Belajar dan Berbagi

Resep, Tips dan Peluang Usaha Sekitar Kita

Category: Artikel (page 1 of 35)

Cara Membuat Kompos dari Daun yang Ramah Lingkungan

Daun daun yang biasa kita lihat berserakan dijalan siapa sangka bisa menghasilkan pendapatan lebih jika kita mampu mengolahnya dengan baik.Misalnya dengan cara membuat kompos dari daun,kompos hasil pengolahan daun tersebut selain dapat menyuburkan tanah kita juga dapat memberikan pendapatan lebih jika kompos daun diperjual belikan.

 

Cara Membuat Kompos dari Daun Ramah Lingkungan

 

Maka dari itu pada artikel kali ini akan berisi cara membuat kompos dari daun ramah lingkungan yang dapat kalian coba dirumah .Sebelum itu,mari kita pahami terlebih dahulu tentang kompos dan kandunganya.

Kalian juga dapat melihat referensi lain tentang pengolahan pupuk kompos pada artikel cara pembuatan kompos ini.

 

Pengertian Kompos

 

Kompos adalah pupuk yang dihasilkan atau dibuat dari sisa-sisa mahluk hidup yang sudah mati baik hewan atau tumbuhan yang dibusukkan oleh organisme pengurai. Organisme pengurai  berupa mikroorganisme ataupun makroorganisme.

 

Kandungan Kompos

 

Kompos memiliki banyak kandungan  yakni unsur hara MAKRO ( N, P, k, Ca, Mg, S ) dan hara MIKRO ( Fe, Cu, Mn, Mo, Zn, Cl, B ).  Namun jika di bandingkan dengan pupuk kimia buatan, kandungan haranya lebih rendah, sehingga diperlukan pupuk kompos yang banyak dalam pengaplikasiannya.

 

Cara Membuat Kompos dari Daun

 

  • Pertama tama menyiapkan bahan utama, yaitu ada dua jenis daun.Jenis daun yang harus disiapkan yakni daun basah dan kering, untuk daun basah yang harus disiapkan bisa jenis daun apapun.
  • Pastikan jenis daun basah merupakan jenis daun segar yang sudah tua namun belum kuning.
  • Selain daun basah, kalian juga harus menyiapkan daun kering, untuk daun kering bisa kalian dapatkan dari berbagai tempat, pastikan jenis daun yang kalian kumpulkan merupakan daun bersih.
  • Untuk perbandinga antara daun basah dan daun kering ialah 1 : 3 .
  • Jika semua sudah terkumpul,lalu masukkan ke dalam ember dan cincang daun, usahakan sampai daun menjadi cacahan kecil- kecil, untuk mempermudahnya bisa dengan menggunakan mesin pencacah kompos.
  • Siapkan tanah gembur atau humus yang akan digunakan sebagai pelapis nantinya.
  • Taruh sedikit tanah yang bertujuan sebagai pelapis bagian tanah pada media pengomposan terlebih dahulu.
  • Setelah itu masukkan daun yang sudah dicincang dan lapisi atas daun dengan sedikit tanah.
  • Lalu ulangi tahapan tahapan tersebut sampai daun yang sebelumnya dikumpulkan habis menjadi tidak bersisa.
  • Selanjutnya Padatkan daun dan tanah menggunakan sekop dan siramkan cairan EM4 yang sudah dilarutkan dengan air.
  • Langkah selanjutnya yaitu tutup bagian atas menggunakan plastik ataupun terpal dan tutup menggunakan penutup media dengan rapat lalu biarkan selama 6 minggu.
  • Jaga kelembaban suhu dan sirkulais udara pada proses pengomposan selama 6 minggu.
  • Oleh karena itu harus dilakukan penyemprotan sedikit air setidaknya seminggu sekali dan mengaduk kompos menggunakan cangkul ataupun sekop.
  • Diaduk secara merata bertujuan untuk meratakan proses dari pengomposan.
  • Selesai

 

Nilai Ekonomis Dari Mengolah Sampah Dedaunan

  • Penjualan hasil pengolahan daun seperti pupuk kompos dapat dimanfaatkan sebagai sumber pendapatan baru bagi masyarakat.
  • Dapat dikerjakan oleh anak-anak hingga dewasa.
  • Dapat mencegah pemcemaran lingkungan.
  • Menghasilkan untung murni karena bahan daun tidak perlu membeli.
  • Dapat meningkatkan ekonomi masyarakat
  • Menciptakan lapangan kerja baru.

 

Demikian dari artikel ini. Dengan artikel ini semoga kita menjadi lebih peduli dengan sampah dedaunan serta tidak selalu memandang buruk sampah dan juga bisa memanfaatkan potensi dari sampah dedaunan tersebut sehingga dapat memberikan manfaat kembali ke kita semua.

Terimakasih telah membaca artikel ini.

Cara Mengolah Sampah Organik di Rumah Bisa Dibuat bersama Keluarga

Sebenarnya masih banyak hal yang dapat kita lalukan kepada sampah selain hanya membuangnya ditempat sampah saja.Sampah tersebut masih dapat dimanfaatkan kembali menjadi berbagai hal yang bermanfaat seperti digunakan kembali,diolah menjadi kerajinan,pupuk kompos,dan masih banyak lagi. Oleh karena itu artikel kali ini akan berisi tentang cara mengolah sampah organik di rumah.

 

Cara Mengolah Sampah Organik di Rumah Bisa Dilakukan Bersama Keluarga

 

Pengolahan sampah bisa dimulai dari rumah kita masing masing dengan sampah rumah tangga.Ada banyak hal yang dapat diolah dari sampah rumah tangga,karena itu pada artikel kali ini akan membagikan beberapa contoh cara mengolah sampah organik dirumah.

Anda juga dapat cek artikel berikut cara mengolah sampah untuk lebih memahami tentang arti,manfaat,dan referensi pengolahan sampah lain dari upaya pengolahan sampah .

 

Mengolah Sampah Organik Bambu Menjadi Gelas Cantik

 

Siapa sangka bambu panjang dekat rumah dapat diolah lagi menjadi kerajinan gelas yang cantik,berikut langkah – langkah pengolahan sampah organik (bambu tua) menjadi gelas cantik :

  1. Siapkan bambu tua ,lalu keringkan dengan sinar matahari selama beberapa hari.
  2. Selanjutnya ambil bambu yang sudah dijemur dan pastikan bahwa bambu tersebut tidakmengempes karena faktor bambu terlalu muda.
  3. Lalu ambil bagian bawah dari bambu yang terdapat kukunya atau cincin pemisah bambu.
  4. Potong bambu sesuai ukuran gelas, jadi ukur tingginya terlebih dahulu, kemudian potong.
  5. Selanjutnya amplas pada luar bambu agar lebih halus dan dapat dicat nantinya.
  6. Setelah halus, kamu bisa menghiasnya dengan ukiran dengan bentuk yang kamu inginkan, misalnya beri ukiran bunga di sampingnya.
    Setelah itu ambilah cat dan mulailah berkarya dengan gelas tersebut
  7. kalian juga dapat menambahkan aksesoris lain seperti mata, hidung, hingga alis di bagian tengah gelas supaya menjadi lebih lucu dan keren.
  8. Selanjutnya haluskan bagian dalam nya juga agar lebih indah.
  9. Jika gelas sudah siap, anda bisa menggunakan nya sebagai hiasan di rumah atau anda bisa menjualnya dan juga gelas dari bambu ini juga bisa kamu gunakan sebagai tempat minum kamu sendiri.

 

 

Cara Mengolah Sampah Organik di Rumah Menjadi Pupuk Kompos

 

Selanjutnya untuk pengolahan sampah organik yakni diolah menjadi pupuk kompos..Pupuk kompos ini sangat bermanfaat untuk menyuburkan tanah dan menjaga kualitas tumbuhan kita.Berikut cara mengolah sampah organik menjadi pupuk kompos :

  1. Siapkan sampah organik atau limbah rumah tangga yang akan diolah menjadi pupuk kompos.
  2. Sediakan wadah berukuran besar sebagai tempat membuat pupuk kompos. Jangan lupa wadah harus dilengkapi dengan penutup supaya pupuk tidak terkontaminasi.
  3. Masukkan tanah secukupnya ke dalam wadah yang sebelumnya telah berisi dengan sampah organik.
  4. Siram permukaan tanah tersebut dengan air secukupnya.
  5. Sampah Organik yang sudah disiapkan tadi di cacah sampai menjadi potongan potongan,akan lebih mudah jika menggunakan mesin pencacah kompos ,lalu dimasukan ke dalam wadah.
  6. Pastikan sampah disimpan secara merata. Sebisa mungkin ketebalan sampah setara dengan ketebalan tanah
  7. Masukkan lagi tanah ke dalam wadah. Kali ini tanah berperan sebagai penutup sampah.
  8. Tutup wadah dengan rapat dan biarkan sekitar tiga minggu.
  9. Setelah itu pupuk kompos sudah dapat digunakan.

 

Demikian dari artikel kali ini,diatas sudah ditunjukan contoh dari pengolahan sampah organik menjadi barang yang bermanfaat kembali.Semoga dengan artikel diatas kita semua menjadi lebih sadar dengan pengolahan sampah dan semoga contoh diatas dapat diterapkan dirumah anda masing masing dengan harapan dapat menghasilkan manfaat kembali ke kita semua.

Terima kasih telah membaca artikel ini.

 

Cara Membuat Pupuk Kompos Sederhana Bermanfaat!!!

Di kondisi saat ini menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh sangatlah penting,supaya tubuh kita tidak mudah terkena penyakit yang tidak kita inginkan.Maka dari itu kita perlu melakukan berbagai upaya untuk menjaga kesehatan tubuh kita,dengan salah satunya memakan sayuran dan buah buahan yang bergizi.Kualitas gizi sayuran dan buah ditentukan dari baik tidaknya kondisi penanaman dan pengembangbiakannya.Ada banyak upaya untuk meningkatkan atau menjaga kualitas dari tanaman tersebut salah satunya dengan cara membuat pupuk kompos sederhana untuk tumbuhan.

Maka dari itu pada artikel kali ini akan berisi tentang cara membuat pupuk kompos sederhana yang bisa diterapkan ditempat anda.Sebelum ke cara pembuatanya,mari kita ketahui pengertian dari pupuk kompos terlebih dahulu,

Anda juga dapat mengetahui lebih banyak tentang jenis dan pengolahan pupuk kompos  salah satunya pada artikel berikut cara membuat kompos vermikompos .

 

Cara Membuat Pupuk Kompos Sederhana Bermanfaat

 

Pengertian Pupuk Kompos

 

Pupuk adalah bahan yang dibutuhkan oleh tanaman baik diperkebunan atau pertanian untuk menyuburkan tanah. Bertujuan agar tanaman menjadi lebih subur dan tidak layu karena unsur hara yang tercukupi.

Sedangkan Kompos adalah pupuk yang dihasilkan atau dibuat dari sisa-sisa mahluk hidup yang sudah mati baik hewan atau tumbuhan yang dibusukkan oleh organisme pengurai. Organisme pengurai  berupa mikroorganisme ataupun makroorganisme.

Selain Pupuk dan Kompos ada juga yang disebut pengomposan yang berarti proses bahan organik yang mengalami penguraian dengan dibantu oleh bakteri sebagai sumber energinya.

 

Kandungan Pupuk Kompos

 

Pupuk Kompos memiliki banyak kandungan  yakni unsur hara MAKRO ( N, P, k, Ca, Mg, S ) dan hara MIKRO ( Fe, Cu, Mn, Mo, Zn, Cl, B ).  Namun jika di bandingkan dengan pupuk kimia buatan, kandungan haranya lebih rendah, sehingga diperlukan pupuk kompos yang banyak dalam pengaplikasiannya.

Selain itu,pupuk kompos dapat membuat tanah anda menjadi lebih subur lagi dan pada pupuk kompos terdapat  kandungan senyawa organiknya asam humat dan asam fulfat yang bermanfaat  sebagai pemicu pertumbuhan tumbuhan anda.

 

Prosedur Cara Membuat Pupuk Kompos Sederhana

Setelah mengetahui pengertian,kandungan serta kelebihan dan kekurangan pupuk kompos.Selanjutnya kita akan mempelajari tentang cara membuat pupuk kompos,mulai dari bahannya , prosedur atau proses pembuatanya dan juga Faktor factor yang mempengaruhi keberhasilan pembuatan pupuk kompos.

Berikut Bahan Bahan untuk Membuat Pupuk Kompos

Sebelum ke cara membuat pupuk kompos mari kita ketahui terlebih dulu Bahan bahan yang dapat digunakan untuk membuat pupuk kompos,sebagai berikut:

  • sisa makanan mulai seperti sayur-sayuran hingga daging busuk
  • Kertas bekas atau tisu yang tidak terpakai lagi
  • Daun dan rumput
  • kayu
  • Bumbu dapur kadaluarsa
  • Bulu hewan
  • Potongan rambut makhluk hidup
  • kotoran hewan

Langkah Cara Membuat Pupuk Kompos Sederhana

  1. Siapkan sampah yang akan diolah menjadi pupuk kompos.
  2. Pisahkan sampah organik (sisa makanan/dedaunan) dengan sampah plastik. Hanya Sampah organik yang digunakan sebagai pupuk kompos.
  3. Sediakan wadah berukuran besar sebagai tempat membuat pupuk kompos. Jangan lupa wadah harus dilengkapi dengan penutup supaya pupuk tidak terkontaminasi.
  4. Masukkan tanah secukupnya ke dalam wadah yang sebelumnya telah berisi dengan sampah organik.
  5. Siram permukaan tanah tersebut dengan air secukupnya.
  6. Sampah Organik yang sudah disiapkan tadi di cacah sampai menjadi potongan potongan,akan lebih mudah jika menggunakan Mesin Pencacah Kompos ,lalu dimasukan ke dalam wadah.
  7. Pastikan sampah disimpan secara merata. Sebisa mungkin ketebalan sampah setara dengan ketebalan tanah
  8. Masukkan lagi tanah ke dalam wadah. Kali ini tanah berperan sebagai penutup sampah.
  9. Tutup wadah dengan rapat dan biarkan sekitar tiga minggu.
  10. Setelah itu pupuk kompos sudah dapat digunakan.

 

Demikian dari artikel kali ini,semoga informasi diatas dapat anda terapkan dengan baik dengan harapan dapat memberikan manfaat kembali ke kita.

Terimakasih telah membaca artikel ini.

Cara Bikin Nasi Kebuli Sapi Yang Harus Kalian Ketahui

Pada kali ini kita akan bahas cara bikin nasi kebuli sapi. Kalau ingin tau simak artikel ini.

Cara Bikin Nasi Kebuli Sapi Yang Harus Kalian Ketahui

 

Cara Bikin Nasi Kebuli Sapi

Yupp. Bener banget. Siapa sih yang ngak kenal dengan nasi kebuli?. beras ini dimasak dengan kaldu dan daging yang dicampuri (umumnya kambing, tapi ada juga daging ayam ataupun sapi).

Nasi ini lalu dimasak memakai air yang sudah di masak dengan daging kambing, susu kambing, dan minyak samin, disajikan memakai daging kambing dan kadang ditaburi dengan irisan kurma atau kismis.

Dalam kebudayaan Betawi ini, nasi kebuli biasanya dipakai dalam perayaan keagamaan Islam, seperti lebaran, kurban, atau maulid.

Nasi kebuli sangat populer di kawasan warga keturunan Arab, seperti Surabaya dan Gresik. Nasi kebuli dibuat mengunakan menanak nasi bersama kaldu kambing dan susu kambing (kadang diganti santan).

Bumbu yang sudah dimask tadi lalu ditumis bersamaan nasi tadi adalah bawang putih, bawang merah, lada hitam, cengkih, ketumbar, jintan, kapulaga, dan sebagainya. Kemudian daging kambing tadi dimasukan ke dalam masakan bersama dengan nasi setengah matang ini hingga akhirnya benar-benar matang.

Daging kambing ini di potong kecil-kecil lalu di masak ke dalam nasi, atau digoreng dan disajikan terpisah. Nasi ini biasanya dimakan menggunakan asinan nanas, kadang juga dikasih sambal goreng hati. Cek juga cara membuat serundeng nasi kuning.

Manfaat Nasi Kebuli Sapi

 

Cara Bikin Nasi Kebuli Sapi

Berikut manfaat kebuli sapi yang harus kalian ketahui.

Bagus Untuk Pertumbuhan

Ini sangat jelas untuk pertumbuhan tubuh agar lebih normal lagi. Pasalnya, nasi kebuli ini mempunyai kandungan protein yang sangat besar. Protein ini tentunya datang dari daging kambing.

Memberikan Energi

Hidangan ini jika dikonsumsi, kalian bisa beraktifitas lebih maksimal setiap harinya. Hal ini dikarenakan hidangan tersebut mampu menyediakan energi.

Jauh Dari Masalah Bakteri

Nasi ini di masak dengan beberapa kompoen seperti rempah-rempah. Nasi ini mempunyai beberapa komponen ialah cengkeh, kapulaga, kayu manis dan lain sebagainya.

Cara Bikin nasi kebuli sapi:

Cara Bikin Nasi Kebuli Sapi

 

  • Siapkan 4 sdm margarin
  • 150 gram bawang bombay
  • 10 cm kayu manis
  • ½ butir biji pala dan memarkan
  • 5 butir cengkeh
  • 8 butir kapulaga
  • 300 gram daging kambing, potong- potong
  • 50 mi air
  • 1 kg beras yang pulen, cuci kemudian tiriskan
  • 750 ml susu cair atau bisa dengan santan

Bumbu Yang Dihaluskan:

  • 10 butir bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 4 cm jahe
  • 1,5 sdm ketumbar yang sudah disangarai
  • ½ sdt merica butiran yang sudah disangrai
  • 2 sdt garam

Bahan Pelengkapnya:

  • 3 sdm bawang merah goreng
  • 2 sdm kismis

Langkah Langkah Bikin Nasi Kebuli sapi:

  1. Panaskan magarin hingga meleleh, lalu dikasih bumbu aduk hingga harum dan matang
  2. Masukkan bumbu seperti kayu manis, cengkeh, kapulaga, aduk hingga tercium aroma wangi
  3. Tambahkan daging sapi, aduk sampai kaku
  4. Tuangkan air, masak hingga daging sapi menjadi lunak
  5. Lalu beras di kukus kurang lebih 30 menit sampai setengah matang lalu angkat
  6. Taruh beras yang udah di kukus tadi lalu masukan ke panci,lalu tambahkan susu atau santan, jerangkan di atas api aduk rata
  7. Tambahkan daging kambing yang sudah di iris kecil- kecil, aduk dicampur susu atau santannya habis lalu diangkat
  8. Kukus lagi tunnggu selama 30 menit sampai matang lalu angkat
  9. Sajikan nasi yang sudah matang tadi selagi masih hangat dengan bahan pelengkapnya seperti lalapan agar aroma masih terasa mantap.

itulah pembahasan cara bikin nasi kebuli sapi. Semoga Bermanfaat.

Cara Membuat Rengginang Ketan Enak Dan Sedap

Pada kesempatan kali ini kita akan Bahas tentang cara membuat rengginang ketan enak dan sedap. Membuat yang seperti itu tidak sulit baget cuma mirip seperti buat kerupuk biasa hanya saja dengan tambahan bumbu. Seperti apa ya, simak artikel ini.

Cara Membuat Rengginang Ketan Enak Dan Sedap

Cara Membuat Rengginang Ketan

Untuk mendapatkan rengginang sudah sulit sekali, terutama di daerah-daerah kota seperti jakarta dan sekitarnya. Rangginang adalah makanan menyerupai kerupuk tetapi lebih tebal.

Cara pembuatannya menggunakan ketan dan juga bisa memgunakan macam macam beras dan manfaatnya , kemudian beras biasa atau beras ketan dibentuk seperti piring lalu dikeringkan panas matahari sehabis di keringkan lalu digoreng panas dalam minyak goreng.

Jenis makanan ini seperti kerupuk yang lain yang biasanya terbuat dari adonan bahan yang dihaluskan seperti tepung tapioka atau tumbukan biji melinjo.

Ada juga yang memakai kencur, sedangkan yang manis dikasih dengan gula kawung atau gula merah, rangginang juga ada yang menggunakan beras ketan hitam.

Membuat rangginang wajib  memakai beras ketan bukan beras biasa atau nasi sisa yang dikeringkan, kalo yang terbuat dari nasi itu biasa disebut rangining.

Asal Usul Rengginang Ketan

Cara Membuat Rengginang Ketan

Di Jawa Tengah tepat nya Yogyakarta juga lumayan terkenal dengan penganan mirip yang disebut dengan intip goreng, yakni sisa menanak yang melekat pada dandang yang kemudian dikeringkan dan digoreng.

Perbedaan makanan intip goreng dan rengginang adalah pada ukurannya tersebut. Intip berukuran agak besar daripada rengginang karena dicetak dari dasar panci atau periuk penanak nasi.

Dalam pada itu, di bebagai tempat di Jawa Barat terkenal dengan penganan berbentuk menyerupai rengginang namun dengan bahan dasar singkong atau gaplek, yang disebut renggining.

Rangginang dapat digoreng tanpa dikasih bumbu maupun rasa, asin atau manis. Selain itu jenis rengginang yang dikasih rasa seperti udang, terasi, atau kerang lorjuk (kerang bambu).

Jajanan ini memiliki rasa yang sangat gurih dan renyah. Orang-orang jawa menyebut jajanan ini sebagai kerupuk rengginang.

Rengginang merupakan makanan yang enak dalam jenis kerupuk yang terbuat dari nasi atau beras ketan. Sebelum dimasak, nasi dijemur terlebih dahulu di bawah sinar matahari agar enak, tunggu sampai mengeras.

Rengginang agak berbeda dengan kerupuk pada umumnya, jajanan ini tidak terbuat dari tepung tapioka ataupun melinjo yang dihaluskan.

Rengginang dibuat dengan nasi utuh, sehingga saat digoreng nasi-nasi tersebut nampak utuh dan membesar.

Rengginang sering sekakali dibuat menggunakan nasi yang sudah hampir gak layak untuk dimakan. Nasi tersebut biasanya adalah nasi sisa tidak layak di makan  atau nasi kemarin yang tidak di makan.

Jadi sebelum basi, nasi itu dimasak biar rengginang agar bisa dimakan lagi. Proses pembuatan rengginang ini yang terbaik tidak memakai bumbu apapun.

Menariknya, walaupun tidak menggunakan bumbu masakan, rengginang tetap mempunyai rasa enak.

Cara Membuat Rengginang Ketan

Cara Membuat Rengginang Ketan

Bahan Bahan

  • 1 Kilogram Beras Ketan.
  • 10 Siung Bawang Putih.
  • 45 Gram / 3 Sdm Terasi.
  • 15 Gram / 1 Sdm Garam.
  • 100 ml / 0,5 Gelas Air Mineral.

Langkah Langkah Membuat Rengginang Ketan

  1. Siapkan wadah, lalu rendam Ketan selama satu malam. Setelah direndam, kukus ketang setengah matang kurang lebih selama 10 menit. Angkat, sisihkan.
  2. Siapkan ulekan, lalu haluskan Bawang Putih, Terasi dan Garam. Pindah dalam wadah besar lalu tambahkan Air Mineral, aduk hingga merata.
  3. Masukan Ketan yang setengah matang ke dalam wadah besar berisi Bumbu. Aduk memakai sendok atau sarung tangan plastik, pastikan bumbu rata.
  4. Siapkan kembali alat kukus, lalu masak Ketan yang sudah diberi bumbu. Masak hingga matang dan bumbu meresap, atau kurang lebih selama 15 menit.
  5. Angkat Ketan yang sudah matang, lalu bentuk sesuai selerai. Bisa pakai cetakan, ataupun tidak. Letakan di atas nampan beralas plastik atau daun pisang.
  6. Pindahkan wajan berisi Ketan ke tempat panas terkena sinar matahari, jemur selama seharian. Jika sudah kering, nantinya ketan akan sangat keras.
  7. Siapkan wajan, lalu didihkan minyak goreng. Gunakan api sedang, lalu goreng Adonan Rengginang. Masak hingga ngembang kecoklatan selama 3 menit.

Itulah dia cara membuat rengginang ketan yang enak dan sedap. Bahannya sederhana, prosesnya juga simpel. Pastinya anti gagal.

Cara Budidaya Padi Pandan Wangi Yang Harus Kalian Ketahui

Pada kesempatan kali ini kita akan bahas tentang cara budidaya padi pandan wangi. Simak artikel kali ini.

Cara Budidaya Padi Pandan Wangi Yang Harus Kalian Ketahui

Cara Budidaya Padi Pandan Wangi

Padi Pandanwangi ialah salah satu tanaman dari padi bulu yang ditanam di tanah seperti padi yang lainya. Karena nasinya yang berbau seperti daun pandan, maka sejumlah orang beras ini sejak tahun 1973 terkenal dengan sebutan Pandan Wangi. Berikut ini teknik budidaya tanaman padi sawah.

Asal Usul Padi Pandan Wangi

Cara Budidaya Padi Pandan Wangi

Sejak dijumpai padi Pandan Wangi tersebut, seorang pedagang beras bernama Haji Jalal yang hidup di Warungkondang, Cianjur memperkenalkan ke sebuah restoran di Jakarta.
Setelah usaha Haji. Jalal berhasil, sejumlah petani mulai ikut menanam padi Pandan Wangi. “Setelah dicoba dipasarkan ke Jakarta, ternyata laku keras. Sejak itu masyarakat Cianjur mulai memperbanyak jenis padi ini,” kata Ibrahim.
Pada tahun 1980, padi jenis ini mulai banyak dikenal di Jakarta. Karena rasanya enak, harum, pulen, dan disukai konsumen. Bahkan kerap disebut sebagai beras menteri, karena menjadi santapan kalangan menteri.
Sayangnya perkembangan padi ini sempat tertahan yakni sekitar tahun 2000. Hal ini karena banyak pedagang yang mengoplos beras Pandan Wangi.
Namun petani di Kecamatan Warungkondang dan Cibeber bertahan menanam padi Pandan Wangi. Karena mulai surut dan sering dipalsukan, Tjetjep Muchtar, Bupati Cianjur membeli lahan padi Pandan Wangi seluas 5.000 ha guna menjaga keberadaan varietas tersebut.
Dari hasil penelitian, padi yang berasnya berbentuk bulat dan beraroma wangi pandan ini, ternyata hanya cocok dibudidayakan di Kabupaten Cianjur.

Cara Memasak Nasi Pandan Wangi :

  1. Ukur beras dengan cangkir takar/sesuai selera kamu dan masukkan ke dalam panci penanak nasi Anda.
  2. Cuci beras dahulu sebelum dimasak, beras harus dicuci terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar membersihkan kotoran yang menempel pada beras ikut terbuang bersama dengan air. Jika yang mecucinya lama akan menghilangkan serat dan vitamin yang terkandung dalam beras.
  3. Ukur air secukupnya. Sebagian besar memakai air dingin
  4. Rendam beras tiga puluh menit biar enak kalau tidak di rendam juga enak. Namun beberapa orang tidak merendam beras dikarenakan untuk mempersingkat waktu memasak. Perendaman juga dapat membuat nasi menjadi lebih lengket. Gunakan jumlah air yang diukur sebelumnya untuk merendam beras pada suhu ruang.
  5. Tambahkan perasa kalau perlu seperti garam, mentega atau minyak. Perasa wajib ditambahkan ke dalam air sebelum Anda mulai menanak nasi, sehingga beras akan menyerap perasa ini selama dimasak.
  6. Masukkan butiran beras yang menempel di dinding panci masuk ke dalam air sehingga semua beras terendam sepenuhnya, jangan sampai ada yang kelewatan.  Gunakan sendok kayu atau plastik untuk melakukannya. Beras yang ada di luar air bisa hangus selama dimasak. Jika air atau beras tumpah ke tepi panci, bersihkan dulu luar panci dengan kain atau lap hingga kering.
  7. Periksa penanak nasi untuk mengatur selera anda atau pengaturan kusus.
  8. Masak nasi di dalam penanak nasi. Jika penanak nasi Anda mempunyai panci yang bisa dilepas, pasangkan kembali pancinya setelah diisi dengan beras dan air. Tutup penanak nasi nya, lalu hubungkan kabelnya dengan colokan listrik, dan tekan tombol untuk memasak (cook). Tombol ini mengeluarkan bunyi klik secara otomatis seperti pemanggang roti.
  9. Tungggu nasi selama 10-15 menit sebelum membuka tutup penanak nasi. Disarankan dalam penanak nasi, dan otomatis dilakukan pada beberapa merek penanak nasi. Selama waktu ini, jangan memutuskan aliran listrik ataupun mengangkat panci dari sumber panas akan mengurangi jumlah nasi yang merekat di panci penanak nasi.
  10. Aduk nasi agar tidak padat dan menggumpal, Nasi siap sajikan.

Mau Tau Cara Membuat Resep Bakso Urat Enak Dan Lezat? Simak disini

Terima kasih telah berkunjung ke artikel kami pada kali ini saya akan membahas tentang resep bakso urat yang enak dan lezat. Yang pada sebelumnya saya telah membahas tentang resep bakso aci enak dan lezat, yuk langsung simak saja.

Apa Itu Bakso ?

Bakso adalah nama makanan yang sering kita dengar sehari hari, makanan Bakso ini mungkin makanan yang sering ditemukan di berbagai tempat dimanapun dan kapanpun.

Bakso atau baso adalah makanan dari olahan daging yang digiling dengan tepung tapioka.Daging yang digunakan untuk membuat bakso pada umumnya ialah daging sapi, namun ada juga yang menggunakan daging ayam bahkan juga ada yang meggunakan udang.

Pembuatan bakso pun ada beberapa cara yaitu ada yang di rebus, kukus, goreng dan lain lain.Namun kali ini bukan bakso dari daging lagi melainkan bakso dari udang sedikit berbeda dari bakso yang lain bakso udang ini kaya akan protein di dalamnya.

Bakso udang goreng adalah bakso yang digiling dengan udang segar dari laut supaya bakso tersebut kaya akan protein.

Pada kesempatan kali ini Saya akan membahas resep bakso udang goreng, sebelum ke resep bakso udang goreng kita akan mempelajari sejara atau asal mula dari makanan bakso tersebut.

Bakso merupakan jenis bola daging yang lazim ditemukan pada masakan Indonesia. Bakso pada umumnya dibuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka, akan tetapi ada juga bakso yang terbuat dari daging ayam, ikan, atau udang bahkan daging kerbau.

Dalam penyajian bakso, bakso pada umumnya disajikan panas – panas dengan kuah kaldu sapi bening, dicampur mi, bihun, taoge, tahu, terkadang telur dan ditaburi bawang goreng dan seledri.

Tempat  pusat perbelanjaan bakso adalah Solo dan Malang yang disebut Bakso Malang. Malang juga bakso Solo adalah masakan bakso yang disajikan dengan khas Jawa.
Bakso dari Tiongkok  berbeda dengan bakso Malang dan Solo.

Berasal Dari Tiongkok?

Bakso dari Tiongkok biasanya terbuat dari daging babi atau makanan laut dan warnanya agak kecoklatan serta bentuknya tidak bulat sekali. Sedangkan bakso dari Malang dan Solo terbuat dari daging sapi, berwarna abu-abu dan bentuknya bulat sekali.
Bakso dari Tiongkok biasanya tidak disajikan dengan kuah melimpah melainkan berbeda dengan bakso Malang dan Solo yang disajikan dengan kuah melimpah.
Yang berasal dari Solo merupakan usaha turun temurun dari Bakso Wonogiri, karena banyak anak cucu yang menetap dan membuka usaha bakso di Kota Solo dan sekitarnya, terutama daerah perkotaan yang letaknya begitu strategis di pinggir jalan raya.

Cukup populer dan dapat ditemukan di seluruh Indonesi dari gerobak pedagang kaki lima hingga restoran besar.

Jenis jenis bakso sekarang banyak ditawarkan dalam bentuk makanan beku yang dijual di pasar swalayan ataupun mal-mal. Irisan bakso bisa juga dijadikan pelengkap jenis makanan lain seperti mi goreng, nasi goreng, atau cap cai.

Resep Bakso Urat Yang Enak dan Lezat Cocok dibuat di Rumah

resep bakso urat

Bahan Bahan Resep Bakso Urat

  • 350 gr daging sapi yg ada uratnya
  • 150 gr daging paha ayam
  • sdm bawang merah goreng
  • sdm bawang putih goreng
  • 1 putih telur
  • 4 sdm tepung tapioka
  • 11/2 sdt garam
  • 1 sdt penyedap
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1 sdt lada
  • 1 sdt gula
  • 150 gr esbatu

Langkah Langkah Resep Bakso Urat

  1. Giling daging sapi dan daging paha ayam, sy menggunakan choper,,, lalu tambahkan bawang merah dan putih goreng, lalu putih telur, tepung tapioka, BP, es batu… Lalu tambahkan bumbu lainnya..chopper sampe rata dan halus.
  2. Panaskan air sampai mendidih lalu matikan apinya. Cetak baso menggunakan tangan dan sendok lalu masukan ke air panas. Lakukan sampai habis.
  3. Panaskan lagi airnya sampai mendidih, angkat dan masukan baso ke dlm air es supaya baso kenyal. Baso siap di hidangkan sesuai selera.
  4. Note.. Kalo mau baso yg halus dan mulus gunakan daging sapi tanpa lemak dan urat, daging ayamnya menggunakan daging dada.

Kemungkinan itu saja yang dapat saya sampaikan tentang resep bakso urat, kurang lebihnya saya mohon maaf. Selamat mencoba

Mau Tau Cara Membuat Resep Bakso Aci Daging ? Disini Kami Bahas

Terima kasih telah berkunjung ke artikel kami pada kali ini saya akan membahas tentang resep bakso aci enak dan lezat. Yang pada sebelumnya saya telah membahas tentang  cara membuat bakso ikan tenggiri, yuk langsung simak saja pembahsan berikut.

Pengertian Tepung Aci

Pengertian Tepung Aci, mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan nama dari salah satu tepung ini. Ya betul tepung aci. Tahukah kamu dari mana tepung berasal?. Tepung aci merupakan jenis tepung yang terbuat dari singkong.

Tepung aci merupakan nama lain dari tepung tapioca atau tepung kanji. Ketiganya sama hanya orang orang yang menyebutnya berbeda beda. Tepbung aci banyak digunakan orang sunda karena merupakan bahasa sunda.

Namun orang orang mengenal dengan nama tepung kanji atau tapioca. Tepung aci sering dijadikan olahan makanan. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai hasil olahan tepung aci beserta resepnya.

Bakso aci merupakan jajanan yang terkenal berasal dari Garut. Teksturnya kenyal dibuat dari tepung sagu. Sering digunakan untuk topping ceker ayam, tahu, dan pilus rasa kencur. Untuk penggemar sajian kuah asam pedas, cocok sekali untuk mencoba resep ini.

Persamaan dan Perbedaan Aci, Kanji, Tapioca, Sagu
Yang aku maksud di sini adalah yang berhubungan dengan tepung, secara kebetulan seakan ada persamaan kegunaan dan namanya.

Penasaran juga ternyata ada daerah tertentu yang menyebut bahan pembuat makanan seperti, empek-empek, tekwan, cimol, cireng dengan sebutan aci, sagu dan kanji.
Nah hasil dari blusukanku, aku menemukan ini.

Arti Kata Aci

  1. Kata Aci Menurut Penelusuranku di KBBI Mempunyai 3 Arti :
    Aci : sah, berlaku, jadi, benar.
    Mengacikan :mengakui aci, mengesahkan, membenarkan
    Aci : pati, tepung, endapan sari pati.
    Mengaci: menghaluskan plester tembok atau tembok dengan semen bercampur air
  2. Kata Kanji Menurut KBBI, Mempunyai Arti :
    kanji : air sagu dan sebagainya untuk mengeraskan pakaian dan sebagainya, tajin.
  3. Kata Sagu Menurut KBBI Mempunyai Arti :
    Tumbuhan yang hati batangnya dapat dibuat tepung (kebanyakan jenis Metroxylon)
    Hati batang pohon palem (seperti enau, rumbia)
    Tepung dari pati hati batang enau, rumbia, dan sebagainya
  4. Sedangkan Tapioka adalah Tepung yang Terbuat dari Singkong
    Tapioka ini dikenal juga dengan nama : tepung singkong, tepung kanji (dalam bahasa Jawa), atau aci sampeu (dalam bahasa Sunda).

Cara menghasilkan tepung tapioka ini dari umbi akar ketela pohon atau dalam bahasa Indonesia yaitu singkong. Tepung Tapioka memiliki sifat-sifat yang serupa dengan tepung sagu, itu sebabnya penggunaan kedua tepung ini sering dipertukarkan.

Tepung ini sering digunakan untuk membuat makanan dan bahan perekat atau lem rumahan.

Banyak makanan tradisional yang menggunakan tepung apioka sebagai bahan bakunya, seperti bakso, tekwan, cimol, empek-empek, juga sebagai bahan campuran membuat kue lainnya, seperti kue lapis, kue sarang semut, bola-bola ubi dan masih banyak lagi kue tradisional lainnya.

Akhirnya aku pribadi mengambil kesimpulan yang cocok untuk menyebutkan tepung yang digunakan untuk bahan atau campuran makanan membuat makanan, seperti :

empek-empek, tekwan, cireng dan sebagainya adalah tepung tapioka, yaitu tepung pati ubi kayu atau singkong dan sagu.

Resep Bakso Aci Daging yang Enak dan Lezat

Resep bakso aci

Bahan – Bahan Resep Bakso Aci

  • 100 gram tepung terigu
  • 500 gram tepung tapioka
  • 250 gram daging sapi kerewed untuk isian
  • 1 bungkus penyedap masako rasa sapi
  • 1 bungkus merica bubuk ladaku
  • secukupnya Daun bawang
  • 4 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 sendok merica bubuk
  • 1 buah tomat
  • secukupnya Kecap

Langkah Langkah Resep Bakso Aci

  1. Campur semua bahan untuk bakso aci seperti terigu,tapioka,penyedap,merica,bawang daun kemudian ratakan
    Panaskan air hingga mendidih, kemudian siramkan perlahan dan secukupnya lalu aduk hingga adonan kalis
    Setelah itu bulat2 dan beri isian
  2.  Cara membuat isian: haluskan bahan seperti bawang merah,bawang putih,dan tomat bisa dblender hingga halus kemudian tumis hingga harum tambahkan merica dan penyedap sisihkan sedikit untuk kuah…sisanya, beri sedikit kecap masukkan daging cincang tumis hingga matang
  3. Cara membuat kuah: didihkan air, masukkan bawang yang sudah dtumis tadi beri garam dan penyedap

Nah itu saja yang dapat saya sampaikan tentang resep bakso aci, kurang lebihnya saya mohon maaf. Selamat Mencoba

Disini Nih Cara Membuat Resep Bakso Ikan Tenggiri Sederhana

Terima kasih telah berkunjung keartikel kami pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara membuat resep bakso ikan tenggiri. Yang pada sebelumnya saya telah membahas tentang resep bakso ikan goreng, Yuk langsung saja

Apa Itu Ikan Tengiri

Ikan Tenggiri adalah sebuah nama umum untuk sekelompok ikan yang tergolong ke dalam marga Scomberomorus, suku Scombridae. Ikan tenggiri ini adalah kerabat dekat tuna, tongkol, madidihang, makerel dan kembung.

Tenggiri pun sangat banyak disukai orang, diperdagangkan dalam bentuk segar, ikan kering, atau diolah menjadi kerupuk, siomay, dan lain-lain.

Ikan ini memiliki tubuh yang memanjang, memipih lumayan kuat pada sisi-sisinya, telanjang tidak bersisik kecuali pada gurat sisinya. Bentuknya moncong atau meruncing, dengan mulut lebar dan gigi-gigi yang tajam dan kuat di rahang atas dan bawah.

Panjang moncong, lebih pendek daripada sisa kepala bagian belakang. Sirip yang berada di punggung ada dua berkas, yang depan dengan XIII – XXII jari-jari keras (duri). Serta sirip punggung dan sirip anal diikuti oleh banyak sirip kecil tambahan (finlet).

Tenggiri Melayu, spesies yang terbesar, dapat mencapai panjang 220 cm, meski kebanyakan kurang dari 1 m saja. Ikan tenggiri adalah ikan pelagis yang kerap berenang menggerombol dalam kelompok kecil, tidak jauh dari pantai.

Sejarah Ikan Tengiri

Tenggiri merupakan ikan termasuk golongan pelagis yang salah satu ikan berdaging putih yang disukai oleh masyarakat dunia, disebabkan oleh rasa dan baunya khas.

Ikan ini termasuk ke dalam marga Scomberomorus dengan famili Scombridae yang juga masih kerabat dekat dengan  tuna, ikan tongkol, ikan madidihang, dan ikan kembung. Ikan ternggiri sering dikenal dengan nama sapnish mackerel, namun nama tersebut berbeda-beda di setiap daerah.

Orang india sering menyebutnya dengan ikan anjai, di Filipina lebih dikenal dengan nama dillis, dan di Thailand akrab dengan istilah ikan thuinsi. Ikan ini banyak ditemukan di perairan beriklim sedang dan tropis, sebagian besar tinggal di sepanjang pantai atau laut lepas.

Banyak spesies dibatasi dalam rentang distribusi mereka dan hidup dalam populasi yang terpisah atau stok ikan berdasarkan geografi. Di Indonesia ikan tenggiri banyak sekali ditemukan di Gorontalo.

Dengan ukuran ikan tenggiri dapat mencapai panjang 240 cm dengan berat 70 kg. Ikan yang berusia dewasa bisa mencapai setelah rentan waktu hidup 2 tahun atau ketika memiliki panjang 81 – 82 cm.

Ikan tenggiri yang betina ukurannya bisa lebih besar dan usianya lebih panjang dibanding tenggiri jantan. Dikatakan bahwa ikan tenggiri betina dapat hidup selama 11 tahun.

Cara Membuat Resep Bakso Ikan Tenggiri

Resep bakso ikan tenggiri

Bahan Bahan Resep Bakso Ikan Tenggiri

  • 1 kg ikan tengiri
  • 1 sdm tepung tapioka
  • 2 siung bawang putih goreng
  • 3 butir putih telur
  • secukupnya gula,garam
  • 1 liter air
  • 3 sdm kecap ikan
  • 2 sdm minyak wijen
  • secukupnya kaldu bubuk
  • garam, lada halus
  • 1 bonggol bawang putih cincang,goreng
  • 1 ikat sawi hijau

Langkah Langkah Cara Membuat Resep Bakso Ikan Tenggiri

  1. Filet ikan tengiri,pisahkan daging dr durinya dgn cara di kerok menggunakan sendok
  2. Blender ikan dgn bawang putih goreng,tambahkan putih telur,bubuhi gula,garam,lada sedikit aja
  3. Campur adonan ikan tengiri yg sdh di blender dgn tepung,jika terlalu encer bs di tambah tepungnyabsedikit saja
  4. Bentuk adonan menggunakan sendok,lalu rebus di air mendidih hingga terapung,angkat dan sajikan dgn kuah bakso
  5. Bakso ikan tengiri langkah memasak 4 foto
  6. BUAT KUAHNYA: didihkan air dlm panci,setelah mendidih masukan bakso,rebus kira2 10-15 menit,beri kecap ikan,minyak wijen,garam,lada,kaldu bubuk,tes rasanya,terakhir taburi dgn bawang putih goreng,sajikan

Nah itu saja yang dapat saya sampaikan tentang cara membuat resep bakso ikan tenggiri semoga bermanfaat bagu kalian semua. Selamat mencoba

Mau Tau Cara Membuat Resep Bakso Ikan yang Mudah ? Simak disini

Terima kasih telah berkunjung keartikel kami pada kali ini saya akan membahas tentang resep bakso ikan yang cukup mudah dibuat sendiri. Yang pada sebelumnya saya telah membahas tentang cara membuat bakso tempe, yuk langsung simak saja

Apa Itu Ikan

Ikan adalah salah satu anggota vertebrata poikilotermik (berdarah dingin) yang hidup di air dan bernapas dengan insang. Ikan adalah satu kelompok vertebrata yang paling beraneka ragam dengan jumlah spesies lebih dari 27,000 di seluruh dunia.

Dalam berbagai bahasa daerah ikan  disebut iwak. Banyak berbagai ukuran ikan, mulai dari paus hiu yang berukuran 14 meter (45 ft) hingga stout infantfish yang hanya berukuran 7 mm (kira-kira 1/4 inch).

Ada hewan air yang sering di anggap “ikan”, seperti paus, ikan cumi dan ikan duyung, yang sebenarnya tidak tergolong sebagai ikan. Sampai saat ini, ikan pada umumnya dikonsumsi langsung.

Upaya pengolahan belum banyak dilakukan kecuali ikan asin. Ikan juga dapat diolah menjadi berbagai banyak produk seperti ikan kering, dendeng ikan, abon ikan, kerupuk ikan, ikan asin, kemplang, bakso ikan dan tepung darah ikan sebagai pupuk tanaman dan pakan ikan.

Kandungan Gizi Pada Ikan

Kandungan yang terdapat pada ikan kaya akan manfaat karena merupakan sumber protein bagi tubuh. Selain itu ternyata ikan juga mengandung berbagai zat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

  1. Kandungan gizi yang terdapat pada ikan segar antara lain:
  2. Omega 3 bisa digunakan untuk proses perkembangan otak pada janin dan penting untuk perkembangan fungsi
  3. syaraf dan penglihatan bayi.
  4. Mengandung serat protein yang pendek sehingga mudah di cerna
  5. Mengandung banyak asam amino seperti taurin untuk merangsang pertumbuhan sel otak balita.
  6. Vit A yang ada di dalam minyak hati ikan untuk mencegah kebutaan pada anak
  7. Vitamin D dalam yang terdapat pada daging dan minyak hati ikan untuk pertumbuhan dan kekuatan tulang
  8. B6 yang terdapat pada ikan untuk membantu metabolisme asam amino dan lemak serta mencegah anemia dan kerusakan syaraf
  9. Vitamin B12 yang terdapat pada ikan untuk pembentukan sel darah merah, membantu metabolisme lemak, dan
  10. melindungi jantung juga kerusakan syaraf
  11. Zat besi yang mudah di serap oleh tubuh
  12. Yodium yang terkandung dalam ikan untuk mencegah terjadinya penyakit gondok dan hambatan pertumbuhan anak
  13. Selenium yang terdapat pada ikan untuk membantu metabolisme tubuh dan sebagian anti oksidan yang
  14. melindungi tubuh dari radikal bebas
  15. Seng yang membantu kerja enzim dan hormon
  16. Fluor berperan untuk meguatkan dan menyehatkan gigi anak
  17. Kandungan gizi pada ikan kaya akan manfaat akan lebih optimal jika dalam bentuk daging ikan segar sehingga
  18. kandungan gizi dalam ikan tetap untuk mendapatkan kandungan ikan yang kaya akan manfaat.

Resep Bakso Ikan Goreng yang Cukup Mudah dibuat Sendiri

resep bakso ikan

Bahan-bahan Resep Bakso Ikan Goreng

  • 125 gram daging ikan tengiri giling
  • 65 gram tepung sagu tani
  • 1/4 sdt soda kue
  • 1/2 sdt garam
  •  2 siung bwg putih
  • 1 siung bwg merah
  • 1/4 sdt bubuk kaldu ayam
  • 1/2 butir putih telur
  • 1/4 sdt lada putih
  • 10 ml air kapur sirih (1/4 sdt kapur sirih/gamping dilarutkan dg 40 ml air, diamkan semalaman, ambil airnya saja
  • minyak goreng yg agak banyak

Langkah Langkah Resep Bakso Ikan Goreng

  1. Blender semua bahan sampai halus & rata.
  2. Panaskan minyak goreng menggunakan api kecil. Masukkan bulatan2 bakso tengiri. Goreng dg api kecil.
    Setelah adonan setengah matang, gunakan api sedang, sambil dibolak balik agar bakso goreng matang merata.
  3.  Goreng selama kurang lebih 25 menitan agar dapet kulit bakso goreng yg garing.
  4. Setelah bakso goreng berwarna agak keemasan, besarkan api nya sambil dibolak balik terus hingga warnanya coklat keemasan. Kemudian angkat dan tiriskan.

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan tentang resep bakso ikan goreng. Apabila ada kesalahan saya mohon maaf. Selamat mencoba

« Older posts

© 2020 Belajar dan Berbagi

Theme by Anders NorenUp ↑