Makanan Kambing adalah jenis pakan yang bagus diberikan pada kambing. Merupakan daftar makanan yang aman dan memiliki kandungan gizi yang melimpah. Sehingga menunjang pertumbuhan kambing.

Sebagai binatang yang tergolong herbivora, otomatis kambing hanya mau makan makanan yang berbasis tumbuhan. Seperti rumput-rumputan dan dedaunan. Tapi tak menutup kemungkinan juga doyan makan buah-buahan.Jenis Pakan Kambing Yang Bagus

Meskipun kambing dianggap sebagai daging hewan yang lakunya pada situasional yang, hanya pada moment-momont hari raya seperti Idul Adha. Namun sebenarnya binatang ternak ini bisa laku di hari-hari biasa. Banyak permintaannya untuk memenuhi kebutuhan pasar kuliner.

Semacam Sate Kambing dan Gulai Kambing adalah masakan yang sangat laku di Indonesia. Belum lagi daging kambing juga sering Dimanfatkam untuk acara hajatan akikah, pernikahan maupun moment-moment pesta para pecinta kambing.

Jadi tidak ada salahnya jika ingin memelihara kambing. Asalkan paham betul mengenai makanan kambing. Biar bagaimana pun, kunci kesuksesan dari beternak kambing ada pada pengaturan pakannya yang tepat, Cek artikel jenis pakan kambing.

 Berikut Jenis Pakan Kambing Yang Bagus :

1.Teresede ( gamal )

Jenis Pakan Kambing Yang Bagus

Menjadi salah satu hijauan yang Cukup baik dan laris untuk ternak kambing. Kandungan pada protein 23 % CP dan kalsium 1,2 %, kandungan seratnya tinggi 45 % NDF yang ada pada daun teresede sangat bagus dibutuhkan sebagai sumber hijauan untuk dijadikan pakan kambing. Ciri daunnya memiliki bau yang menyengat, kadang membuat kambing belum terbiasa untuk memakannya, sehingga bisadisiasati dengan dijemur atau dilayukan terlebih dahulu dan bisa diberikan saat kondisi lapar.

2.Singkong taun ( singkong karet )

Memiliki daun – daun yang lebar dan tebal, ciri lainnya memiliki  pokok batang yang besar. Biasanya singkong ini di tegor atau ditebang dan akan tumbuh lagi. Akanpun batangnya sangat besar, tapi hanya memiliki umbi yang kecil, seperti akar yang menggembung. Perbedaanya singkong karet dengan singkong biasa adalah singkong taun hanya dimanfaatkan daunnya saja untuk yang  dibuat sayur, karena ubinya tidak bisa dikonsumsi. Daun singkong taun sering juga dimanfaatkan sebagai untuk pakan ternak. Jumlah kandingan protein yang tinggi pada singkong taun ini  cukup baik diberikan pada ternak kambing.

3.Kaliandra

Jenis Pakan Kambing Yang Bagus

Termasuk dalam golongan  kelompok klasifikasi plantae, family fabaceae, kaliandra bisa tumbuh baik di daerah dataran rendah maupun di daerah dataran tinggi hingga 1500 mdpl. Tumbuhan ini relative sangat kuat untuk bisa bertahan saat musim kemarau, meski pertumbuhannya tidak sesubur saat di musim penghujan.

Manfaat lain kaliandra adalah :

Bisa ditanam untuk menahan erosi tanah karena mempunyai akar yang kuat

Apabila ditanam pada tanah yang kurang produktif atau yang kurang cocok bisa menekan pertumbuhan gulma karena daunnya yang rimbun

Daunnya mirip dengan petai cina ( daun mlanding ), yang bedanya lebih tipis dan halus.

Buah kaliandra yang banyak digunakan sebagai tanaman penghijauan dan bisa digunakan sebagai pakan ternak karena kandungan protein yang ada pada daun kaliandra yang cukup tinggi.

 

4.Pakan Tambahan

Adalah pakan yang berfungsi hanya sebagai tambahan dan bukan untuk konsumsi pokok untuk hewan ternak. Pakan tambahan yang dimaksudkan juga adalah produk yang tidak bernutrisi, tapi juga berguna untuk menjaga kesehatan maupun untuk mencegah penyakit, ataupun menyembuhkan hewan ternak. Adalah, antibiotik, anti toksin, obat cacing, hormon, dan lainnya.

Jika memberikan antibiotik sendiri,bisa dimaksudkan untuk memodifikasi keseimbangannya bakteri yang berada dalam saluran pencernaan pada hewan ternak. Keseimbangan bakteri yang menguntungkan dari bakteri yang merugikan dapat mencegah terjadinya penurunan produksi hewan ternak.

 

Kunjungi juga artikel tentang cara membuat kacang bawang tanpa satan.

Semoga adanya artikel ini dapat menambah ilmu pengetahuan tentang pakan kambing yang baik, dan wawasan anda. Sampai jumpa di artikel lain