Artikel ini membahas mengenai kerajinan dari plastik keras yang bisa kamu jadikan referensi untuk kamu yang biasa mendaur ulang

Kerajinan dari Plastik Keras

Cara membuatnya pun cukup mudah. Anda bahkan bisa mengajak anak-anak untuk ikut membuatnya. Alat dan bahan yang dibutuhkan yaitu botol bekas Akua, dakron, kain perca warna hitam, kertas warna oranye, lem, gunting, dan mata boneka.

Pertama-tama, siapkan botol Akua yang sudah dibersihkan. Buka tutupnya lalu masukan dakron sampai penuh. Jika sudah tutup kembali.

Kedua, potong kain perca membentuk sayap penguin seperti pada gambar. Siapkan juga kertas oranye lalu gunting membentuk kaki dan hidungnya.

Selanjutnya, tempelkan sayap dan kaki yang sudah dibuat tadi pada badan botol. Jangan lupa tambahkan mata boneka dan hidung pada bagian tutupnya. Terakhir, boneka penguin pun siap dimanfaatkan sebagai pajangan atau mainan anak-anak.

Kerajinan Tangan dari Botol Akua Gelas

Cara Buat Kreasi dari Botol Bekas

Anda juga bisa memanfaatkan gelas bekas Akua atau air mineral lain untuk membuat kerajinan tangan. Kali ini Anda bisa mengkreasikannya menjadi bingkai foto sederhana seperti pada gambar.

 

Alat dan bahan yang diperlukan adalah gelas bekas air mineral, pita warna-warni, lem, gunting, dan foto. Cara membuatnya pun tidak sulit.

Pertama, ambil gelas yang sudah kosong lalu gunting bagian bawah hingga tersisa ring gelasnya saja (bagian paling atas).

Kedua, ambil pita lalu lem ujungnya pada ring gelas tadi. Kemudian, lilitkan pita tersebut menutupi seluruh ring tersebut. Gunakan lem serbaguna supaya pita menempel kuat. Setelah semua tertutup, lem kembali ujungnya.

Selanjutnya, buat simpul dari pita warna yang berbeda. Tempelkan pita tersebut pada ring yang sudah ditutup sebelumnya.

Terakhir, tempelkan foto yang sudah dipotong melingkar mengikuti ukuran ring gelas. Anda bisa melapisi foto tersebut dengan plastik laminating terlebih dahulu supaya tidak kotor.

Kerajinan Tangan dari Botol Bekas Air Mineral yang Unik

Cara Buat Kreasi dari Botol Bekas

 

Bukan hanya botol Akua saja, botol bekas air mineral lain juga bisa Anda kreasikan menjadi kerajinan tangan yang unik. Contohnya adalah terarium sederhana ini.

Untuk membuatnya, pertama-tama siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan, seperti botol plastik bening, media tanam, tanaman, dan hewan mainan.

Kedua, belah botol bening tadi menjadi dua bagian yaitu atas dan bawah. Masukan media tanam berupa batu kerikil, tanah, dan pupuk ke dalam botol bagian bawah. Mulai dari batu terlebih dulu baru kemudian masukan tanah dan pupuk di atasnya.

Selanjutnya, tanam tanaman yang sudah disiapkan. Pastikan tanaman tidak terlalu besar sehingga bisa masuk ke dalam botol. Anda juga bisa menambahkan hiasan seperti hewan mainan ke dalam botol.

Terakhir, satukan kembali botol bagian atas yang sebelumnya dipotong. Anda bisa menutupi bekas potongan pada botol tersebut dengan pita atau selotip warna. Supaya lebih menarik, ganti tutup botol dengan bola bekel.

Kerajinan Tangan dari Botol Bekas Pewangi

Cara Buat Kreasi dari Botol Bekas

Ini dia cara membuat kerajinan tangan dari botol bekas yang sangat mudah dan praktis. Kreasi tempat charger ini cocok untuk Anda yang sering kesulitan saat mengisi daya karena kabel terlalu pendek atau stopkontak terlalu tinggi.

Anda hanya membutuhkan botol bekas pewangi dan cutter saja untuk membuatnya. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

Pertama, potong botol bekas pewangi membentuk kantong seperti pada gambar. Kedua, lubangi bagian atasnya (sesuaikan ukurannya dengan charger Anda).

Selanjutnya, haluskan potongan botol tersebut menggunakan amplas jika diperlukan. Setelah itu, Anda bisa langsung mencobanya untuk men-charge telepon genggam.

Kerajinan Tangan dari Botol Bekas Beserta Gambarnya

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Botol Bekas

Selanjutnya, Anda juga bisa membuat pajangan berbentuk burung hantu ini. Setelah jadi, mungkin tidak ada yang mengira jika pajangan unik tersebut terbuat dari botol bekas minuman bersoda. Bagaimana cara membuatnya?

Pertama, siapkan satu botol bekas minuman bersoda ukuran besar, cutter, lem serbaguna, dan cat. Kedua, buat pola pada gambar. Dalam hal ini bagi botol menjadi empat bagian.

Bagian bawah akan digunakan sebagai kepala burung hantu sedangkan bagian bawah tutup dipakai menjadi badannya. Simpan bagian tutup dan tengah botol untuk kreasi lainnya. Anda bisa menggunakan petunjuk pada gambar untuk membuat polanya.

Setelah itu, potong botol sesuai pola yang sudah dibuat. Kemudian, satukan bagian kepala dan badan burung hantu. Gunakan lem serbaguna supaya merekat sempurna.

Terakhir, gambar dan cat botol tersebut supaya menyerupai burung hantu. Anda bisa mengkreasikan gambar tersebut sesuai selera.

sahabat juga bisa membaca artikel sebelumnya yang berjudul contoh daur ulang sampah untuk informasi lebih menarik lainya