Kegiatan Karang Taruna – Ada berbagai kegiatan yang dilakukan Karang Taruna sebagai pengabdian terhadap masyarakat, seperti kerja bakti, bakti sosial, sosialisasi dsb. Berikut ada juga contoh kegiatan karang taruna yang menghasilkan uang.

2 Kegiatan Karang Taruna Yang Menghasilkan Uang, Patut Anda Coba

Contoh Kegiatan Karang Taruna Yang Hasilkan Duit

Apa saja kegiatan tersebut? Berikut ini 2 contoh kegiatan Karang Taruna yang menghasilkan uang :

Mendaur Ulang Sampah

Sampah merupakan salah satu yang selalu menjadi masalah di tengah-tengah masyarakat. Akan tetapi keberadaan sampah sendiri merupakan sisa dari kegiatan masyarakat. Adanya sampah adalah yang menghasilkan masyarakat itu sendiri.
Akan tetapi jika sampah-sampah tersebut dapat dikelola dengan baik, maka akan bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat, misalnya saja pupuk tanaman ataupun uang. Salah satu kegiatan Karang Taruna yang berpotensi untuk menghasilkan uang adalah mengolah sampah menjadi sesuatu yang bermanfaat, misalnya pupuk, mengolah sampah plastik menjadi hiasan rumah dan lain sebagainya.
Semua hasil daur ulang tersebut bisa dijual dan menghasilkan uang. Uang tersebut bisa digunakan untuk melakukan kegiatan lainnya yang lebih bermanfaat. Lingkungan menjadi bersih dan sampah pun bisa lebih bermanfaat.

Membuka Home Industry

Kegiatan Karang Taruna lainnya yang bisa menghasilkan uang adalah dengan membuka produk rumahan atau home industry. Dengan memanfaatkan potensi yang dimiliki lingkungan misalnya daerah penghasil buah apel, maka dapat membuka usaha rumahan pengolahan buah apel.
Buah apel dapat diolah menjadi sari minuman buah, sirup apel, manisa apel, keripik apel, es krim apel dan lain sebagainya. Selain mengembangkan potensi desa, usaha home industry ini juga bisa menghasilkan uang. Tidak lupa untuk mempromosikan hasil olahan tersebut, agar lebih dikenal luas oleh masyarakat.
Nah, itulah beberapa contoh kegiatan Karang Taruna yang menghasilkan uang dan bisa mengembangkan perekonomian masyarakat. Apalagi jika kegiatan tersebut diberikan sosialisasi sebelumnya sehingga masyarakat akan lebih terpacu dalam menjalankan kegiatan yang bermanfaat tersebut.
Semoga artikel ini berguna bagi Anda dan dapat Anda coba. Semoga berhasil.
Sekian dan Terimakasih