Resep, Tips dan Peluang Usaha Sekitar Kita

Resep Cara Membuat Keripik Kulit Mangga yang Mudah Dipraktikkan

Mangga adalah salah satu jenis buah yang sangat disukai masyarakat Indonesia karena mempunyai rasa yang enak dan lezat. Biasanya orang mengkonsumsi mangga dengan mengupas dan kulitnya dibuang, setelah itu dimakan daging buahnya. Padahal kulit mangga juga bisa dimakan lho, selain itu juga bisa diolah menjadi suatu makanan yang menarik yaitu keripik kulit mangga.

Seperti yang telah diketahui buah mangga memiliki banyak kandungan dan manfaat. Mangga merupakan salah satu dari buah tropis yang banyak tumbuh di Indonesia. Selain daging buahnya yang mengandung nutrisi, ternyata kulit mangga juga memiliki khasiat.

Kembali ke topik utama kita yaitu keripik kulit mangga. Mungkin terdengar sangat asing tentang keripik kulit mangga. Kebanyakan orang tidak kefikiran tentang hal tersebut. Karena aneh sekali kulit mangga kok dijadikan olahan keripik. Padahal daging buahnya saja bisa dijadikan camilan yang menarik sekarang kulitnya juga bisa.

Keripik merupakan salah satu camilan yang disukai oleh masyarakat Indonesia. Biasanya dikonsumsi pada waktu kumpul bareng keluarga, saat anda santai, atau bisa juga sebagai teman lembur anda.

Tetapi untuk keripik kulit mangga sendiri belum banyak yang memproduksinya, karena kebanyakan orang memilih sesuatu yang lebih pasti. Misalnya mangga sendiri hanya diambil daging buahnya untuk dijadikan suatu olahan makanan yang khas. Salah satu cara mengolah buah mangga ada disini.

Manfaat Kulit Mangga

keripik kulit mangga

Berdasarkan penelitian, diketahui bahwa kulit mangga memiliki beberapa manfaat sebagai berikut :

  1. Obat cacing bagi anak-anak. Caranya mudah yaitu dengan merebus kulit mangga sekitar 15 menit. Lalu air rebusan tersebut diminumkan kepada anak anda yang menderita cacingan. Kandungan yang ada di kulit mangga sangat ampuh membunuh kuman, cacing dan juga bakteri yang ada di dalam perut.
  2. Membantu melancarkan peredaran darah. Caranya mudah yaitu dengan menggoreng kulit mangga yang masih berwarna hijau. Setelah dikonsumsi hingga pendarahan darah berjalan normal.
  3. Mencerahkan kulit wajah dan mengusir jerawat plus meremajakan. Caranya mudah yaitu dengan cara kulit mangga dihaluskan terlebih dahulu setelah itu dioleskan di wajah anda. Lakukan selama 2 bulan berturut-turut untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.
  4. Pupuk kompos. Setelah mengupas kulit mangga dari daging buahnya, jangan mencampur dengan sampah lainnya tetapi letakkan di bagian dasar tanah tempat tanaman mangga anda. Karena pembusukan kulitnya secara alamiah akan menyuburkan tanah sehingga tanaman anda jauh lebih subur.

Baca : Cara Membuat Kuwe Bawang Sederhana Yang Mudah di Tirukan

#Cara Membuat Keripik Kulit Mangga

keripik kulit mangga

Bahan :

  • 3 kg kulit mangga
  • Coklat bubuk 500 g
  • Keju 500 g
  • Bumbu balado 500 g
  • Gula halus 500 g
  • 5 siung bawang putih
  • 5 sendok teh garam
  • minyak goreng secukupnya
  • Air secukupnya

Cara membuat :

  1. Cuci kulit mangga sampai bersih, kemudian potong persegi panjang atau sesuai selera anda.
  2. Haluskan bawang putih dan garam, lalu masukkan kedalam baskom yang terisi air.
  3. Rendam kurang lebih 15 menit kulit mangga pada air bumbu.
  4. Kemudian panaskan minyak goreng, setelah panas pastikan api tidak terlalu besar agar pada saat menggoreng tidak gosong.
  5. Goreng kulit mangga sampai kering dan matang.
  6. Siapkanlah bahan perasa seperti coklat, keju, gula halus, dan bumbu balado pada piring lebar yang terpisah.
  7. Setelah kulit mangga benar-benar dingin, lalu masukkan pada bahan perasa.
  8. Aduk-aduk kulit mangga hingga bahan perasa tercampur dan menempel agak tebal.
  9. Lalu bungkus dalam kemasan kulit mangga yang sudah dicampur dengan perasa.

Demikian beberapa informasi mengenai manfaat kulit mangga dan cara membuat keripik kulit mangga. Semoga dapat dijadikan suatu referensi dan semoga bermanfaat bagi Anda. Selamat mencoba…!!!!!!

© 2021 Belajar dan Berbagi

Theme by Anders NorenUp ↑