Cokelat Keripik Jagung – Cokelat adalah hasil olahan makanan atau minuman dari biji kakao. Cokelat adalah makanan atau minuman dengan rasa yang terpopuler di dunia. Sedangkan keripik jagung adalah makanan ringan yang terbuat dari olahan dasar biji jagung.

Kebayang nggak sih kalian, jika cokelat dan keripik jagung disatukan? Rasanya yang nikmat dari cokelat dan gurih renyah dari keripik jagung yang dipadukan menjadi Cokelat?

Cokelat Keripik Jagung? Penasaran Bagaimana Cara Membuat? Simak!

Sebelum kita benar-benar mengetahui cara membuat Cokelat Keripik Jagung, yuk lihat apa saja sih Bahan di dalam pembuatannya ? Berikut :

Bahan-bahan

  • 5 toples
  • 1000 gram keripik jagung (dari biji)
  • 1000 gram dark chocolate
  • Mutiara gula (secukupnya)
  • Cup cake (secukupnya)

Langkah Pembuatan

  1. Pertama; Lelehkan coklat, caranya isi kuali dengan air lalu didihkan, masukan coklat ke panci dan taruh diatas air didih dikuali. Saya bagi 3 coklatnya, 3 kali masak karna panci gak muat.
  2. Kalo sudah meleleh semua, masukan emping jagungnya, aduk rata, aduk terus. Kalo masih memungkinkan emping nya ditambah (masih keliatan coklat meleleh) masukan lg empingnya.
  3. Masukkan ke cup kue semuatnya, dan taburi mutiara-mutiaranya.
  4. Tunggu sampe dingin (coklatnya kembali keras), atau bisa dimasukan ke kulkas supaya lebih cepat dingin.
  5. Cokelat Keripik Jagung siap disajikan!

Manfaat Keripik Jagung Bagi Kesehatan

Berikut ini beberapa kandungan yang terdapat pada keripik jagung, diantaranya adalah kandungan sebagai berikut:

Mengandung Vitamin

Beberapa kandungan yang terdapat dalam keripik jagung adalah vitamin yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, hanya saja kandungannya tidak dalam jumlah yang besar. Setidaknya dalam 1 ons keripik jagung mengandung sekitar 1 hingga 2%  dari asupan harian Vitamin B-6, Vitamin K, Vitamin B diantarnya ada riboflavin, nthiamin dan niacin, juga mengandung folat yang baik bagi tubuh. Selain itu terdapat pula vitmin E yaitu sekitar 0.4 mg, atau setara dengan 2% dari asupan harian yang direkomendasikan.

Karbohidrat

Selain vitamin, keripik jagung juga mengandung banyak karbohidrat yang dapat membantu Anda dalam memenuhi kebutuhan energi. Kandungan indeks glisemik yang sangat rendah pada keripik jagung, juga sangat baik dikonsumsi bagi penderita diabetes. Sebab mengonsumsi keripik jagung tidak membuat kadar gula dalam darah Anda meningkat. Selain itu, kandungan yang juga bermanfaat bagi kesehatan dalam keripik jagung adalah serat sekitar 1.5 gram dan kadar gula sekitar 0.3 gram.

Mineral

Manfaat dan kandungan yang terdapat pada keripik jagung yang tak kalah penting adalah mineral, diantaranya ada magnesium, zat besi, zinc, kalsium, tembaga dan selenium sekitar 4 hingga 6 persen dari kebutuhan harian yang direkomendasikan. Mineral seperti tembaga, kalsium dan magnesium adalah jenis mineral yang bermanfaat dalam membantu menjaga kondisi jantung agar tetap sehat. Dimana magnesium dan kalsium berperan aktif dan penting menjalankan kontraktifitas otot pada jantung.

Hal yang perlu diingat dalam mengonsumsi keripik jagung adalah tidak dikonsumsi secara berlebihan, sebab meskipun keripik jagung memiliki manfaat dan kandungan yang baik bagi kesehatan. Terdapat garam dan kalori yang cukup tinggi, dimana garam berlebih dapat menyebabkan hipertensi juga kalori yang berlebihan dapat memicu terjadinya diabetes.

Baca Juga : Wow! Mampir yuk.. Resep Cokelat Keripik Jagung Kekinian Lho.., Cokelat

Baca Juga : Usaha Keripik Jagung, Kemriyik, Gurih, Banjir Untung Serta Analisa Usaha