Belajar dan Berbagi

Resep, Tips dan Peluang Usaha Sekitar Kita

Category: Artikel (page 1 of 22)

Resep Mie Pangsit Jakarta yang Spesial dan Enak

Mie pangsit atau banyak yang menyebutnya dengan mie ayam sebenernya sangat sederhana dan mudah untuk dibuat. Bahan utama yang digunakan adalah mie dan daging ayam yang di masak dengan menggunkan bumbu kecap, saus dan lain-lain. Olahan ini merupakan salah satu resep mie yang bisa di sajikan sebagai menu utama maupun sebgai menu cemilan berat di sela-sela jam makan siang ataupun makan malam kalian semua. Kenikmatan rasa mie yang dipadukan dengan ayam dan pangsit bisa menggugah atau menggoyang lidah anda yang mencobanya. Harganya pun sangat terjangkau bagi masyarat indonesia sekitaran 12000 ( dua belas ribu rupiah ) sampai 15000 ( lima belas ribu rupiah) . Menu Mie pangsit jakarta atau mie ini biasanya dijual di kaki lima maupun di restoran-restoran di Indonesia.

Resep mie pangsit jakarta ini adalah resep yang paling sering saya buat karena semua anggota keluarga kami sangat menyukai mie pangsit. Biarpun bahan-bahannya agak sedikit rumit tapi semua terjangkau dan mudah didapat kok. Tenang saja nggak sampai merogoh gocek yang sampai ratusan ribu dijamin. Selain itu rasanya pasti sangat menggoda dan bakal ketaguhan deh. Yuk mari kita siapkan bahan dan bumbunya.

Lihat Juga!Resep Mie Ayam Bakso Pangsit Lezat, Enak Dan Menggugah

Bahan untuk Pembuatan Mie Pangsit Jakarta

Beberapa bahan untuk Pembuatan  Resep Mie Pangsit Jakarta:

Untuk membuat taburan ayam pangsit:

  • 1/4 Kg ayam buras pilih yang dada
  • 1 ons lemak ayam
  • 2 butir telur
  • 5 siung bawang putih haluskan
  • 1/4 sendok teh meriba bubuk
  • garam secukupnya
  • minyak sayur untuk menumis kira-kira dua sendok makan

Mie pangsit:

  • 1 bungkus mie cap telur ayam (kalau pakai ini satu bungkus bisa jadi tiga porsi) atau sesuai selera mie basah juga bisa
  • Sawi 1 ikat kecil atau sesuai selera
  • minyak goreng 1/2 sendok makan untuk mencampur air waktu merebus mie, gunanya agar mie tidak lengket

Untuk bumbu mie:

  • 1 sendok makan minyak ayam
  • 1 sendok teh kecap asin cap ikan (untuk yang muslim harus hati-hati karena kebanyakan yang ada tanpa label halal, tetapi saya telah menemukan yang halal di supermarket  hargnya tidak mahal kok.
  • Garam sedikit sesuai selera
  • minya wijen 1/4 sendok teh
    Bahan lain untuk taburan yaitu daun bawang merah yang telah diiris dan bawang merah goreng.

Cara membuat Mie Pangsit Jakarta

Berikut ini adalah  cara membuat mie pangsit jakarta yang spesial dan enak

  1. Pisahkan dulu lemak ayam kemudian sisihkan. Ayam dikukus kira-kira 25 menit setelah itu dinginkan lalu blender.
  2. Lemak ayam dicampur dengan minyak goreng kira-kira empat sendok lalu dbiarkan sampai lemak ayam kering matikan dan masukkan bawang putih yang sudah dikeprek.
  3. Buat bumbu bawang putih, merica bubuk dan garam haluskan kemudian masak dengan ayam yang sudah diblender lalu campurkan dua telur ayaam yang sudah dikocok, aduk terus sampai ayam kering seperti gambar di atas.
  4. Campur minyak wijen, garam, minyak ayam,kecap asin ke dalam mangkok hidang.
  5. Didihkan air dengan lalu masukkan sawi setelah lunak angkat dan tiriskan. Sisa air yang masih mendidih tambah minyak goreng 1/2 sendok makan dan masukan mie. Kalau mie sudah lunak angkat tiriskan lalu taruh dalam mangkok yang sudah ada bumbunya tersebut, aduk sampai rata. Terakir beri taburan ayam  dua sendok makan diatas mie lalu taburi daun bawang merah dan bawang goreng siap untuk disantap.

Demikianlah artikel yang sudah saya buat tentang resep mie pangsit jakarta dan sekaligus pengertian mie,  langkah-langkah dalam membuat resep mie pangsit jakarta ini memang melelahkan, namun hasilnya akan menjadi makanan yang di suka bagi anak-anak maupun orang dewasa loh.

Baca Juga : Cara Membuat Resep Mie Pangsit Yang Lezat Dan Enak

 

Resep Kroket Mie Gulung Yang Enak dan Mudah Dibuat

Resep kroket mie gulung, Kroket  merupakan makanan berbentuk bulat lonjong yang diselimuti dengan breadcrumbs atau tepung roti dan digoreng. Biasanya jika di luar negeri maka bahan utamanya adalah kentang tumbuk, daging cincang (sapi, ayam atau kalkun), seafood, ikan, keju, sayuran, dan roti tawar yang direndam susu cair dan dilumatkan. Semua bahan-bahan ini kemudian dicampur dengan saus putih (bechamel) bersama dengan bumbu-bumbu seperti bawang bombay, merica, daun rempah kering, dan pala. Adonan ini kemudian dibentuk bulat lonjong atau piringan bulat pipih dan digoreng dalam minyak yang banyak. Kroket terkadang hadir begitu saja alias tidak menggunakan isi di dalamnya, namun jika diisi maka bahan pengisi kroket umumnya adalah tumisan bawang putih, jamur, dan telur rebus.

Kata croquette berasal dari bahasa Prancis, croquer yang artinya “to crunch”. Mungkin mengacu pada permukaan kroket yang garing dan renyah, sehingga ketika dimakan akan remuk dan mengeluarkan suara bergemersik. Makanan ini sangat populer di seluruh dunia selain sebagai camilan juga sebagai fast fod.

Di Indonesia sendiri, walau makanan ini sudah diperkenalkan sejak jaman penjajahan Belanda namun kepopulerannya sendiri tidaklah se-booming di negara asalnya. Mungkin karena kentang bukanlah makanan pokok di negara kita sehingga kroket pun hanya dianggap sekedar camilan selayaknya lumpia, risoles, bakwan atau tahu isi. Kroket di negera kita berupa kentang yang dihaluskan dan digunakan untuk membungkus isi yang biasanya terbuat dari tumisan ayam dan sayuran. Adonan yang sudah dibentuk bulat lonjong ini kemudian di celupkan ke dalam kocokan telur dan dibalut tepung panir untuk kemudian di deep fried hingga permukaannya kering kecoklatan.

Tumisan isi roket yang biasanya disebut dengan ragout ini bisa dibuat dari daging ayam atau daging sapi bersama cincangan sayuran dan dikentalkan dengan tepung maizena. Sayuran yang umum digunakan biasanya hanya terbatas pada wortel dan kacang polong, sangat jarang sekali menemukan kroket yang diisi dengan sayuran yang terlalu bervariasi.

Bagian terpenting lainnya dalam membuat kroket adalah menggelindingkan bulatan adonan di permukaan tepung panir atau breadcrumbs. Jika breadcrumbs yang anda gunakan terlalu kasar (butirannya besar-besar) seperti yang saya gunakan pada gambar di bawah maka proses sebentar breadcrumbs dengan blender dry mill, tekan pulse dua atau tiga kali saja untuk memecahkan butiran tersebut agar menjadi lebih kecil. Tetapi ingat jangan terlalu berlebihan menghancurkannya hingga menjadi halus seperti tepung.

Lihat Juga!Cara Membuat Mie Warna Warni Yang Mudah Dibuat Dirumah

Bahan-bahan yang harus di persiapkan:

  •  2 bks mie instant,
  •  1 ons daging cincang,
  •  daun bawang,
  •  1 siung bawang putih,
  •  3 bawang merah,
  •  minyak goreng,
  •  2 butir telur ayam,
  •  kecap manis.
  •  daun pisang

Cara Membuatnya:

1. Didihkan 1 gelas air, masukkan mie instant, didihkan beberapa saat, lalu angkat.
2. Bubuhi 1 pak bumbunya, ratakan. Jika sudah terserap airnya, masukkan telur yang sudah dikocok, ratakan, diamkan dulu.

3. Panaskan 2 sendok minyak di wajan, masukkan 2 macam bawang yang suduh digerus kasar, tumis, sampai berbau harum baru masukkan daging cincang, aduk-aduk sampai berubah warna baru masukkan irisan daun bawang dan bumbu-bumbu, bubuhi kecap 2-3 sendok makan.

4. Masak sampai daging tidak berair, taruh 1 sendok makan tepung terigu, ratakan pula sambil diaduk-aduk sejenak lalu angkat.

5. Adonan mie ditaruh di aas selembar daun yang sudah diminyaki, isi dengan daging, lalu gulung. Tutup kiri kanan dengan lidi. Kukus sampai masak.
6. Dinginkan, lalu potong-potong setebal jari. Celup ke dalam telur yang sudah dikocok lalu gulingkan ke tepung panir. goreng dengan minyak yang panas.

Baca Juga :Cara Membuat Resep Kroket Mie Banyak Variasi Yang Pastinya Enak

Demikianlah artikel tentang cara membuat resep kroket mie gulung, share artikel ini kepada teman – teman anda. selamat mencoba cara membuat resep kroket mie gulung ini dan terima kasih!

Cara Membuat Mie Warna Warni Yang Mudah Dibuat Dirumah

Mie kuning biasa sudah tidak  jaman lagi, kurang variasi, karena saya sebagai penggemar mie sejati harus coba coba segala macam mie dong, apalagi mie ayam satu ini warnanya unik, sehat lagi, bisa bikin sendiri tanpa bahan pengawet pula, yukk coba saja langsung ke  step by step cara membuat mmie warna warni.

Bahan :

  • 450 gr tepung terigu protein tinggi
  • 2 btr kuning telur
  • 150 gram bayam hijau
  • 3/4 sdt garam
  •  Sari hijau bayam 🙂 nya :
  • [caranya , ambil daunnya saja, lalu blender dengan 200 ml air.
  • Saring dan sisihkan.
  • Hasilnya sari bayam itu nanti 350 ml.
  • Jangan sekaligus dituang ya.
  • Tapi, sedikit2 hingga dirasa adonan cukup kalis untuk dibentuk menjadi mie.

Cara Membuat :

1. Campur tepung terigu dan garam
2. Masukkan kuning telur, lalu tambahkan jus bayam hijau sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis. Jumlah jus bayam yang diperlukan tergantung kebutuhan sampai adonan menjadi kalis.
3. Gilas menggunakan mesin pembuat mie dengan ketebalan sesuai selera. Lakukan 2 kali sampai hasil gilasan elastis dan halus.
4. Lalu gilas kembali menggunakan pisau pembuat mie (pake ukuran yg kecil)
5. Taburi hasil gilasan dengan tepung agar tidak lengket
6. Didihkan air, masukkan mie. Biarkan beberapa saat hingga mie matang
7. Angkat, tiriskan. Siap dicampur dengan minyak ayam, kecap asin, minyak wijen & taburi dengan tumisan ayam jamur.

Sekedar info  :

 Jika ingin membuat mie oranye, ganti sari air bayam dengan air wortel atau labu kuning dengan takaran akhir kurang lebih 300 ml. Begitu pun jika ingin membuat mie merah, blender 1 buah bit dengan 200 ml air, saring. Mie hitam, campur tinta cumi dengan air hingga berjumlah 200 ml.

Sedang mie pelngi, kita bisa mix mie- mie yang udah dibuat tadi sedikit- sedikit, jadi mie nya warna- warni deh.

Lihat Juga!Resep Kroket Mie Gulung Yang Enak dan Mudah Dibuat

Minyak Ayam

Bahan:

  • 500 ml Minyak sayur bening
  • 180 grm lemak/kulit ayam
  • 8 siung Bawang putih, dimemarkan agak halus yaaa!!
  • 1 ruas jari Jahe
  • 1 sdt Lada utuh, dimemarkan
  • 1 sdt Ketumbar utuh, dimemarkan

Info :

Alternatif: lada dan ketumbar bisa diganti dengan kemiri. Gunakan biji yang masih segar, yang akan berbau harum saat dimasak. Tidak bisa diganti dengan lada/ ketumbar bubuk karena yang berbentuk bubuk sudah tidak mengeluarkan minyak.

Cara membuat:

1) Tumis bawang putih dengan sedikit minyak hingga harum, lalu masukkan lemak/ kulit ayam. Tumis terus dengan api kecil hingga keluar minyak agak banyak.
2) Masukkan sisa minyak dan semua bahan lain. Masak hingga 15 menit dengan api kecil.
3) Gunakan untuk menumis/ membuat mie pangsit. Sisa minyak didinginkan, disaring, lalu disimpan di wadah yang bersih, kering dan tertutup.
4) Jangan mengoplos minyak ayam yang sudah jadi dengan minyak sayur.

Tumisan Ayam

Bahan:

  • 1/2 kg ayam
  •  [Pilih bagian dada, cincang halus. Tulang jangan dibuang, bisa untuk kuah kaldunya]
  • 1/4 kg jamur kancing segar [iris tipis]

Bumbu halus:

  • 10 bh bawang putih
  • 6 bh bawang merah
  • 3 sdm kecap manis
  • 1/2 btl saus tiram
  • 1 sdt kecap ikan
  • 1 sdt kecap asin
  • 1 sdt minyak wijen
  • gula, garam & merica bubuk secukupnya
  • sedikit air untuk meresapkan bumbu

Cara membuat:

  1. Tumis bawang putih & bawang merah hingga harum, tambahkan minyak wijen, kecap ikan, aduk rata.
    2. Masukkan cincangan daging ayam, aduk rata. Tambahkan kecap manis, saus tiram, kecap asin, gula, garam, merica. aduk. Masukkan jamur kancing, aduk kembali.
    3. Beri sedikit air. Biarkan hingga air menyusut & bumbu meresap. Angkat
    4. Tumisan ayam-jamur siap digunakan

Kaldu :

  • 1 liter air
  • Tulang2 sisa fillet an ayam
  • 4 bh bawang putih, memarkan sedikit halus
  • 1 ruas jahe, memarkan
  • 3 btg daun bawang
  • garam & merica secukupnya

Cara membuat:

  1. Didihkan air, masukkan tulang ayam. Biarkan agak lama.
    2. Tumis bawang putih & jahe hingga harum. Angkat, tuang ke dalam air kaldu
    3. Tambahkan garam & merica, tes rasa. Biarkan mendidih kembali.
    4. Angkat, taburi dg daun bawang

Pelengkap :

  • Kulit pangsit goreng
  • acar timun
  • sayur sawi rebus
  • tongcai

Penyelesaian :

  1. Siapkan mangkok, letakkan 1 sdm minyak ayam, 1 sdm kecap asin, 1/2 sdm minyak wijen, aduk rata.
    2. Taruh diatasnya mie hijau yg sudah direbus tadi. Aduk-aduk agar semua tercampur rata.
    3. Tambahkan sawi rebus (jika suka), tumisan ayam-jamur dan tongcai.
    4. Lengkapi dg pangsit goreng dan acar timun

Demikianlah artikel tentang cara membuat mie warna-warni, share artikel ini kepada teman – teman anda. selamat mencoba cara membuat resep mie warna warni ini dan terima kasih!

Baca Juga : Peluang Bisnis Mie Ayam Pelangi Dan Proses Pembuatannya

 3 Cara Membuat Mie Warna-Warni Dari Sayuran yang Sehat

Siapa yang tidak menyukai mie ? Mie merupakan pengganti nasi dan banyak karbohidat atau lebih tepatnya sebagai makanan pengganjal perut, selain itu mie juga dapat diolah dengan berbagai macam jenis varian masakan mie, seperti mie rebus, mie goreng, bakmie, dan mie ayam pangsit dll. Mi (atau juga sering ditulis mie) adalah adonan tipis dan panjang yang telah digulung, dikeringkan, dan dimasak dalam air mendidih. Langsung saja ke cara membuat mie warna-warni dari sayuran, semoga sukses!

Berbagai Macam Cara Membuat Mie Warna-Warni dari Sayuran :

1. Cara Membuat Mie Hijau

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • 300 gram tepung terigu yang proteinnya tinggi.
  • 2 butir telur.
  • 75 gram tepung sagu.
  • 1 sendok teh garam.
  • 50 gram bayam yang sudah di-blender dengan air sebanyak 30ml.
  • 2 sawi hijau. Potong sesuai selera, lalu rebus sebentar.
  • 50 gram tepung terigu, nantinya akan digunakan untuk taburan.

Bahan tumisan ayam:

  • 2 paha ayam, potonglah kotak kecil-kecil.
  • 4 siung bawang putih, lalu cincang halus.
  • 200 gram jamur dan potong-potong.
  • 1 sendok teh garam.
  • ½ sendok teh merica hitam bubuk.
  • 150 ml air.
  • 1 sendok teh gula pasir.
  • 1 sendok makan minyak goreng untuk menumis.

Bahan kuah:

  • 4 siung bawang putih, iris dan goreng.
  • 2000 ml kaldu ayam.
  • 4 siung bawang putih, iris dan goreng.
  • 1 sendok teh merica bubuk.
  • 2 ½ sendok teh garam.
  • ½ sendok teh gula pasir.
  • 2 batang daun bawang.

Bahan pelengkap:

  • Saus sambal sesuai selera.
  • Saus tomat sesuai selera.
  • 1 batang daun bawang.

Cara membuat tumisan:

  1. Panaskan minyak goreng terlebih dahulu dalam wajan.
  2. Setelah itu, masukan bawang putih yang sudah dihaluskan. Tunggu sampai aromanya harum.
  3. Masukan ayam, lalu aduk secara merata sampai warnanya berubah.
  4. Masukan jamur, garam, merica hitam, dan gula pasir. Aduk merata tambahkan air sedikit. Aduk lagi hingga merata.
  5. Setelah matang sisihkan terlebih dahulu.

Cara memasak kuah mi:

Masak kuah, kemudian masukan garam, bawang putih, daun bawang, dan gula. Masak sampai matang.

Cara membuat mi hijau:

  1. Campur tepung terigu, bayam, tepung sagu, garam, dan telur. Aduk semua bahan sampai kalis. Lalu, diamkan selama 15 menit.
  2. Giling tipis-tipis di gilingan mi. Ketebalannya antara 1 sampai 4 cm . Lakukan 2 kali penggilingan untuk setiap nomor. Taburkan tepung terigu ke adonan supaya tidak lengket.
  3. Potong hasil gilingan menggunakan pemotong mi.

Cara memasak mi hijau menjadi makanan khas Indonesia:

  1. Didihkan 100 ml air dalam panci yang sudah ditambahkan minyak.
  2. Masukan mi hijau ketika air mendidih.
  3. Setelah matang, angkat dan tiriskan.
  4. Sajikan mi di mangkuk. Tambahkan kecap asin 4 sendok makan dan merica bubuk 1/2 sendok teh.
  5. Siramkan kuah kaldu.
  6. Tambahkan bumbu tumisan dan taburi bawang.
  7. Tambahkan saus sambal atau tomat sesuai selera.
  8. Mie hijau spesial siap disajikan.

Baca Juga :Cara Membuat Mie Sehat Yang lezat dan Mudah di Praktekan

2. Cara Membuat Mie Merah 

Bahan-bahan membuat mi merah: 

  • 300 gram terigu protein tinggi.
  • 1 buah bit ungu.
  • 1 sendok makan minyak goreng.
  • 4 sendok makan kecap asin.
  • 1 butir
  • 1 sendok teh
  • 4 sendok makan minyak goreng.

Langkah-langkah membuat mi merah:

  1. Kupas buah bit ungu. Potong kecil-kecil bentuk dadu.
  2. Didihkan air secukupnya, lalu masukkan buah bit yang sudah dipotong. Masak dengan api sedang antara 3 sampai 4 menit. Tunggu sampai dingin, lalu blender halus.
  3. Campur terigu, telur, garam, minyak goreng, dan sebagian buah bit halus. Aduk sampai rata. Apabila adonan mi masih terasa kering tambahkan lagi buah bit. Setelah itu, bulatkan.
  4. Potong adonan mi menjadi 4 bagian. Pipihkan masing-masing adonan di mesin mi sampai ketebalan nomor 4 atau 5.
  5. Didihkan air, lalu masak setiap 1 bagian adonan 2 sampai 3 menit. Letakkan ke wadah yang telah diberi minyak goreng dan kecap asin. Aduk sampai Lakukan hal yang sama sampai adonan ke 4.
  6. Mi merah pun sudah jadi.

3. Cara Membuat Mie Ungu

Bahan-bahan membuat mi ungu:

  • 150 gram ubi jalar ungu.
  • 125 gram tepung mocaf.
  • 350 gram tepung terigu.
  • 2 sendok makan tepung tapioka.
  • ½ sendok makan garam.
  • 1 gram posmie.
  • Air secukupnya.
  • Garam secukupnya.

Langkah-langkah membuat mi ungu:

  1. Kupas ubi jalar ungu, cuci lalu kukus.
  2. Ubi yang sudah dikukus campur dengan tepung terigu, tepung mocaf, tepung tapioca, posmi, garam, telur, dan air secukupnya. Aduk rata sampai menjadi adonan yang kalis.
  3. Giling adonan tersebut menggunakan gilingan mi. Giling adonan 2 atau 3 kali sampai licin.
  4. Potong mi dengan ukuran yang sedang.
  5. Didihkan air dengan minyak makan. Rebus sampai mi terapung, angkat, lalu dinginkan.

Lihat Juga!Resep Mie Ayam Bakso Pangsit Lezat, Enak Dan Menggugah

Demikianlah artikel tentang cara membuat mie warna-warni dari sayuran, share artikel ini kepada teman – teman anda. selamat mencoba cara membuat  mie warna warni dari sayuran ini dan terima kasih!

Resep Mie Ayam Bakso Pangsit Lezat, Enak Dan Menggugah

Siapa yang tidak menyukai mie ayam bakso pangsit? Mie merupakan makanan yang termasuk pengganti makanan karbohidat atau lebih tepatnya sebagai makanan pengganjal perut, selain itu mie juga dapat diolah dengan berbagai macam jenis varian masakan mie, seperti mie rebus, mie goreng, bakmie, dan mie ayam pangsit. Resep mie ayam bakso pangsit ini adalah resep yang paling sering saya buat karena semua anggota keluarga kami sangat menyukai mie pangsit. Biarpun bahan-bahannya agak sedikit rumit tapi semua terjangkau dan mudah didapat kok. Tenang saja nggak sampai merogoh gocek yang sampai ratusan ribu dijamin. Selain itu rasanya pasti sangat menggoda dan bakal ketaguhan deh. Salah satu makanan mie yang terkenal dan paling banyak disukai oleh semua orang adalah mie ayam pangsit, selain rasanya yang enak dan lezat mie pangsit jenis kuliner yang harganya relatif terjangkau, biasanya 1 porsi mie pangsit harganya cuma goceng. Karna itu banyak dipilih masyarakat sebagai makanan favorit dan dibawang ini adalah resep dan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat mie pangsit agar anda bisa membuatnya dirumah.

Lihat Juga! 3 Cara Membuat Mie Warna-Warni Dari Sayuran yang Sehat

Bahan Masakan Mie Ayam Bakso Pangsit

Bahan Mie:

  • Air Hangat
  • 1 kg tepung terigu
  • 3 butir telor
  • 1 sendok teh garam
  • Bahan Bumbu Mie:
  • 5 Siung Bawang Putih Cincang
  • 2 Siung Bawang Merah Cincang
  • 10 sdm Minyak Goreng
  • 2 sdm Garam
  • ¼ sdm Merica
  • ¼ sdt Ketumbar Halus
  • 1 Gelas Kaldu Ayam

Membuat Tumisan Ayam:

  • 1 Iris Daging Ayam Potong Dadu
  • 1 Siung Bawang Putih
  • Gula
  • Garam
  • Daun bawang
  • ½ Gelas Kaldu
  • Minyak Goreng

Bahan Kaldu Ayam:

  • Air
  • Ayamnya
  • Daun bawang
  • Seledri

Bahan Pelengkap:

  • Bakso secukupnya
  • Pangsit secukupnya
  • Sawi Rebus secukupnya
  • Sambal secukupnya
  • Saus secukupnya
  • Kecap Asin secukupnya

Cara Memasak

Cara Membuat Mie

  1. Campurkanlah semua bahan-bahan pembuat mie.
  2. Adon hingga menjadi kalis.
  3. Pipihkan dengan menggunakan alat.
  4. Potong dengan menggunakan alat pemotong/pencetak mie.
  5. Jika kesulitan, anda bisa membeli mie ayam di toko, pasar, atau supermarket terdekat.

Cara Membuat Bumbu Mie

  1. Panaskan minyak goreng di atas wajan.
  2. Masukan bawang merah, bawang putih kemudian tumis hingga harum.
  3. Jangan lupa masukkan kaldu ayam dan tambahkan garam, merica, ketumbar sampai mendidih.
  4. Setelah matang matikan api.

Cara Membuat Tumisan

  1. Panaskan minyak di atas wajan
  2. Tumis daun bawang dan ayam cincang di atas wajan hingga sdikit berubah warna
  3. Tambahkan kaldu, daun bawang dan gula sebagai penyedap rasa masakan anda.
  4. Masak dengan api kecil saja sampai mendidih.
  5. Jangan lupa menambahkan garam.
  6. Setelah matang dan daun bawang terlihat layu, angkat masakan anda.

Cara Membuat Kuah Kaldu

  1. Didihkan air kemudian masukan masukkan ayam.
  2. Panaskan dan biarkan hingga airnya menyusut sekitar ¾.
  3. Ambil ayamnya kemudian panaskan air bekas ayam tadi dengan api kecil.
  4. Jangan lupa untuk memasukkan daun bawang dan seledri.

Cara Membuat Mie Ayam Bakso Pangsit

  1. Langkah awal kita membuat minyak ayam dengan menyiapkan pengorengan kemudian panasakan lalu letakan kulit ayam, ketumbar dan bawang putih goreng di atas api yang kecil dan masak sampai kulit ayam mengeluarkan minyak lalu matikan api dan angkat.
  2. Selanjutnya membuat kuah kaldu dengan menumis bawang putih yang sudah dicincang sampai baunya wangi lalu kita tuangkan air, masukan kulit dan tulang ayam kemudian tambahkan merica bubuk gula dan garam masak sampai mendidih dan air berkurang atau hingga kuah mengental.
  3. Setelah itu kita membuat taburan ayam kita tumis bawang putih dan jahe yang dicincang halus sampai beraroma wangi kemudian masukan daging ayam giling, merica dan garamkita aduk-aduk rata sampai daging ayam berubah warna kecoklatan kemudian angkat.
  4. Siapkan mangkok lalu tuangkan minyak ayam 1 sendok makan kedalamnya bersama kecap asin, merica bubuk garam kemudian sisihkan.
  5. Kemudian kita panaskan air untuk merebus sawi hijau sampai setengah matang kemudian masukan mie kedalamnya masak sampai keduanya matang kemudian tuangkan rebusa mie dan sawi kedalam mangkok yang tadi sambil kita aduk rata.
  6. Kemudian kita beri taburan ayam diatasnya serta bawang merah goreng dan daun brambang,lalu tuangkan kuah kaldu dan sajikan.

Baca Juga :3 Cara Membuat Mie Ayam Bakso Yang Lezat Dan Enak

Waktu Roasting Kopi Untuk Rasa Yang Enak Dan Pas

Waktu Roasting Kopi – Biji kopi yang sudah dicuci dan belum disangrai (roasting) teksturnya lunak dan memiliki kandungan acid, protein, gula, serta kafein yang lebih tinggi dibandingkan dengan biji kopi yang sudah disangrai (roasting).

Ketika kopi masih dalam bentuk beras (green bean), dapat dipastikan biji kopi tersebut hanya memiliki sedikit rasa bahkan tidak berasa.

Namun setelah melalui proses roasting, biji kopi (green bean) yang semula tidak memiliki rasa akan berubah menjadi biji kopi yang beraroma, kaya rasa, dan memiliki biji yang renyah. Salah satu tahapan yang harus dilalui agar kopi bisa dinikmati dengan aroma dan citarasa sedap adalah proses roasting.

Proses ini pun sangat menentukan cita rasa kopi, mulai dari body yang ringan sampai body berat dapat diatur dengan proses sangrai. Sehingga bisa dikatakan bahwa tahapan ini merupakan proses yang sangat krusial dibanding semua tahapan pengolahan kopi.

Cita rasa kopi bisa divariasikan sesuai selera, tergantung pada bagaimana proses roasting ini dilakukan.

Sebagai gambaran betapa pentingnya proses roasting, maka jika dikomposisikan perbandingan penentu citarasa kopi yang kita nikmati, 30% rasa enaknya kopi bisa ditentukan oleh roaster melalui proses roasting, 60% ditentukan oleh proses budidaya dan panen di kebun sedangkan sisanya yang 10% ditentukan oleh barista pada saat penyajian. Berikut ini Waktu Roasting Kopi.

BACA JUGA : Jadi Begini Cara Roasting Kopi Agar Rasanya Mantap !!!

Waktu Roasting Kopi

Tingkatan roasting paling umum dijadikan patokan dalam roasting terutama di Indonesia ada tiga tingkat, yaitu; light roast, medium roast, dan dark roast. Tingkatan ini biasanya paling cocok dalam memanggang kopi arabika. Penyangrai kopi tingkat dunia, biasanya menggunakan tingkatan roasting yang spesifik seperti french roast, vienna roast, cinnamon roast, dan lain lain.

1. Light Roast (Coklat Muda)

 

Pada tingkatan roasting ini bercita rasa asam, aroma sangrai kurang tercium, tahapan pertama biji kopi yang telah di sangrai beberapa menit akan sedikit mengembang.

Light roast adalah fase dalam roasting yang memiliki tingkat kematangan paling rendah. Biji kopi akan memiliki warna coklat terang karena proses penyerapan panas yang dilakukan tidak terlalu lama, minyak juga tidak muncul pada biji kopi dan biji kopi cenderung kering. Light roast memiliki suhu biji kopi berada pada kisaran 180°C – 205°C.

Pada suhu sekitar 205°C tersebut terjadi first crack dan pada saat itu pula proses roasting dihentikan. Kopi yang di roasting pada tingkatan ini memiliki keasaman dan caffeine yang tinggi. Tingkatan roasting ini cocok bagi orang yang menyukai rasa kopi mencolok, karena memiliki ciri khas seperti citrusy, earthy, dan buttery.

Inilah Dia 6 Jenis Kopi Paling Enak Di Indonesia !!!

2. Medium Roast

 

Pada tingkatan roasting ini, cita rasa terasa manis dan aroma asap penyangraian sangat tajam tercium, karena biji kopi banyak mengeluarkan asap, warnanya makin hitam sampai berminyak dan kandungan gula mulai berkarbonisasi.

Medium roast merupakan tingkatan roasting yang paling banyak digunakan. Biji kopi akan berwarna lebih gelap apabila dibandingkan dengan light roast tetapi lebih terang apabila dibandingkan dengan dark roast. Sama seperti light roast, pada medium roast biji kopi tidak mengeluarkan minyak pada permukaannya.

Medium roast memiliki suhu biji kopi pada kisaran 210°C dan 220°C. Pada suhu tersebut adalah suhu dimana first crack usai namun second crack belum terjadi. Selain caffeine yang lebih rendah, medium roast menghasilkan kopi yang cenderung balance aroma, balance keasaman dan menghasilkan banyak rasa.

3. Dark Roast

 

Dark roast merupakan tingkatan paling matang pada proses roasting kopi, apabila melebihi tingkatan ini justru kopi menjadi tidak enak. Warna biji kopi akan lebih gelap bila dibandingkan dengan tigkatan – tingkatan roasting lainnya.

Pada dark roast biji kopi hasil roasting mengeluarkan minyak pada permukaannya. Rasa kopi juga akan cenderung pahit dan menutupi rasa khas dari masing – masing kopi. Dark roast selesai diroasting ketika second crack usai terjadi atau pada suhu sekitar 240°C. Bagi yang menyukai kopi dengan kekentalan (body) kopi yang tebal, sangat cocok dengan profil dark roast.

Berikut tadi Waktu Roasting Kopi untuk patokan pemula dalam belajar roasting kopi.

Inilah Dia 6 Jenis Kopi Paling Enak Di Indonesia !!!

Kopi Paling Enak Di Indonesia –  Indonesia dikenal dengan tanahnya yang sangat subur, selain dikenal kaya akan rempah, bumi pertiwi kita juga dikenal kaya akan aneka ragam kopinya. Kopi menjadi minuman wajib setiap saat, terlebih lagi ketika pagi hari. Keharuammanya serta rasanya mampu membangkitkan semangat untuk mengawali hari.

Sebagai penggemar berat kopi rasanya sangat sayang bila kita sering mencoba espresso, americano, coffee late atau kopi luar lainnya tapi tidak merasakan kopi dari tanah sendiri. Kita sebagai warga yang cinta negara sendiri, pastinya wajib coba Kopi Paling Enak Di Indonesia berikut ini.

BACA JUGA : Harus Cobain!! 10 Jenis Kopi Paling Enak Di Indonesia

Kopi Paling Enak Di Indonesia

1. Kopi Toraja

 

Daerah di Sulawesi Tenggara lebih tepatnya di Toraja, memang dikenal sebagai daerah penghasil kopi. Bahkan kopi Arabika dari Toraja mampu menembus pasar import dan menjadi kopi berkualitas terbaik. Kopi multidimensi ini mempunyai teksture yang kental, sehingga ketika kopi bubuk diseduh akan cepat mengendap pada cangkir. Rasanya sangat nikmat karena pada kopi Toraja terdapat keseimbangan rasa coklat hitam dan buah. Akan lebih nikmat bila diseduh tanpa gula, sensasi gurih dan segar seketika akan langsung terasa. Masyarakat Jepang dan Amerika sangat menyukai kopi Toraja ini.

2. Kopi Sidikalang

 

Kopi ini menjadi kopi Arabica asli dari Indonesia yang juga telah mendunia, aroma kuat dan rasa nikmat membuat banyak orang jatuh cinta pada kopi tersebut. Kopi yang menjadi ikon daerah Sumatera Utara tersebut ditanam di pegunungan yang kaya akan mineral, sehingga menghasilkan kopi berkualitas tinggi. Inilah yang membuat kopi tersebut banyak dinikmati dan menjadi salah satu Kopi Paling Enak Di Indonesia.

3. Kopi Jawa

 

Kopi Jawa atau yang sering dikenal dengan Java Arabica, menjadi salah satu kopi terbaik dan dikenal hingga seluruh penjuru dunia. Java Arabica ini tumbuh subur dikawasan Kawah Ijen, Jawa Timur. Cita rasa pedas ketika diminum, tapi meninggalkan rasa manis nan lembut setelah ditelan. Tak heran bila banyak wisatsawan rela jauh-jauh ke Indonesia untuk mencoba Java Arabica tersebut. Lebihnya lagi kopi tersebut mempunyai kadar asam yang lebih rendah, membuat perut kita terasa lebih aman untuk menikmati kopi asli Indonesia yang telah mendunia tersebut.

Begini Cara Menghaluskan Kopi Hijau Yang Benar !

4. Kopi Lintong

 

Sumatera memang menjadi daerah penghasil kopi yang cukup populer, satu diantaranya adalah kopi Lintong. Kopi ini tumbuh dengan subur didaerah Lintong, Nihuta, Danau Toba, Sumatera. Aroma kopi ini sangat unik, beraroma rempah-rempah dengan rasa sedikit pedas, unik dan nikmat. Rasa asamnya yang ringan menambah kesegaran dan kenikmatan kopi Lintong.

5. Kopi Gayo

 

Masih berada di kawasan Sumatera, lebih tepatnya di daerah Gayo Aceh. Varietas kopi Arabica tumbuh subur dikawasan Gayo, Aceh Tenggara. Kenikmatannya telah mendunia, dibuktikan dengan penghargaan sebagai kopi terbaik didunia. Buktinya bahwa kopi dari Aceh Gayo ini telah mendapatkan Fair Trade Certified dari Organisasi International Fair Trade tahun 2010. Dan rasanya penghargaan ini sangat pas disematkan pada kopi tersebut, aromanya sangat kuat dan begitu khas. Sekali meneguk macam macam jenis kopi di Indonesia ini rasa gurih, pahit dan sedikit manis mampu membuai lidah serta langsung membuat mata anda terbuka. Negara tujuan ekspor kopi ini seperti Eropa dan Amerika Serikat.

6. Kopi Wamena

 

Siapa yang tidak mengenal kopi Wamena, kopi yang sangat tersohor di dalam dan luar negeri. Varietas kopi Arabica asal Wamena Papua tersebut juga telah mendunia. Kopi ini berbeda dengan kopi Indonesia lainnya, karena benar-benar organik tanpa sentuhan bahan kimia seperti pestisida. Kemurniaannya ini ternyata mampu menghasilkan rasa yang berbeda. Rasa kopi ini begitu kuat, jadi cukup sedikit bubuk kopi telah terasa. Kadar asam pada kopi juga sedikit, membuat aman bagi penderita magh sekalipun, sehingga menjadi kopi Indonesia paling enak dan recommended. Aroma kopinya pun sangat harum dan membuat banyak orang jatuh cinta dengan kopi Wamena tersebut. Teksture lembut bercita rasa pahit dan manis yang berbeda dari kopi biasanya membuat kopi Wamena sering disamakan dengan kopi Jamaica Blue Mountain. Dan sejak tahun 2000, produksi kopinya diekspor ke Amerika, Singapura, Jepang serta Australia.

Resep Sate Ayam Kelapa Enak Beserta Manfaatnya

Resep Sate Ayam KelapaSate adalah  makanan yang biasanya terbuat dari daging ayam, sapi, kambing, domba, atau kelinci yang dipotong kecil-kecil lalu ditusuk menggunakan lidi yang terbuat dari tulang daun kelapa atau bambu kemudian dibakar menggunakan bara arang kayu. Setelah dibakar, biasanya sate disajikan dengan saus  yang berupa kecap dan bumbu kacang.

Sate sangat populer di asia tenggara, terutama di Indonesia. Bahkan, Sate juga terkenal di negeri Belanda. Di Indonesia, Sate yang terkenal adalah Sate Madura dan Sate Padang. Di antara sate yang ada di Indonesia, ada satu sate yang wajib anda coba. Sate itu adalah sate kelapa.

Rasa dari sate ini yaitu gurih dan manis. Tekstur daging empuk juga lembut dilidah. Bumbu yang dipakai tidak terlalu jauh berbeda dengan sate pada umumnya, namun bumbu sate klopo ini lebih halus.

Baca Juga: Manfaat Daging Kelapa Tua

Sate kelapa atau sate klopo yang paling terkenal adalah sate klopo ondomohen. Sate klopo ondomohen berasal dari daerah jawa timur, lebih tepatnya dari kota Surabaya. Masakan ini merupakan salah satu kuliner yang wajib anda coba apabila kamu berkunjung ke kota pahlawan tersebut.

Bagi kamu yang ingin mencoba sate klopo, tetapi tidak bisa ke Surabaya, kamu bisa membuat sate klopo atau sate kelapa mu sendiri dengan resep yang telah saya berikan.  Berikut ini merupakan alat dan bahan serta cara membuat Sate Ayam Kelapa.

 

Resep Sate Ayam Kelapa

Resep Sate Ayam Kelapa

 

Alat dan bahan

Alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat Sate Ayam Kelapa:

  • 350 gr ( tiga ratus lima puluh gram ) daging ayam tanpa tulang, dipotong dadu
  • 150 gr ( seratus lima puluh gram ) kelapa parut kasar
  • 1 sdt ( satu sendok teh ) air asam jawa
  • 200 ml ( dua ratus mili liter ) santan
  • tusuk sate secukupnya
  • minyak goreng

Bumbu halus:

  • 6 ( enam ) butir bawang merah
  • 3 ( tiga ) siung bawang putih
  • 4 ( empat ) butir kemiri, sangrai
  • 1/2 sdt ( setengah sendok teh ) ketumbar
  • 1 cm ( satu senti meter ) kunyit bakar
  • 1/2 sdm ( setengah sendok makan ) garam

 

Cara Membuat

  1. Pertama – tama siapkan alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat sate ayam kelapa
  2. Setelah itu campur ayam, bumbu halus, dan juga santan. Masak hingga setengah matang. Setelah itu masukkan kelapa parut. Aduk sampai rata.
  3. Setelah itu masak daging sampai meresap. Tambahkan air asam. Aduk hingga rata. Setelah selesai, angkat.
  4. Siapkan penggorengan. Panaskan minyak goreng dengan api sedang.
  5. Setelah itu, goreng daging ayam di dalam minyak yang sudah dipanaskan diatas api sedang sampai matang. Setelah matang, lalu angkat.
  6. Daging ayam yang sudah matang ditusuk-tusuk dengan tusuk sate hingga seluruh daging habis.
  7. Setelah itu, goreng sisa – sisa bumbunya hingga matang.
  8. Setelah matang, sajikan sate ayam dengan sisa bumbunya. Sate ayam kelapa siap dihidangkan

 

Manfaat sate ayam kelapa

Berikut beberapa manfaat mengkonsumsi sate ayam kelapa:

 

Memenuhi kebutuhan protein

Daging ayam adalah sumber protein sehat yang bisa memenuhi kebutuhan protein harian. Protein bisa menggantikan karbohidrat untuk diubah menjadi energi dan berfungsi dalam membangun dan memelihara struktur dalam tubuh.

Merangsang aktivitas metabolik

Protein bukan hanya diubah menjadi energi namun juga berperan aktif menjaga metabolisme tubuh yang sehat.

Melawan penyakit

Sup ayam dapat menjadi menu makanan untuk melawan penyakit karena bisa membangkitkan tenaga dan meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan antioksidan dalam daging ayam juga memiliki efek positif melawan penyakit – penyakit degeneratif seperti radang, kardiovaskular, dan neurologis.

Obat anti-depresan alami

Daging ayam mengandung asam amino triptophan yang dapat berfungsi seperti obat anti depresi, mampu meningkatkan kadar serotonin di otak, serta membantu melepaskan stres sehingga bisa meningkatkan suasana hati.

Mengatur kadar kolesterol

Makan daging ayam tanpa lemak juga efektif untuk mengendalikan kadar kolesterol dalam darah, terutama kolesterol jahat. Kandungan nutrisinya yang sehat dapat menjaga stabilitas kolesterol.

 

 

Demikian artikel mengenai resep sate ayam kelapa kali ini. Semoga artikel mengenai resep sate ayam kelapa ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Kekurangan dan kesalahan pada artikel resep sate ayam kelapa ini mohon dimaafkan. Sekian dan terima kasih

Manfaat Daging Kelapa Tua yang Wajib Kamu Tahu!

Manfaat Daging Kelapa Tua – Kelapa – Kelapa merupakan salah satu tumbuhan yang terkenal karena kaya akan manfaat serta  tersebar di banyak tempat, tak terkecuali di indonesia. Hampir seluruh bagian tumbuhan  ini dapat dimanfaatkan.

Bagian akarnya biasa digunakkan sebagai obat. Bagian batangnya sering dipakai sebagai bahan bangunan dan juga perabot rumah tangga. Sedangkan daunnya dapat dibuat lidi dan juga tusuk sate. Diantara seluruh bagian tumbuhan ini, yang paling sering dimanfaatkan adalah bagian buahnya.

Buah kelapa yang paling sering dimanfaatkan adalah jenis buah kelapa muda, karena banyak  yang menganggap kelapa muda lebih segar dan lebih banyak manfaat dibanding kelapa tua. Anggapan tersebut tidak benar, sebab fakta membuktikan buah kelapa tua memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi dibanding kelapa muda. Semakin tua umur kelapa, maka kandungan nutrisi air dan daging buahnya juga semakin baik dan besar.

Baca Juga! Manfaat air kelapa tua

Kandungan nutrisi tersebut antara lain karbohidrat, lemak, protein, vitamin c, serta mineral. Karbohidrat berfungsi sebagai sumber energi utama tubuh. Protein dapat membantu mengatur metabolisme dalam tubuh. Lemak berfungsi sebagai cadangan energi. Vitamin c bermanfaat menjaga sistem tubuh dan sebagai antioksidan. Sementara mineral bermanfaat bagi proses metabolisme tubuh. Selain manfaat tersebut, masih banyak lagi manfaat daging kelapa tua. Berikut manfaat daging kelapa tua.

 

Manfaat Daging Kelapa Tua

Manfaat Daging Kelapa Tua

 

Menambah Energi dan Tenaga

Manfaat yang pertama dari daging kelapa tua yaitu menambah tenaga. Daging buah kelapa tua memiliki kandungan energi sebesar 359 kkal ( tiga ratus lima puluh sembilan kalori) per 100 gr dagingnya. Selain itu, juga terdapat zat lain seperti karbohidrat dan juga lemak yang berfungsi sebagai sumber energi dan juga cadangan energi.

Membantu memperbaiki metabolisme tubuh

Manfaat daging kelapa tua selanjutnya yaitu membantu memperbaiki metabolisme tubuh. Daging kelapa tua dapat membantu meningkatkan sistem metabolisme di dalam tubuh Anda. Ketika sistem metabolisme dalam tubuh Anda berjalan dengan baik, maka seluruh kesehatan organ tubuh Anda akan terjaga dan berfungsi dengan baik.

Menyehatkan tubuh karena kaya akan serat

Manfaat daging kelapa tua berikutnya yaitu menyehatkan tubuh. Daging buah kelapa tua sangat kaya akan serat yang baik untuk program diet ( penurunan berat badan ) Anda. Kandungan serat yang sangat tinggi yang ada di dalamnya dapat membantu dalam pemecahan lemak dan juga menyehatkan sistem pencernaan.

Mampu menurunkan kadar kolesterol

Manfaat daging kelapa tua selanjutnya yaitu mampu menurunkan kadar kolesterol. Ternyata daging buah kelapa tua tidak hanya bermanfaat untuk penurunan berat badan. Sebab, daging buah kelapa tua juga mampu menurunkan kadar / jumlah kolesterol yang ada di dalam tubuh Anda. Selain itu daging buah kelapa tua juga mampu menjaga kesehatan jantung Anda.

Mengandung zat anti oksidan

Terkadang racun – racun yang ada di dalam tubuh kita dapat menyebabkan kenaikan berat badan, perut kembung, hingga penurunan kesehatan. Oleh karena itu untuk membersihkannya, ada baiknya Anda mengonsumsi daging buah kelapa tua.

Menyehatkan tulang

Manfaat daging kelapa tua selanjutnya yaitu menyehatkan tulang. Daging buah kelapa tua mengandung mineral berupa kalsium sebesar 8 mg ( delapan mili gram ), fosfor sebanyak 55 mg ( lima puluh lima mili gram ), serta zat besi sebesar 1 mg per 100 gram dagingnya. Dengan jumlah kalsium, fosfor, serta zat besi sebanyak itu, daging kelapa tua dapat membantu menjaga kesehatan tulang anda sehingga terhindar dari masalah tulang seperti osteophorosis.

Menyehatkan kulit

Manfaat daging kelapa tua yang terakhir yaitu membantu menyehatkan kulit. Kandungan gizi yang ada pada daging kelapa tua seperti vitamin C dapat membantu menyehatkan kulit anda, serta menjaga kulit anda dari masalah kulit seperti menghilangkan keriput, mempercepat penyembuhan luka, meremajakan kulit, memperlambat proses penuaan, serta mencerahkan kulit.

 

 

Demikian manfaat daging kelapa tua yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi tentang manfaat air kelapa tua ini dapat bermanfaat bagi kita semua.  Apabila terdapat kesalahan dan kekurangan pada artikel ini, mohon untuk dimaafkan. Jangan lupa untuk menjaga kesehatan anda karena kesehatan itu sangat penting dan mahal harganya.

 

Baca Juga : Resep Sate Ayam Kelapa

Manfaat Bunga Kelapa yang Harus Kamu Ketahui !

Manfaat Bunga Kelapa – Cocos Nucivera atau yang sering dikenal dengan pohon kelapa adalah anggota tunggal  dalam marga Cocos dari suku aren – arenan atau Arecacae. Tumbuhan ini sering ditemukan di daerah pantai, namun tidak jarang juga ditemukan di wilayah darat yang lain. Di Indonesia, tumbuhan ini dapat dengan mudah ditemukan karena tumbuhan ini tersebar di hampir seluruh wilayah di Indonesia.

Hampir seluruh bagian dari tumbuhan ini dapat dimanfaatkan oleh manusia, mulai dari akar, batang, daun, serta buahnya. Akarnya bisa dijadikan berbagai macam obat. Batangnya dapat digunakan sebagai bahan bangunan dan juga perabot rumah tangga. Daunnya bisa dijadikan kerajinan, sapu lidi, tusuk sate, dan sebagainya. Sementara buahnya digunakkan untuk kebutuhan konsumsi.

 

Baca Juga : Cara Membuat Serundeng Kelapa Manis

 

Satu lagi bagian pohon kelapa yang mungkin jarang dibahas, yaitu bagian bunganya. Bunga kelapa mulai mekar ketika kelapa berusia sekitar 4 sampai 6 tahun. Bunga-bunga tersebut memiliki warna kuning dan beraroma manis. Bagian bunga tersusun majemuk pada rangkaian yang dilindungi oleh bractea. Dimana terdapat bunga jantan yang terletak jauh dari pangkal dan betina yang terletak di pangkal karangan. Bunga kelapa dapat dimanfaatkan untuk banyak hal. Berikut manfaat bunga kelapa.

 

Manfaat Bunga Kelapa

Manfaat Bunga Kelapa

 

Hasil fermentasi bunga kelapa

Hasil fermentasi dari getah bunga kelapa dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan alkohol dan cuka. Mayang bunga kelapa yang belum mekar dapat disadap untuk menghasilkan nira kelapa. Nira dapat bermanfaat untuk pembuatan cuka, nata de coco, ragi, minuman beralkohol dan bahan dekorasi.

Sebagai bahan obat-obatan tradisional

Bunga kelapa dapat dijadikan obat tradisional. Salah satu obat yang dapat dibuat dengan menggunakan bahan bunga kelapa adalah obat paru paru. Cara membuat obat paru paru dari bunga kelapa yaitu dengan mempersiapkan bunga kelapa berbentuk bulat yang terjatuh dengan sendirinya atau rontok dari pohonnya. Lalu ambil dengan jumlah ganjil dan cuci terlebih dulu hingga bersih dari kotoran. Lalu parut bunga kelapa tersebut. Setelah itu, peras hasil parutan bunga kelapa tersebut seperti memeras santan. Air hasil perasan yang memiliki warna kemerahan tersebut, kemudian campurkan dengan air hangat dan di minum kan dua kali sehari di pagi hari dan sore hari. Lakuakn dengan rutin agar hasil maksimal.

Sebagai bahan kerajinan seperti topi, tas, maupun tali sandal.

Bunga kelapa dapat dijadikan kerajinan yang bernialai tinggi. Bahkan ada pengrajin yang sukses meraup keuntungan yang banyak dari hasil membuat kerajinan berbahan bunga kelapa tersebut.  Aneka kerajinan berbahan baku kelopak bunga kelapa laris di pasar ekspor. Kelopak bunga yang sudah kering tersebut kemudian dihiasi ukiran perak sehingga tampak antik dan unik. Mari kita intip cerita dari salah satu pengrajin bunga kelapa asal Bali ini.

Pengusaha Kerajinan asal Gianyar, Bali, Wayan Widanta mengatakan, pengrajin Bali tetap berkreasi menciptakan aneka barang bernilai seni dan juga unik dengan rancang bangun desain + menggunakan bahan baku tempurung dan bunga kelapa, dipadukan dengan budaya lokal seperti tas, bros, bokor untuk pasar ekspor.

Wayan yang mempekerjakan sekira 25 perajin dari berbagai keahlian di bengkel kerjanya di Gianyar memproduksi mata dagangan bernilai seni dengan berbagai jenis bahan baku ditambah rancang bangun sesuai dengan perkembangan zaman yang berisi muatan lokal, yang sesuai dengan selera konsumen.

Kreasi yang dibuat perajin akhir akhir ini menyerupai binatang seperti naga, ikan arwana dan berbagai jenis lainnya dari bahan baku kerang dipadukan dengan ukiran dari perak, begitu pula naga yang dibuat dari tembaga dilapisi perak sehingga kelihatan antik.

Berbagai jenis binatang berbahan baku kerang yang diisi hiasan emas berukir Bali, memiliki ciri khas tersendiri sehingga banyak dipesan konsumen luar negeri, terutama yang dari Singapura, Hong Kong, Australia, Amerika Serikat dan Eropa.

Ada konsumen dari Amerika Serikat yang menjadi langganannya sejak perusahaan galeri dipegang kakeknya hingga cucunya masih datang membeli ke Bali, tutur Wayan sambil menunjukkan barang perhiasannya yang siap dikirim kepada langganan fanatiknya.

 

—–UwU—–

Manfaat pohon kelapa dari bagian akar hingga bagian pucuknya memang sangat banyak dan sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa pohon kelapa menjadi salah satu tanaman yang sangat bermanfaat di bumi ini karena seluruh bagian pohon kelapa dapat dimanfaatkan.

Demikian artikel mengenai manfaat bunga kelapa kali ini. Semoga artikel manfaat bunga kelapa ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Apabila terdapat kesalahan atau kekurangan pada artikel manfaat bunga kelapa ini, saya mohon maaf. Sekian dan Terima kasih.

 

Baca Juga : Manfaat Pohon Kelapa

Older posts

© 2018 Belajar dan Berbagi

Theme by Anders NorenUp ↑