
  9. Ini hasil buah pare yang siap diolah menjadi keripik / goreng.
  10. Langkah selanjutnya adalah mencampurkan tepung beras, tepung tapioka, kaldu bubuk, bawang putih bubuk, dan garam, lalu aduk rata.
  11. Kocok 1 butir telur lagi, tambahkan sedikit garam dan kaldu. Tuang ke dalam kue pres dan aduk sampai semuanya tercampur rata.
  12. Siapkan wajan dan tuangkan minyak dalam jumlah banyak.
  13. Sambil menunggu minyak panas, masukkan pare yang sudah dicampur telur kocok ke dalam adonan tepung kering.
  14. Aduk rata hingga pare tertutup tepung secara merata dan tidak lagi saling menempel.
  15. Goreng pare dalam minyak panas dengan api sedang.
  16. Jangan khawatir pahit melon tidak saling menempel. Jangan lupa aduk sesekali setelah masak, angkat segera dan tiriskan (ditandai minyak terlihat kalem).
  17. Biarkan dingin, lalu simpan dalam toples.

 

Manfaat Pare Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Sebagai pembunuh sel kanker
Kanker merupakan salah satu jenis penyakit yang menyerang tubuh kita. Ada banyak orang yang terkena penyakit ini dan kemudian meninggal. Salah satu pencegahannya adalah dengan mengkonsumsi jus pare ini. Terdapat zat dalam pare yang dapat membunuh sel kanker di tubuh penderita. Jadi tidak ada salahnya mengkonsumsi buah ini.

Menurunkan jumlah gula dalam tubuh
Bagi penderita diabetes atau sakit, sebagian besar zat gula dalam tubuh sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi olahan pare ini. Banyak orang telah mencoba konsumsi volume tinggi dan kemudian menunjukkan bahwa itu menurunkan kadar gula dalam tubuh. Hal ini dikarenakan adanya rasa pahit pada pare yang berfungsi sebagai penurun kadar gula dalam makanan dan tetap berada di dalam tubuh kita