Donat Buah Naga

Donat Buah Naga – Donat memang memiliki banyak penggemar karena rasanya enak dan juga memiliki topping yang berbeda. Kalau membuat donat dengan menggunakan bahan kentang ataupun talas pastinya sudah biasa dan mungkin juga Anda telah mencobanya. Tapi pernahkah Anda mencoba kue donat yang bahan campurannya menggunakan buah naga?

resep membuat donat buah naga

Buah naga adalah buah dari beberapa jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Buah naga adalah buah yang berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Namun sekarang buah naga juga dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Taiwan, Vietnam, Filipina, Indonesia dan Malaysia. Buah ini juga dapat ditemui di Okinawa, Israel, Australia utara dan Tiongkok selatan. Hylocereus hanya mekar pada malam hari.

Baca Juga : Resep Rahasia Keripik Buah Naga

Bahan Dan Cara Untuk Membuat Donat Buat Naga

Bahan-bahan :

  • 1 buah, buah naga ( kalau bisa cari yang merah).
  • 350 gram tepung terigu protein sedang.
  • 2 butir telur.
  • 2 sachet susu kental manis putih.
  • 3 sendok makan gula pasir, jangan terlalu banyak karena mudah hangus saat digoreng.
  • 1/2 sendok teh ragi instan (fernipan).
  • 40 gram mentega.
  • Sedikit garam.
  • Topping sesuai selera, bisa menggunakan coklat ataupun gula halus.

Baca Juga : Cara Membuat Nugget Ayam

Cara Membuat Donat Buah Naga :

  1. Haluskan buah naga, dengan cara diblender atau ditumbuk. Sisihkan.
  2. Ambil wadah ukuran sedang, kocok telur bersamaan dengan gula dan sedikit garam. Setelah sedikit mengembang tambahkan ragi instan, mentega dan juga susu kental manis putih. Kocok semua bahan hingga tercampur rata.
  3. Selanjutnya masukkan sedikit demi sedikit tepung terigu protein sedang dan juga buah naga yang sudah dihaluskan. Uleni hingga adonan benar-benar kalis.
  4. Setelah semua adonan telah kalis, tutup dengan kain bersih dan biarkan hingga kurang lebih 1-2 jam sampai adonan mengembang.
  5. Kemudian tepuk-tepuk adonan agar gas yang ada didalamnya keluar, saatnya Anda membentuk adonan sesuai dengan selera Anda.
  6. Panaskan minyak, goreng adonan satu persatu kedalam wajan dan cukup satu kali balik saja. Sajikan.

 

Sangat mudah untuk membuatnya kan??.  Anda bisa mencobanya dirumah dengan kreasi bentuk yang berbeda. Kue donat buah naga ini juga cocok loh disajikan saat diadakan pertemuan keluarga ataupun saat arisan. Dijamin deh setiap orang yang melihatnya akan langsung kepincut dan penasaran untuk mencobanya. Itulah tadi semua informasi seputar cara membuat donat buah naga yang dapat saya bagikan pada kesempatan kali ini.

Baca Juga : Cara Membuat Keripik Singkong Renyah