3 Kegunaan Alokasi Dana Desa Yang Bikin Makmur – Mungkin kamu sering melihat ada desa di suatu daerah kondisinya bagus, bersih, dan rakyaknya terlihat makmur. Sedangkan ada di daerah lain dengan kondisi sebaliknya.

Kemakmuran atau tidaknya desa ini tentu saja sangat dipengaruhi oleh cara penggunaan alokasi dana desa. Karena hampir 80% pembanunan desa berasal dari alokasi dana desa.

Kita juga sebagai masyarakat harus ikut serta dalam mengawasih penggunaan alokasi dana desa tersebut agar tidak disalahkan gunakan.

Maka dari itu saya akan membahas mengenai 3 Kegunaan Alokasi Dana Desa Yang Bikin Makmur. Agar kita sebagai masyarakat dapat turut andil dalam mengksukseskan pembangunan desa. Berikut Penjelasannya.

3 Kegunaan Alokasi Dana Desa Yang Bikin Makmur

3 Kegunaan Alokasi Dana Desa Yang Bikin Makmur

1. Pengunan Untuk Pembangunan

Tentu kegunaan utama dari alokasi dana desa ini adalah untuk pembangunan. Namun pembangunan yang dilakukan harusnya sudah terencana dalam program penggunaan alokasi dana desa.

Pembangunan yang dilakukan juga harusnya merupakan sektor yang penting untuk desa, yang berfungsi untuk memfasilitasi masyarakat.

Jangan sampai pembangunan yang dilakukan tidak bermanfaat bagi masyarakat  dan hanya untuk sebagai simbol saja dari desa tersebut.

2. Penggunaan Untuk Pembiayan

Alokasi dana desa juga dapat digunakan untuk pembiayan program-program kreatif masyarakat, yang memang program tersebut dapat memajukan masyarakat desa.

Tentunya penggunaan alokasi dana desa ini untuk pembiayaan harus melalui tahap seleksi yang ketat. Jangan sampai dana yang digunakan terbuang percuma.

Dan juga harus mendapat persetujuan dari pemerintah daerah, dan dicatat untuk mendokumentasikan penggunaan alokasi dana tersebut.

3. Penggunaan Untuk Keadaan Darurat

Kita tahu keadan genting atau darurat bisa terjadi dimana saja. Oleh karena alokasi dana desa juga dapat digunakan dalam keadaan darurat tersebut.

Semisalnya desa kekurangan air, fasilitas desa seperti jembatan rusak, terjadi bencana alam dan lain-lain. Maka dapat diperuntukan untuk hal-hal tersebut.

Tetapi memang dalam menggunakannya untuk hal darurat tersebut. Penggunaan alokasi dana desa haruslah tetap dicatat sebagai bukti. Agar tidak terjadi kesalah pahaman dikemudian hari.

Demikianlah penjelasan mengenai 3 Kegunaan Alokasi Dana Desa Yang Bikin Makmur. Semoga kita sebagai masyarakat dapat mengetahui dan mengawasi pengunaan dari alokasi dana desa tersebut.

Baca juga Bergizi dan Bernutrisi ! Inilah Resep Jus Melon Kombinasi yang Nyegerin di sini

Terima Kasih.