Donat Kentang Anti Bantat Dengan Resep Yang Sederhana

Donat Kentang Anti Bantat – Donat kentang, kadang-kadang disebut Spudnut, adalah donat yang dibuat dengan kentang tumbuk atau tepung kentang. Bahan dasar dari spudnut ini bukan dari tepung terigu, yang merupakan bahan paling umum yang digunakan untuk adonan donat. Namun saat ini terdapat variasi dalam pembuatan bahannya, yakni menggunakan kentang yang dikukus kemudian dicampur bersama donat dari tepung terigu.

Donat Kentang Anti Bantat Dengan Resep Yang Sederhana

Donat Kentang Anti Bantat – Donat kentang diperkenalkan pada pertengahan 1900-an, dan sebuah resep diterbitkan pada tahun 1938. Donat kentang cenderung lebih ringan dari donat tepung, dan dibuat dengan metode yang sama dengan donat lainnya.  Pada tahun 1950-an, ratusan toko-toko Spudnut didirikan di Amerika Serikat  sebelum menurun hingga hanya beberapa lusin saja baru-baru ini.

Selain itu, donat dari adonan uwi juga dimakan di kawasan Asia Timur. Seperti halnya donat biasa, donat kentang juga sering dimakan bersama kopi.

 

Bahan Dan Cara Membuat Donat Kentang

Bahan-Bahan :

  • 500 gr kentang, kukus, kupas, haluskan, dinginkan.
  • 1/2 kg tepung terigu.
  • 1 bungkus fermipan.
  • susu bubuk 4 sdm .
  • gula pasir 4 sdm .
  • 4 bt kuning telur.
  • 4 sdm unsalted butter.
  • 1 sdt garam.

Langkah Langkah Membuat Donat Kentang :

  1. Campur terigu, gula, fermipan, susu bubuk, aduk rata.
  2. Masukkan kuning telur, aduk.
  3. Selanjutnya Masukkan kentang, uleni hingga hampir kalis.
  4. Masukkan butter dan garam, uleni hingga kalis dan elastis.
  5. Tutup adonan dengan plastic wrap, diamkan selama 20-30 menit hingga mengembang .
  6. Kempiskan, cetak lalu diamkan sekitar 20 menit.
  7. Panaskan minyak cukup banyak, setelah panas, kecilkan api lalu goreng hingga kuning kecoklatan.
  8. Angkat, tiriskan lalu dinginkan.

Baca Juga : Resep Rahasia Keripik Kentang Yang Renyah

Tips Rahasia Resep Donat Kentang Anti Bantat

  1. Tepung yang digunakan harus menggunakan tepung berprotein tinggi. Biasanya sih yang bagus tepung cakra atau tepung yang memang dibuat untuk membuat mie ataupun roti.
  2. Telur ayam yang digunakan untuk membuat adonan resep donat kentang jangan yang dingin ya. Kalau memang sudah dimasukkan ke kulkas keluarkan terlebih dahulu dan tunggu sampai beberapa menit atau jam sampai tercapai suhu ruang.
  3. Adonan donat harus diuleni atau diaduk dengan tangan sampai benar benar kalis dan elastis. Jadi kalau adonan donat nya ini ditarik tarik tidak putus dan melar seperti karet.
  4. Setelah diuleni diamkan dan tutupi dengan serbet kain basah atau plasti supaya nanti adonat donat kentang nya bisa mengembang sempurna.
  5. Suhu saat proses cara membuat donat kentang sangat berpengaruh terhadap proses pengembangan adonan donat. Semakin dingin suhu di ruangan tersebut akan membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama. Jadi sesuaikan saja. Sebagai patokan adonan harus mengembang kurang lebih 2 kali dari sebelum didiamkan.
  6. Ragi untuk mengembangkan adonan donat ini bersifat unik dan tidak bisa ketemu langsung dengan garam. Jadi saat garam dan mentega akan dimasukkan adonan harus setengah kalis terlebih dahulu.

Minyak goreng harus banyak saat menggoreng dan jangan terlalu panas supaya nanti tidak cepat gosong.

Baca Juga : Cara Membuat Donat Buah Naga