Plastik merupakan polimer hidrokarbon yang memiliki banyak monomer. Bahan dari plastik merupakan material yang sangat berguna dalam kehidupan manusia. Produksi plastik sendiri pada saat ini masih menggunakan bahan dasar minyak bumi, berikut pembahasan jenis plastik dan contohnya. 

Istilah plastik mencakup semua produk polimerisasi sintetik atau semi-sintetik. Hal itu terbentuk dari proses kondensasi organik atau penambahan polimer. Beberapa polimer alami juga berjenis plastik. Plastik dapat dibentuk menjadi banyak hal diantaranya menjadi film atau fiber sintetik.

Bahan plastik dapat didesain dengan variasi yang sangat banyak dalam properti yang dapat menoleransi panas, keras, “reliency” dan lain-lain. Bahan plastik juga memiliki kemampuan adaptasi yang tinggi. Komposisi plastik pada umumnya memiliki massa yang ringan memastikan plastik dapat digunakan hampir di seluruh bidang industri.

Sifat dari plastik yang sukar terurai, pemakaiannya sebagai pipa air, tandon, dan wadah lainnya efektif dan tepat guna. Karena plastik merupakan polimer, plastik memiliki monomer (penyusun polimer). Jenis plastik kemasan merupakan jenis plastik yang digunakan sebagai kemasan barang maupun makanan.

Monomer dari plastik ini menentukan sifat-sifat dasar dari polimer plastik yang dihasilkan. Berawal dari monomer pembentuknya, plastik dapat dibedakan menjadi beberapa jenis.

Jenis jenis plastik dan contohnya

Jenis Polimer plastik yang sering kita jumpai dalam kehidupan kita, diantaranya ialah:

1. Polietena

jenis plastik dan contohnya

Jenis plastik polietena merupakan plastik yang paling banyak di produksi untuk berbagai keperluan. Plastik jenis ini terdiri dari HDPE (High Density Polyethene) dan LDPE (Low Density Polyethene). Penggunaanya sering kita jumpai yaitu Kresek Plastik, Botol Plastik, Pipa Plastik dan Mainan Plastik yang biasa kita lihat.

2. Polipropana

jenis plastik dan contohnya

Jenis plastik polipropana adalah jenis plastik yang tahan panas, terhindar dari kerusakan bentuk fisik dan tahan korosi. Polipropana populer dikarenakan sifat yang dimilikinya tersebut, penggunaannya biasanya sebagai tempat makanan, karpet, tali, furnitur plastik, peralatan rumah sakit.

3. Polistirena

jenis plastik dan contohnya

Jenis plastik polistirena biasanya dipakai sebagai bahan dasar pembuatan material yang solid (lebih berat). Contohnya ialah dalam peralatan makan, palu plastik, kotak CD, dan dalam bentuk busanya digunakan sebagai kotak material, kotak makanan.

4. Politetrafluoroetena

jenis plastik dan contohnya

Jenis plastik ini biasa disingkat jadi PTFE, bahan ini memiliki koefisien gesek terendah dari berbagai bahan padat yang biasa digunakan. PTFE biasa digunakan sebagai pelapis antilengket untuk panci, wajan, dan peralatan memasak lainnya.jenis plastik dan contohnya

Plastik jenis PTFE sangat tidak reaktif, dan sering digunakan sebagai bahan wadah dan pipa untuk bahan kimia yang reaktif. Titik lelehnya bahan ini bervariasi antara 260 °C (FEP) dan 327 °C (PTFE), tergantung dari polimer Teflon tertentu.

5. Polivinilklorida

jenis plastik dan contohnya

Plastik jenis ini disebut sebagai PVC dan sudah sangat dikenal sebagai Pipa. Tetapi jenis plastik ini ternyata penggunaanya bisa lebih dari itu. Contoh penggunaanya yaitu Lapisan kabel, pintu plastik, jendela plastik bahkan kartu ATM kita ternyata menggunakan bahan PVC.

6. Polietilen Terepthalate

Jenis Polietilen Terepthalate atau PET adalah tipe polimer plastik yang ringan, lentur dan memiliki kekuatan. Contoh penggunaanya selama ini ialah sebagai serat pakaian, plester, dan botol plastik.

7. Nilon (Poliamida)

Jenis plastik nilon merupakan polimer yang memiliki kekuatan sangat tinggi. Umumnya nilon digunakan untuk menahan beban yang besar, seperti pada tali, tali pancingan, senar gitar dan parasut.

8. Poliuretan

Jenis plastik Poliuretan merupakam bentuk plastik padat menyerupai karet. Contoh penggunaan umumnya ialah pada ban mobil, alas sepatu, roda skateboard, dan karpet mobil(non latex).

Demikian pembahasan berbagai jenis plastik dan contohnya, semoga dapat menambah ilmu pengetahuan kita. Terimakasih telah berkunjung di www.wzcmumbai.com kunjungi juga halaman Resep Sifon Cake Pandan Kukus yang Dapat Kamu Praktekkan.