Kali ini saya akan menjelaskan tentang cara pembuatan kopi espresso enak dan mudah, selain itu akan saya tuliskan tentang macam macam kopi yang populer serta. Bagi kalian yang tidak tau kopi, kopi adalah ekstraksi dari biji tanaman kopi.

Selain membuat tentang cara pembuatan es cappucino cincau saya juga menjelaskan tentang cara pembuatan kopi espresso

Cara Pembuatan Kopi Espresso Enak Dan Mudah

cara pembuatan kopi espresso

Cara Pembuatan Kopi Espresso

Kopi espresso merupakan kopi yang diseduh dengan memberikan air panas bertekanan tinggi kepada bubuk kopi. Namanya berasal dari bahasa Italia yang berarti express atau memiliki arti cepat. Disajikan hanya dengan sebuah cangkir yang kecil sekiranya 30-45 ml dengan ciri khas crema pada permukaan kopinya.

Bahan-Bahan

  • Biji kopi pilihan yang segar
  • Air mineral
  • Alat – Alat
  • Coffe grinder
  • Coffe mug
  • Portafilter
  • Manual atau semi automatic coffe machine

Langkah Langkah

  1. Jenis biji kopi pilihan seperti toraja, aceh gayo Wamena. Untuk pembuatan nya harus disarankan pakai biji kopi yang segar, tidak dalam bentuk bubuk. Supaya rasa seduhan kopinya nikmat dan segar.
  2. Untuk mengetahui biji kopi yang segar atau tidak, lihat dari roasted date biji kopi baru akan semakin segar, dan yang paling bagus nya adlah biji kopi yang berumuran sekitar 7-11 hari stelah roasted nya.
  3. Di usahakan cari biji kopi yang berkualitas untuk membuat kopi yang rasa nya enak maka kita tahu ngeroasting biji kopi dengan metode seduh itu seperti apa. jika biji kopi itu diseduh dengan metode yang pas, maka akan semakin nikmat rasa nya yang keluar dari biji kopi tsb.
  4. Siapkan Air mineral untuk mengetahui hasil yang maksimal, yaitu dengan cara menggunakan filter air agar kita bisa mendapatkan kandungan air yang pas.
  5. Massukan biji kopi ke Grinder lalu giling sesuai dengan takaran serta kehalusan. jumlah biji kopi yang akan digunakan untuk segelas espresso yaitu diantara 7-13 grm.
  6. Siapkan portafilter sebelum nya kita harus ingat bahwa portafilter harus dalam keadaan hangat dan steril.
    Taruh biji kopi ke portafilter.lalu lakukan tamping untuk meratakan kopi di portafilter agar memastikan bubuk kopi padat dan rata. inilah hasil stlah tamping.
  7. Bilas Bagian yang mengeluarkan cairan espresso tsb
  8. Pastikan suhu air dalam keadaan yang di inginkan. suhu air yang digunkan berkisar 90-97c. untuk air yang digunkan segelas berkisar 25-36gram.
  9. Pastikan coffemug sudah dipanaskan terlebi dahulu, lakukan ekstraksi selama yang kalian mau, tidak harus sesuai dengan 20-40dtk. kalau waktu nya terlalu cepat maka rasa nya asam dan tidak enak. karena itu untuk tingkat kehalusan dari kopi dibuat lebih halus sesuai dgn selera masing – masing.
  10. Espresso yang akan keluar terdiri dari crema di lapisan atasnya serta kopi cair dibawahnya

Manfaat Meminum Espresso

Menjaga ingatan jangka panjang

Ketika Anda mengonsumsi kopi espresso dengan kandungan kafein yang tepat, ternyata mampu meningkatkan memori jangka panjang Anda. Penelitian ini dilakukan di University of California, Amerika Serikat yang menguji hubungan minum kopi dengan kemampuan mengingat. Tapi efek ini akan mempengaruhi Anda ketika mengonsumsi dua cangkir, kurang atau lebih dari itu tidak akan berdampak apa-apa.

Meningkatkan perhatian

Meminum kopi espresso di pagi hari akan memberikan banyak manfaat, mulai dari menghilangkan kantuk hingga meningkatkan perhatian Anda karena konsentrasi yang meingkat. Namun patut diingat, bahwa manfaat ini hanya bersifat sementara karena meminum kopi berlebihan akan menyebabkan sulit konsentrasi.

Menurunkan berat badan

Yang membedakan dari kopi espresso dengan kopi lainnya adalah dari kalori yang dikandungnya. Kopi espresso hanya memiliki kandungan 3 kalori per onsnya, tanpa krim dan juga tanpa gula. Selain itu, espresso juga dapat meningkatkan aktivitas fisik Anda dan menurunkan rasa sakit pada otot. Jadi Anda dapat berolahraga dengan tenang dan lebih sering dibanding biasanya.

Mengurangi resiko struk

Penelitian dari Swedia menyatakan bahwa meminum segelas kopi dapat mengurangi resiko terkena struk. Hal ini disebabkan karena banyaknya kandungan anti oksidan yang ada dalam kopi

Mengurangi resiko diabetes

Dari penelitian yang telah dilakukan di wilayah Harvard School of Public Health, penelitian ini menemukan bahwa mengonsumsi kopi dapat menurunkan resiko terkena diabetes tipe 2. Tapi efek ini hanya bisa dirasakan bagi orang-orang yang rajin berolahraga sambil minum kopi.