Cara Menyimpan Kelapa Parut Di Kulkas Agar Awet Untuk Digunakan – kelapa adalah anggota tunggal dalam jenis cocos dari suku aren-arenan.

Tumbuhan ini dapat dimanfaatkan hampir semua bagiannya oleh insan sesampai dianggap sebagai tumbuhan yang serbaguna, terutama bagi masyarakat pesisir. Kelapa juga merupakan sebuah sebutan untuk buah yang dihasilkan tanaman ini.

Tanaman ini diperkirakan berasal dari daerah pesisir samudera hindia sisi asia, namun kini telah menyebar sangat luas di seluruh pantai tropika di dunia.

Kelapa ialah pohon yang serba guna bagi masyarakat daerah tropika. Hampir semua bagiannya dapat dimanfaatkan orang. Baru ini penemuan teknologi penyangga bangunan cakar ayam (dipakai misalnya pada bandar udara soekarno hatta) oleh sedijatmo.

Kayu dari batangnya, yang disebut dengan kayu glugu, dipakai orang sebagai kayu dengan mutu tingkat menengah, dan dapat dipakai sebagai papan untuk rumah.

Kelapa Parut Adalah

Kelapa parut adalah kelapa yang diparut menjadi serabut-serabut berwarna putih. Parutan ini memiliki kadar air yang cukup banyak karena ketika telah diparut, kelapa parut ini diperas dan menghasilkan santan kelapa yang gurih untuk dimasak.

Mengolah kelapa menjadi sebuah kelapa parut biasanya menggunakan mesin khusus yang biasanya digunakan untuk memarut kelapa atau jika anda suka cara yang tradisional dapat memarutnya menggunakan parutan biasa.

Hasilnya pun juga akan sama, hanya saja cara tradisional lebih memakan waktu yang sangat lama. Olahan kelapa parut inipun biasanya dijadikan taburan saja untuk kue atau urap dan dijadikan santan juga.

Makanan yang sering menggunkan kelapa parut adalah kue putu. Kelapa parut yang sudah diparut kemudian dikukus sebentar dengan taburan garam diatasnya agar kelapanya lebih gurih.

Fungsi

Kelapa parut memiliki banyak kandungan dan juga manfaat untuk tubuh kita karena terdapat banyak kalori, lemak, karbohidrat, dan protein.

Lemak yang terkandung pada kelapa parut ini juga tidak berbahaya justru dapat mengurangi kadar kolesterol.

Untuk Anda yang sedang dalam progam menurunkan berat badan, mengkonsumsi kelapa parut sangat baik karena dapat menurunkan kadar lemak pada tubuh sehingga berat badan Anda pun akan menyusut.

Kelapa parut memiliki rasa yang gurih. Tekstur yang kita didapat saat memakan kelapa parut yaitu seperti ada air santannya yang tertelan.

Untuk mengolah kelapa parut ini menjadi santapan yang sangat lezat memang banyak jenis makanannya. Biasanya makanan yang bersantan itu menggunakan kelapa parut yang kemudian diperas dan menjadi santan cair.

Kelapa parut ini dapat juga dicampurkan menjadi campuran sayuran matang ataupun sering disebut dengan urap.

Cara Mengolah

Kelapa parut dapat dengan cepat basi jika tidak segera disimpan dengan baik sehingga pemakaiannya tidak akan lama.

Oleh sebap itu sangat perlu diperhatikan pada saat akan mengolah kelapa parut agar dapat bertahan lama. Berikut caranya:

  • Pilihlah kelapa yang bagus sebelum diparut. Kemudian potong-potong kelapa hingga menjadi beberapa bagian;
  • Parut kelapa dengan menggunakan mesin pemarut kelapa atau parutan;
  • Kemudian setelah terkumpul banyak menjadi banyak parutan, bentuk bulat-bulat parutan kelapa tadi dengan memakai tangan. Kalau kelapa parutnya terlalu kering dapat ditambahkan sedikit air;
  • Simpan pada wadah kedap udara;
  • Letakan di freezer untuk menyimpan kelapa parut agar tahan lebih lama;
  • Untuk diolah menjadi taburan. Dan kelapa parut yang sudah bersih sebaiknya dikukus terlebih dahulu dan kemudian setelah matang tambahkan taburan garam atau gula agar rasa dari kelapa parut menjadi lebih gurih;

Cara Menyimpan Kelapa Parut Di kolkas

Saat bulan puasa banyak makanan dan kue-kue dibuat dengan kelapa segar. Agar kelapa segar bisa disimpan beberapa hari perlu disimpan dengan cara yang tepat.

Kelapa segar yang utuh sebaiknya dibiarkan dengan airnya. Karena air di dalam kelapa berfungsi untuk menjaga kelapa tetap renyah dan segar. Cukup bungkus dengan kertas dan simpan utuh dalam lemari es atau suhu ruangan. Kelapa bisa tahan disimpan hingga seminggu lebih dalam lemari es.

Jika kelapa sudah dibuang airnya dan dikupas, sebaiknya taruh dalam wadah, beri air bersih dan tutup wadah rapat-rapat lalu simpan dalam lemari es. Kelapa bisa tetap segar hingga 3 hari – 7 hari.

Untuk kelapa yang dikupas dan diparut bisa disimpan dengan dua cara. Taruh kelapa parut segar dalam wadah bertutup dan simpan dalam freezer. Kelapa parut bisa tahan hinggs sebulan.

Atau bungkus kelapa parut segar dalam wadah rapat dan simpan dalam lemari es bagian chiller. Cara ini bisa membuat kelapa parut tetap enak dimakan meskipun sudah 2 hari disimpan.

Cara lainnya, kukus kelapa parut kemudian dinginkan. Taruh dalam wadah tertutup dan kedap udara, simpan dalam lemari es. Cara ini bisa membuat kelapa parut tetap enak dimakan setelah seminggu disimpan.

Demikian artikel tentang Cara Menyimpan Kelapa Parut Di Kulkas Agar Awet Untuk Digunakan. Jika anda menginginkan informasi lainya anda bisa mengunjunggi artikel tentang : Cara Membuat Santan Agar Tidak Cepat Basi Dan Tahan Lama