Bahan nabati atau yang berasal dari alam ini mempunyai sifat dan karakteristik yang beragam. Akan tetapi bahan dari nabati memiliki beberapa sifat yang sama, salah satunya yaitu bersifat mudah rusak. Untuk itu dilakukan pengolahan seperti contoh makanan awetan dari bahan nabati berikut yaitu dodol.

Bahan baku nabati yang telah dipanen secara fisiologis masih hidup. Proses berlangsung terus sampai terjadi pembusukan. Untuk memperlambat proses fisiologis dan juga meningkatkan nilai jual bahan dapat diolah. Salah satu contoh hasil pengolahan tersebut yaitu Dodol.

contoh makanan awetan dari bahan nabati

Dodol adalah makanan tradisional yang populer di beberapa daerah Indonesia. Olahan dodol berdasarkan bahan bakunya dibagi menjadi dua, yaitu dodol yang diolah dari buah-buahan dan dodol yang diolah dari tepung-tepungan. Tepung yang dapat diolah menjadi dodol antara lain tepung beras dan tepung ketan.

Dodol lebih sering dikenal dengan nama daerah asal seperti dodol garut, dodol kudus atau jenang kudus, gelamai Sumatra barat dan Kalimantan. Olahan dodol dari buah-buahan misalnya seperti dodol apel, dodol stroberi, dodol pepaya, dan sebagainya.

Dodol buah terbuat dari daging buah yang matang lalu dihancurkan. Setelah daging buah halus kemudian dimasak dengan penambahan gula dan bahan makanan lainnya atau tanpa penambahan makanan lainnya. Bahan-bahan yang ditambahkan harus sesuai takaran dan tidak boleh lebih dari aturan kesehatan yang telah ditentukan.

Dengan banyaknya peminat dodol dan juga banyak cara pembuatannya yang mudah, tidak ada salahnya untuk mencoba bisnis dodol. Pembuatan dodol bisa divariasi menggunakan bahan tambahan sesuai kreasi dan inovasi agar lebih menarik.  Mari Ketahui macam makanan awetan dari bahan nabati dan cara pengawetan.

Wilayah indonesia memiliki banyak varietas tumbuhan yang bagian-bagiannya dapat diolah menjadi bahan pangan, mulai dari daun, buah, batang, akar sampai dengan limbahnya. Dari bahan yang terswedia kita bisa berkreasi menggunakan salah satu bagian dari tumbuhan tersebut untuk dijadikan bahan tambahan dalam pembuatan dodol.

Sebagai salah satu contohnyanya kita bisa menggunakan dari sumber umbi akar seperti kentang. Kita gunakan kentang untuk bahan baku dalam pembuatan dodol untuk mendapatkan rasa yang istimewa dan juga mendapat gizi yang terkandung dalam kentang.

Resep Contoh Makanan Awetan Dari Bahan Nabati (Dodol Kentang)

Alat:

  1. TIMBANGAN
  2. WADAH PLASTIK
  3. PISAU
  4. KOMPOR
  5. WAJAN
  6. ALAT PARUT
  7. SARINGAN
  8. BLENDER
  9. MIXER
  10. CETAKAN
  11. PENGADUK

Bahan :

  1. KENTANG
  2. KELAPA
  3. TEPUNG TERIGU
  4. GULA
  5. GARAM

Cara Pembuatan

  1. Cuci kentang sampai bersih
  2. Masak kentang dengan dikukus sampai matang sempurna
  3. Setelah matang angkat kentang dan tunggu sampai agak dingin
  4. Kupas kulit kentang hingga bersih
  5. Kentang yang telah dikupas haluskan menggunakan blender
  6. Parut kelapa yang telah disiapkan
  7. Tambahkan air ke paritan kelapa kemudian disaring untuk mendapatkan santannya
  8. Buat adonan dengan 500 g Kentang Halus, 500 g gula pasir, dan 500 g Tepung terigu.
  9. Aduk adonan dengan mixer sampai merata sambil tambahkan sedikit garam.
  10. Siapkan wajan diatas kompor dengan api kecil.
  11. Masukkan adonan ke wajan, masak selama kurang lebih 1 jam, tandanya adonan seperti pasta dan tidak lengket di wajan.
  12. Setelah matang angkat adonan kemudian masukkanke cetakan sampai merata.
  13. Diamkan adonan dodol yang sudah matang selama 1 hari pada suhu ruangan.
  14. Potong dodol untuk dikemas.

Kenali Berbagai Jenis Plastik dan Contohnya Dalam Kehidupan Sehari-hari

Demikian itulah contoh proses pembuatan dodol berbahan kentang. Selain dodol contoh makanan awetan dari bahan nabati lainnya adalah Abon Jantung Pisang. Abon tidak harus terbuat dari daging, abon jantung pisang merupakan salah satu kreasi pengolahan bahan nabati menjadi makanan awetan.