Peluang berbisnis, Keripik kulit mangga Anda harus jeli melihat suatu peluang. Bagi anda yang memiliki jiwa pebisnis, pasti pintar melihat peluang sekalipun peluang itu jarang dilirik orang.

Dewasa ini bisnis pengolahan daging buah-buahan menjadi aneka camilan sudah banyak dilakukan, tapi masih sedikit yang mulai melirik akan pemanfaatan kulit buahnya. Kalau biasanya mangga hanya dimanfaatkan daging buahnya saja, bagi anda yang kreatif pasti mulai tertarik memanfaatkan limbah kulit mangga  yang biasanya dibuang orang menjadi sampah. Baca juga artikel lainnya tentang cara membuat keripik kulit pisang  yang enak.

Salah satunya adalah pemanfaaatan kulit mangga menjadi keripik buah.

Seperti diketahui, manfaat buah buahan sangat banyak sekali bagi tubuh manusia, salah satu buah yang yang tidak asing dikalangan kita yaitu buah mangga.

Banyak sekali kandungan dan manfat dari buah tropis yang banyak tumbuh di Indonesia yaitu buah mangga. Selain daging buah mangga yang manis dan enak serta kandungan nutrisi yang ada didalamnya, ternyata kulit mangga juga tidak kalah berkhasiat.

Banyak orang gak mengkonsumsi kulit mangga hanya memakan daging buahnya saja, kemudian membuang kulit mangga tersebut menjadi sampah.

Dengan memanfaatkan limbah kulit buah mangga tersebut, dapat mengasiilkan peluang usaha bagi anda untuk menghasilkan camilan yang sehat dan kaya manfaat.

Hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk memulai bisnis keripik buah dari kulit buah mangga ini :

Bahan Baku

Bahan utama yang utama dalam bisnis ini adalah kulit mangga. Pasokan mangga selalu ada diberbagai musim apapun dan tidak akan pernah habis. Bahan baku yang memadai dapat menjamin keberlangsungan usaha pembuatan usaha keripik kulit mangga.

Peralatan dan perlengkapan dalam menghasilkan keripik kulit buah mangga yang enak dan gurih.
Dengan cara menggoreng dan memberikan variasi rasa pada kulit mangga, dapat menciptakan berbagai camilan yang berbeda dari yang lain. Sehingga menarik para konsumen untuk mengkonsumsi camilan ini.

Peralatan yang dibutuhkan :

mesin vacuum frying untuk menggoreng kulit mangga sehingga yang menghasilkan keripik kulit mangga yang gurih dan renyah.
Jika ingin mendapatkan hasil keripik kulit mangga yang tidak terlalu berminyak dan tahan lama dapat ditambah menggunakan mesin spinner untuk peniris produk.

Hand sealer sangat  bagus untuk mengemas produk keripik kulit buah mangga
Berikut ini testimoni penggunaan mesin vacuum frying. Mesin yang bisa digunakan dengan mudah dan bisa menghasilkan keripik buah dengan kualitas terbaik.

Perlengkapan yang dibutuhkan :

Garam, bawang putih untuk adonan bumbu kulit pisang
Bahan perasa untuk dicampur pada keripik kulit mangga yang telah digoreng (coklat, keju, gula halus, dan bumbu balado).

Starategi pemasaran

Strategi pemasaran dapat menggunakan 4 marketing fix untuk lebih mensukseskan penjualan diantaranya Promotion, Place, Product, and Price.

Peluang pasar

Pemanfaatan kulit buah menjadi keripik adalah bisnis yang sangat jarang dilirik pengusaha karena sifat dari kulit  memang aneh dikonsumsi orang, yang biasanya dibuang orang.

Banyak konsumen yang tertarik terhadap hal-hal baru yang kreatif, sehingga tidak menututp kemungkinan konsumen akan tertarik terhadap produk ini karena masih tergolong langka. Karenanya apabila bisnis ini digeluti secara seirus pasti akan mnejadi peluang pasar yang akan diminati konsumen.

Media promosi

Promosi dapat dilakukan dengan cara menitipkan produk keripik ini ke toko atau kantin, dengan mencetak pamflet dan brosur.

Dan dapat juga dilakukan dengan penjualan di media sosial  dijaman perkembangan teknologi sekarang dimana mengharuskan pemesanan yang praktis dan mudah.

Pemanfaatan kulit buah menjadi keripik tidak hanya menciptakan kreasi atau inovasi baru dibidang makanan tetapi juga dapat memberikan pemasukan/pendapatan dari hasil kreasi tersebut. Dengan pemanfaatan limbah kulit buah ini dapat menjadi salah peluang usaha yang tidak biasa bagi Anda. Selamat berbisnis.