Ini dia batu pertama termahal dan langka di dunia, Sejak dahulu kala keberadaan batu berharga ini sudah dikenal oleh manusia. Yang tak hanya sekedar menjadikannya perhiasan tapi juga tentunya ikut menentukan status kekayaan dari seseorang. Sejarah pun mencatat bahwa Cleopatra, winta yang sempat menjadi penguasa di jaman negara Mesir Kuno, juga merupakan seorang kolektor batu berharga yang memiliki berbagai batu berharga yang sangat mahal. Tidak hanya dari sekedar bentuk warna ini serta kilauan yang terpancar dari batu-batu berharga tersebut.

Tapi keberadaannya yang sulit didapatkan ini juga turut menentukan harga dari masing-masing jenis batu berharga tersebut.  Bumi memang nyimpen banget sama harta karun ya gengs. Buktinya, banyak banget sumber daya alam yang sangat berharga, contohnya emas, dan batuan mulia.

Berikut Ini Batu Pertama Termahal Dan Langka Di Dunia

1. Berlian Merah

Ini dia batu pertama termahal dan langka di dunia, Berlian merah juga masuk dalam kategori batu permata yang langka di dunia ini. Tak mengherankan lagi jika kelangkaan ini membuat harga jenis batu berharga ini juga turut melambung sangat tinggi. Sebuah perusahaan pertambangan yang beroperasi di Australian tercatat sempat beberapa kali menemukan banyak sejumlah kecil jenis batu berharga ini di sela kegiatan pertambangan yang mereka lakukan di setiap tahunnya. Dari hasil lelang penjualan yang dilakukan ini dalam beberapa kali, didapat kenyataan bahwa harga dan juga permintaan akan jenis batu berharga ini yang semakin meningkat. Harga terakhir menyebutkan bahwa jenis batu ini sudah mencapai kisaran harga hingga $ 2 – 2,5 juta (sekitar 30 miliar) per karatnya.

baca juga: Mau Tau Jenis Batu Mulia Termahal Di Indonesia? Lihat Jawabannya!

2. Serendibite

Ini dia batu pertama termahal dan langka di dunia, Batu berharga jenis serendibite ini merupakan jenis batu berharga yang memiliki kandungan boron. Yang juga merupakan jenis batu berharga yang langka di pasaran. Hingga saat ini hanya dua daerah yang dikenal dapat menghasilkan jenis batu ini. Satu daerah berada di Ratanapura dari Sri Lanka, sedangkan daerah lainnya berada dari Mogok, wilayah Burma sebelah utara. Sebagian besar jenis batu serendibite yang ditemukan memiliki warna biru kehijauan, biru keabu-abuan serta kuning pucat dengan garis putih di dalamnya. Sedangkan untuk yang segi harga, jenis batu ini bisa mencapai kisaran harga hingga $ 1,8 – 2 juta (sekitar Rp. 25 miliar lebih) per karat.

3. Gamet Biru

Ini dia batu pertama termahal dan langka di dunia, Memang banyak banget jenis batu gamet yang beredar di pasaran. Biasanya juga memiliki beragam warna seperti hitam, coklat, hijau, oranye, merah muda, ungu, merah dan kuning. Bahkan ada beberapa diantaranya yang tidak memiliki warna atau bening. Tapi itu semua tidak ada yang bisa menyamai harga gamet biru. Batu berharga yang jenis seperti ini pertama kalinya ditemukan di Madagaskar pada tahun 1990-an. Meskipun sebenarnya eksplorasi pertambangan yang sama juga telah dilakukan di Rusia juga, Amerika Serikat dan Turki. Meskipun jika dilihat sepintas jenis batu ini memiliki warna biru agak kehijauan juga. Tapi kandungan vanadium yang berada di dalam batu ini akan membuatnya memancarkan rona keunguan jika dilihat dari lampu pijar. Itulah sebabnya tidak heran lagi jika harga jenis batu ini bisa mencapai $ 1,5 juta (sekitar Rp. 20 miliar) per karatnya.

baca juga:

4. Painite

Ini dia batu pertama termahal dan langka di dunia, Ditemukan pada tahun 1950 di Inggris oleh Arthur C. Pain, painite ini merupakan jenis batu dengan bahan borat yang sudah langka. Keunikannya yaitu jenis batu berharga ini memiliki bentuk segi enam alami dengan warna oranye kemerahan atau pun merah kecoklatan. Di dalam batu jenis ini juga terkandung sejumlah mineral besi, vanadium, dan juga kromium. Dan meskipun sudah masuk dalam kategori jenis batu berharga yang langka, tapi baru-baru ini telah ditemukan kembali jenis batu ini dari penggalian yang dilakukan di Burma. Di sisi harga, batu permata jenis Painite ini bisa mencapai kisaran harga hingga $ 50.000 – 60.000 (sekitar Rp. 650 – 800 juta ) per karat.