Wow! Ini dia indeks glikemik gula aren yang wajib Anda Ketahui, apakah Anda tahu apa sih indeks glikemik pada gula aren atau gula merah ini. Indeks glikemik  gula aren merupakan skala untuk mengukur seberapa cepat karbohidrat yang di konsumsi meningkatkan glukosa dalam darah Anda. Bagi Anda yang penderita diabetes harus berhati-hati dalam mengonsumsi gula.

Karena pada saat ini ada beraneka macam pemanis makanan dan minuman yang tersedia di pasaran.

Mulai dari yang paling umum seperti gula putih, gula merah, sakarin, gula aren, sampai gula jagung. Bahkan setiap jenis pemanis tersebut juga disediakan dalam bentuk yang berbeda-beda

Misalnya, gula batu, gula pasir, gula halus, dan sirup. Saking banyaknya pilihan yang tersedia tersebut, banyak orang yang sering keliru mana yang lebih sehat dan mana yang lebih berbahaya.

Bagi Anda atau orang tercinta yang menderita diabetes.  Tentunya  Anda tidak boleh atau jangan sampai keliru jika memilih pemanis yang paling aman.

Pasalnya, setiap macam gula mempunyai kandungan yang berbeda-beda pula, seperti  gula aren ini.

Indeks Glikemik Gula Aren Yang Perlu Anda Ketahui

Indeks glikemik gula aren merupakan skala untuk mengukur seberapa cepat karbohidrat yang telah dikonsumsi Anda untuk meningkatkan glukosa dalam darah Anda. Makanan yang memiliki indeks glikemiks tinggi akan berdampak lebih besar pada meningkatnya gula darah Anda.

Rentang skala yang digunakan untuk mengukur glikemik gula aren adalah 1-100. Makanan yang memiliki indeks gula aren sama dengan atau di bawah 55 dianggap tidak begitu memengaruhi gula darah dan produksi insulin dalam tubuh.

Indeks glikemik pada gula aren sekitar 56 atau lebih akan menandakan pengaruh yang sedang.

Sementara itu, nilai glikemis gula aren di atas 70 harus  lebih diperhatikan karena bisa membuat glukosa dalam darah Anda meningkat secara signifikan.

 

Baca juga : Ini Dia Manfaat Gula Aren Yang Harus Anda Ketahui

Nilai Glikemik Gula Aren

Indeks glikemik gula aren menawarkan sebesar 35. Angka ini hampir dua kali lipat lebih rendah dibandingkan dengan gula putih yang indeks glikemiknya kira-kira 60-65

Inilah yang menyebabkan banyak penderita diabetes mulai meninggalkan gula putih dan beralih ke gula aren. Namun, Anda juga harus hati-hati karena beberapa produsen gula aren masih mencampurkan gula putih dalam proses pengolahannya, sehingga  glikemik gula aren setiap produk berbeda-beda.

Dalam hasil analisis proksimat yang memperlihatkan bahwa glikemik pada gula aren cetak mempunyai kadar air, kadar abu dan kadar protein lebih tinggi daripada gula aren kristal. Gula aren kristal ini mempunyai kadar serat pangan dan karbohidrat total yang lebih tinggi.

Jenis karbohidrat sederhana yang dominan dalam gula aren cetak dan kristal yaitu sukrosa. Memiliki nilai gula aren cetak dan gula aren kristal berturut-turut adalah 62.47 (sedang) dan 43.61 (rendah).

Berdasarkan uji organoleptik terhadap mutu hedonik dapat dilihat bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara atribut yang terdapat pada gula aren cetak dan gula aren kristal lebih baik dari segi aroma, tekstur, warna dan rasa (p=0.00).

Dalam hasil dari uji hedonik terhadap gula aren cetak dan kristal memperlihatkan bahwa panelis lebih menyukai gula aren kristal dengan memberikan rata-rata nilai untuk atribut aroma, tekstur dan warna sebesar 2.9 (p=0.00) dan rasa gula aren kristal mendapatkan rataan nilai 3.1 dari nilai maksimal 5 (p=0.00).

Apakah Penderita Diabetes Boleh Mengonsumsi Gula Aren?

Meskipun gula aren dari pohon kelapa aren ini relatif lebih aman dari gula putih, sebaiknya bagi Anda yang menderita diabetes tetap membatasi asupan gula aren tersebut dalam sehari.

Samakan takaran gula aren yang dikonsumsi layaknya gula putih biasa. Konsultasikan kepada dokter untuk batas konsumsi gula yang aman bagi Anda.

Ingat juga bahwa kandungan gula aren tidak hanya ditemukan dalam produk pemanis seperti gula, tetapi juga di dapatkan melalui nasi, roti, atau bahan pangan lainnya.

Baca juga : Sssst…..Ini Dia Cara Membuat Kerupuk Tahu Pong Yang Renyah

Jadi Anda harus berhati-hati dalam memilih makanan atau minuman yang manis untuk di konsumsi.

Demikian artikel tentang indeks glikemik gula aren yang kami sampaikan semoga bermanfaat bagi Anda.