Mudah Dengan Cara Ini Hidroponik Bawang Merah Besar | Cara tanam menggunakan metode Hidroponik ini memang sudah tidak asing lagi, pasalnya dari tanaman biasa seperti sayuran, buah buahan, hingga tanaman hias kini bisa menggunakan teknik tanam hidroponik ini.

Ini juga yang menjadi alasan para petani atau produksi rumahan menanam tanamannya menggunakan metode hidroponik, selain mudah hasil yang diperoleh juga lebih memuaskan. Alias kita bisa memanipulasinya, tidak percaya? Mari kita simak pembahasan mengenai cara menanam hidroponik bawang merah besar.

bisnis bawang merah brebes

Tahapan Menanam Bawang Merah Hidroponik Sistem Wick

1. Alat dan Bahan Menanam Bawang Merah Hidroponok

Siapkan terlebih dahulu bahan-bahan dan peralatan yang diperlukan sebelum memulai menanam dengan cara hidroponik. Untuk yang hanya menyukai  atau sebagai hobi, alat dan bahan bisa menggunakan barang-barang bekas, misalnya botol bekas atau toples yang sudah atau semacam wadah wadahan.

Gerakan ini merupakan salah satu gerakan menghemat biaya, memanfaatkan barang bekas untuk berhidroponik juga membantu dalam mengatasi sampah anorganik yang tidak terurai. Mungkin berikut beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan untuk menanam bawang merah secara hidroponik :

– Pot/barang bekas
– Tandon/penyimpanan nutrisi
– Gunting, cutter
– Kain flanel
– Media tanam
– Bibit bawang merah
– Nutrisi hidroponik / nutrisi ab mix
– PH meter
– TDS meter
– Air

2. Mempersiapan Pot dan Penyimpanan Nutrisi Bawang Merah Hidroponik

Pot dan penyimpinan nutrisi ini bisa menggunakan barang-barang bekas yang tidak digunakan dirumah Anda, misalnya toples yang sudah tidak terpakai atau botol bekas. Contoh yang akan dijelaskan disini menggunakan media toples bekas sebagai penyimpan nutrisi dan pot yang digunakan.

Pot ini mudah saja mendapatkannya yaitu bisa diperoleh dari membelinya di toko yang menjual alat-alat berkebun atau toko lainnya. Dibawah ini merupakan langkah-langkah mempersiapkan pot untuk menanam bawang merah secara hidroponik :

a). Pertama adalah mempersiapkan pot dan tandon nutrisi. Ukuran pot disesuaikan dengan ukuran toples.
b). Kedua, lubangi bagian tutup toples, bentuk dan ukuran lubang disesuaikan dengan pot yang tersedia
c). Ketiga, buat lubang udara pada bagian samping toples dengan diameter -/+ 1 cm. (Lihat skema)
d). Keempat, lubang udara dibuat sedikit lebih rendah dibawah posisi dasar pot. (Lihat skema)
e). Kelima, gunting kain flanel dan pasang pada pot.
f). Keenam, masukkan media tanam pada pot
g). Cara terakhir Toples / tandon sangat dianjurkan berwarna apa saja asal tidak tembus cahaya.

bawang merah2

3. Persiapan Media Tanam Bawang Merah Hidroponik

Penanam bawang merah ini dapat menggunakan media tanam bawang merah hidroponik bisa menggunakan arang sekam atau tanah dan lain-lain, yang sekiranya menurut Anda subur dan mampu memenuhi nutrisi bawang merah itu sendiri.

4. Persiapan Bibit Bawang Merah Hidroponik

Pembibitan bawang merah bisa menggunakan bawang merah didapur. Pilih umbi yang sudah kering dan tua, memiliki ciri-ciri dengan warna umbi mengkilat dan padat. Usahakan memilih menggunakan umbi bawang merah yang sudah terlihat akar yang mulai tumbuh. Kemudian potong bagian ujung umbi bawang merah sedikit saja, kurang lebih 1/5 dari ukuran umbi bawang merah yang akan dijadikan bibit itu sendiri.

5. Cara Menanam Bibit Bawang Merah Hidroponik

Apabila Anda sudah menyelesaikan syarat diatas termasuk semua alat dan bahan seperti : pot, tandon nutrisi, media tanam dan bibit sekarang tiba saatnya untuk menanam. Tanam bibit bawang merah yang sudah siap untuk ditanam, caranya dengan mengubur setengah bagian umbi ke media tanam.

Sebelum bibit mulai ditanam, media tanah disiram terlebih dahulu menggunakan air biasa. Letakkan ditempat teduh selama 3 sampai 4 hari atau sampai tunas bawang merah terlihat keluar. Dan jika tunas sudah mulai tumbuh kurang lebih 1 cm, isi tandon atau penyimpanan dengan larutan nutrisi. Kemudian letakkan tanaman dengan sinar matahari secara penuh.

Jangan lupa juga untuk membaca cara menanam daun bawang