Hai gaes, kali ini kita akan membahas tentang kerajinan tangan dari botol bekas yakult. kalian pasti sudah tidak asing lagi tentang botol yakult, biasanya botol yakult kalau udah habis isinya pasti dibuang, itu salah besar botol yakult bisa dimanfaatkan sebagai barang yang berguna.

Bahan-bahan yang Perlu Disiapkan :

  • Botol bekas yakult
  • Lem
  • Benang wol
  • Mata boneka
  • Kain Flanel

Baca juga tips membuka usaha depot air minum

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Botol Bekas Yakult Bentuk Tempat Pensil

  1. Mulailah dengan menempelkan benang wol pada botol bekas yakult Anda. Menempelkannya dengan melilitkan secara memutar menutup seluruh badan botol yakult. Jangan lupa untuk mengoleskan lem tiap kali putaran benang.
  2.   Setelah botol yakult tertutup seluruhnya dengan benang, kini saatnya Anda menambahkan ornamen membentuk bebek.
  3.  Tempelkanlah mata boneka pada bagian kepalanya.
  4.  Selanjutnya potonglah kain flanel yang sudah Anda siapkan tadi menjadi beberapa bentuk, yakni paruh, sayap, kaki, dan ekor bebek.
  5. Nah tempelkanlah paruh, sayap, kaki, dan ekor beber sesuai dengan bagiannya sehingga membentuk wajah dan badan bebek.
  6. Agar lebih menarik, Anda bisa menambahkan beberapa helai benang wol di atas kepala sebagai rambut bebek dengan menempelkannya menggunakan lem.
  7. Dan.. Selesaai. Kini botol bekas yakult Anda sudah berubah menjadi tempat pensil yang lucu.
Membuat Souvenir

Alat dan Bahan:

  1. Gunting
  2. Magnet bundar kecil lebar 1cm atau lebih.
  3. Double Tape (selotip bolak-balik) merk Kenko (supaya lekatnya bagus dan kuat) ukuran lebar 5 cm, 3 cm, 1 cm dan 0,5 cm
  4. Lem UHU
  5. Lem Tembak dan alatnya.
  6. Benang-benang nylon, benang katun , atau benang wol besar  yang dekoratif.
  7. Pernak pernik renda kecil atau bunga-bunga artifisal imut kecil

Cara Membuatnya:

  1. Selimuti seluruh permukaan botol dengan selotip bolak balik alias double tape. Agak rumit sedikit, jadi harus hati-hati.
  2. Lilitkan benang sesuai selera. Bisa ganti warna.
  3. Hias dengan benang yang dibuat pita kecil dan  bunga artifisial mungil. Bisa menggunakan Lem UHU . Tunggu agak lama biar kering.
  4. Rekatkan Magnetnya menggunakan lem tembak.

Lampu Hias

Anda ingin memiliki lampu hias yang cantik tapi dana yang minim mungkin anda bisa membuatnya sendiri dengan beberapa barang bekas disekitar anda. Dengan memanfaatkan botol yakult bekas anda bisa membuat lampu hias yang cantik dengan beberapa sentuhan dan hiasan.

Alat dan bahan:

-pisau cutter

-lem (lem pralon /lem tembak)

-botol bekas yakult (yang ukurannya sama)

-sisa potongan kain batik(kain perca)

-kabel

-fitingan lampu

-lampu

 

Cara membuatnya:

  • Ambil dua buah botol bekas yakult kosong,  bersihkan botol yakult,  sekalian buang bungkus mereknya. Potong bagian atas dan bagian bawah botol tersebut, kedua-duanya.Setelah terpotong,  Ambil bagian tengah dari kedua buah botol tersebut dan rapikan potongannya.  Rekatkan keduanya dengan lem sampai benar-benar kuat,  seperti tampak pada gambar. Setelah terekat kuat,  olesi permukaan luar botol dengan lem,  ambil kain batik (perca) lalu tempelkan ke seluruh permukaan luar botol,   biarkan sebentar sampai lem benar-benar kering.  Tutup bagian atasnya dengan sisa potongan kain batik, lalu rapikan.Setelah kap selesai,sekarang tinggal memasang lampu beserta dudukannya.
    Caranya:
  • Ambil fiting pasangkan kabelnya, lalu pasangkan pada dudukannya, kencangkan dengan baut.  Ambil lampu bohlam, sekrupkan pada fiting lalu tutup dengan kap yang telah dibuat tadi, kencangkan dengan sekrup kecil.selesai. Lampu ini cocok di letakkan di atas meja, di tempel di dinding,atau ditempel di pilar kayu bernuansa etnik,  dengan sedikit penyesuaian tentunya.

Membuat lampu hias dari botol bekas :

Sebelum memulai membuat kreasi dari botol plastik, bahan dan alat yang kita perlukan saat membuat lampu botol adalah:
1. Botol plastik bekas yang sudah dibersihkan (bentuknya sesuai selera)
2. Kabel listrik
3. Lampu kecil (lampu cabai dan cupnya)
4. Cutter
5. Lem plastik
6. Cat semprot

Jika alat dan bahan sudah kita siapkan, langkah berikutnya adalah:
1. Potong bagian bawah botol plastik mengikuti bentuknya memakai cutter. Jika bentuknya bergelombang, maka ikuti saja bentuknya.
2. Lubangi bagian tengah bawah botol plastik yang sudah dipotong, untuk lubang kabel. Buat juga lubang di bagian tutup botol.
3. Rekatkan bagian bawah botol plastik yang sudah dipotong ke bagian tutup botolnya memakia lem. Sesuai letaknya dengan lubat yang sudah di buat di tutup botol
4. Setelah sambungan kering dan kuat, kita bisa mewarna botol plastik dengan cat semprot dalam kemasan kaleng (contoh merek Pylox) atau dengan car minyak yang disemprotkan dengan semprotan nyamuk secara tipis-tipis (jangan terlalu tebal supaya cahaya lampu menimbulkan kesan remang-remang)
5. Bila cat sudah kering, pasangkan lampu dan kabelnya. Rekatkan cup lampu dengan memakai lem pada bagian tutup botol supaya lebih kuat
6. Tambah beberapa ornamen atau hiasan sesuai selera kalian untuk mempercantik lampu botol bekas ini
Bagaimana? Cukup mudah bukan? Selain mengasah kreativitas kita juga berkonribusi terhadap lingkungan alam ini. Jika masih bingung cara membuat lambu botol daur ulang bisa lihat tutorial gambarnya di bawah ini.

Selamat mencoba membuat kreasi lampu botol daur ulang!