Es roti potong – es potong dulunya sempat populer pada zaman 90an, dan sempat vakum beberapa tahun. Kali ini es tersebut muncul lagi sebagai hal baru yang sangat dicari dan dirindukan oleh generasi 90an. Namun kali ini es potong hadir dengan rupa yang berbeda. Es potong kali ini disajikan bersama dengan roti tawar yang sungguh lembut.

Es roti potong ini tidak dijual oleh penjual keliling, melainkan di jual pusat perbelanjaan seperti mall-mall. Yang pastinya harganya juga cukup mahal ya teman, karena dijualnya ditempat mewah. Berbeda pada zaman dahulu yang menjualnya bapak-bapak keliling dan hanya dijual dengan harga 500 rupiah saja.

Baca juga : Cara membuat es roti tawar yang menyegarkan, mudah, simpel dan nggak ribet

Wah enaknya zaman dulu, apa-apa serba murah meriah, sangat berbeda sekali dengan zaman sekarang ini. Namun tenang saja, bagi kalian yang rindu akan es potong anda dapat membelinya di salah satu pusat perbelanjaan. Sayangnya tidak semua mall menjual es ini. Jika anda kebingungan untuk mendaptkannya, tenang saja, karena disini mesin es krim punya solusinya.

Apakah mesin es krim akan berbagi es potong tersebut? Tentu tidak ya, namun mesin es krim akan berbagi resep cara membuat es roti potong yang dapat anda buat sendiri dirumah, yang pastinya rasanya juga tak kalah enak dari yang dijual di mall- mall. Anda penasaran ? Yuk simak langkah berikut ini.

Cara Membuat Es Roti Potong

es roti potong

Cara membuat es roti potong cukuplah mudah, caranya juga sama seperti membuat es krim ada biasanya hanya ditambah dengan roti tawar yang lembut. Tanpa basa – basi lagi, yuk ikuti langkah – langkah berikut ini.

Bahan – bahan yang digunakan :
  • 1 bungkus roti tawar
  • 500gr whipped cream bubuk
  • 250ml whipped cream cair
  • 150ml susu full cream
  • 3 butir kuning telur
  • 150g gula pasir
  • 3sdm perasa bubuk (strawberry, coklat, vanilla, dll)
  • 100ml air es
  • 2 lembar kertas roti
Cara Membuat :
  1. Pertama siapkan alat dan bahan. Untuk alatnya kita hanya membutuhkan mixer dan 2 loyang roti berbentuk kotak.
  2. Buat adonan es krim dengan cara mixer terlebih dahulu kuning telur dan gula pasir hingga berwarna kuning pucat.
  3. Lalu tuangkan susu dan whipped cream cair. Mixer lagi hingga adonan sedikit berbusa.
  4. Setelah itu tambahkan whipped cream bubuk sedikit demi sedikit sambil terus dimixer dengan kecepatan rendah.
  5. Jika sudah tertuang semua, kocok menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi. Jika adonan masih terlalu padat, anda dapat menambahkan 100 ml air es agar adonannya cuer dan lumer. hal ini bertujuan agar tekstur yang dihasilkan lembut
  6. Karena adonan masih belum ada rasanya, maka kita tambahkan 3 sendok makan bubuk flavour sesuai selera kita. Dan kali ini mesin es krim menggunakan rasa strawberry.
  7. Baca juga : Cara membuat es matcha ala cafe yang mudah dan nikmat
  8. Kocok lagi menggunakan mixer hingga tercampur rata dan mengembang sempurna.
  9. Jika sudah siapkan loyang yang telah dialasi kertas roti, dan tuangkan adonan diatasnya. Ratakan hingga menempati seluruh loyang. Lalu tutup menggunakan kertas roti lagi dan diatasnya tumpangi loyang yang satunya, agar dapat menghasilkan bentuk kotak yang sempurna. Namun jika anda hanya memiliki 1 loyang, pastikan anda meratakannya secara maksimal agar menghasilkan kotak yang sempurna. Loyang diberi alas roti bertujuan agar mudah saat mengambilnya.
  10. Masukkan loyang yang telah terisi adonan tersebut ke dalam freezer selama 1 hari.
  11. Jika sudah 1 hari, keluarkan adonan dari loyang, dan potong persegi panjang sesuai selera anda.
  12. Ambil 1 slice roti tawar dan bungkus es potong tadi menggunakan 1 slice roti tawar.
  13. Dan wala es roti potong pun siap disantap.

Nah tips agar adonan dapat benar-benar membeku, sebaiknya anda dinginkan terlebih dahulu loyang yang akan anda pakai. Cukup mudahkan cara membuat es roti potong diatas. Dan jika anda dirumah tidak memiliki loyang, anda dapat menggunakan wadah lainnya yang memiliki permukaan datar dan berbentuk kotak.

Itulah resep cara membuat es roti potong versi mesin es krim. Semoga bermanfaat bagi anda, dan Sampai Jumpa dilain artikel. Terimakasih!